10 Pondok Pesantren di Kabupaten Tapanuli Selatan Yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Tapanuli Selatan

Pondok pesantren pada dasarnya merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat membantu generasi muda untuk memiliki bekal dunia maupun akhirat. Karena di masa perkembangan zaman seperti sekarang ini pondok pesantren selain menanamkan nilai agama, juga tetap mengajarkan pengetahuan umum. 

Sehingga lulusan pondok dapat memiliki ilmu agama yang baik sebagai bekal akhirat dan juga pengetahuan umum untuk bekal hidup di dunia. Pondok pesantren juga dapat mengajarkan generasi muda untuk hidup secara sederhana, apa adanya, dan tanggung jawab, tak terkeculi juga PonPes yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.

Pesantren di Tapanuli Selatan

Pesantren di negara Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali jumlahnya dan tersebar ke berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Tapanuli Selatan. Kabupaten ini mempunyai sekitar 15 kecamatan dan diantara beberapa kecamatan tersebut terdapat pesantren yang digunakan untuk memperoleh pendidikan agama secara lebih dalam. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Tapanuli Selatan

Pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Tapanuli Selatan terdiri dari 19 pondok pesantren. Masing-masing pesantren tersebut memiliki visi dan misinya sendiri. Akan tetapi secara keseluruhan visinya yaitu untuk membentuk generasi muda agar paham ilmu agama dengan baik sesuai dengan al quran dan memiliki akhlak yang mulia.

Berikut dibawah ini daftar pesantren di Kabupaten Tapanuli Selatan, antara lain;

1. Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman sudah berdiri sekitar 10 tahun yang lalu tepatnya dibentuk tahun 2011.

Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Pondok Pesantren Salafiyah Baburrohman itu sendiri berada di Jalan Trans Desa Tarapung Raya. Visi dari pesantren ini yaitu untuk mewujudkan manusia yang berilmu, bertaqwa dan berakhlak mulia serta mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat sesuai Al-Quran dan As-Sunnah. 

2. Pps Raudhotul Khoiriyah

Pondok Pesantren Pps Raudhotul Khoiriyah beralamat di Jalan Tanotombangan Angkola Km.5. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 110 orang. Sedangkan ustadz yang mengajar ada sekitar 9 orang. 

3. Al-Yusufiyah

Pondok Pesantren Al-Yusufiyah, berdiri sejak tahun 2010 dan alamatnya yaitu berada di Jalan Mandailing Km.13 Huta Holbung. Pondok pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya sekitar 567 orang dengan 9 pengajar atau ustadz. 

4. Mardhatillah Tanoponggol

Alamat Pondok Pesantren Mardhatillah Tanoponggol yaitu berada di Jalan Sibolga Km. 14,5 Lingkungan I. santri di ponpes ini jumlahnya yaitu 289 santri dengan 17 orang ustadz. 

5. Pesantren Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Pembuatan Pondok Pesantren Ahlus Sunnah Wal Jamaah sudah ada sejak tahun 2008. Lokasi dari Pondok Pesantren ini yaitu berada di Napa. Pesantren Ahlus Sunnah Wal Jamaah memiliki santri yang jumlahnya 69 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

6. Pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir

Pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir sudah ada di Tapanuli Selatan sejak 8 tahun yang lalu, tepatny berdiri pada tahun 2013. Alamat dari Pondok Pesantren Syekh Ahmad Basyir yaitu berada di Parsariran. Santri di ponpes ini berjumlah 92 orang. Sedangkan pengajarnya ada 8 ustadz. 

7. Pondok Pesantren Jabalul Madaniyah Sijungkang

Berikutnya yaitu Pondok Pesantren Pondok Pesantren Jabalul Madaniyah Sijungkang. Tahun berdirinya ponpes ini sekitar tahun 2010 yang alamatnya berada di Sijungkang. Sedangkan jumlah santri yang ada di pesantren Jabalul Madaniyah Sijungkang yaitu ada 63 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

8. Pondok pesantren modern Al-Abraar

Pondok Pesantren modern Al-Abraar. alamatnya berada di siondop julu. Santri yang ada di pondok pesantren modern Al-Abraar. yaitu berjumlah 617 santri. Sedangkan pengajarnya berjumlah 30 ustadz. 

9. Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursy

Pondok Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursy didirkan pada tahun 1992 oleh seorang tokoh masyarkat yang bernama Alm. Drs. H. Ihutan Ritonga dengan istrinya Hj. Riana Siregar. Alamat ponpes ini yaitu berada di Simanosor julu. Santri di ponpes modern unggulan terpadu darul mursy berjumlah 697 santri. 

10. Unggulan Terpadu Darul Mursy

Ponpes yang terakhir di Tapanuli Selatan adalah pondok pesantren Unggulan Terpadu Darul Mursy. Alamat pesantren ini berada di Jl. PSP-Madina Km 15, Desa Tahalak Ujunggading Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara Batang Angkola. Sedangkan jumlah santrinya ada 50 orang.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Tapanuli Selatan Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel