10 Pondok Pesantren di Kabupaten Deli Serdang Yang Terkenal

 

Pesantren di Kabupaten Deli Serdang

Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sumatra Utara. Kabupaten ini mempunyai keanekaragaman sumber daya alam yang sangat melimpah, bahkan peluang investasinya dalam bidang ekonomi cukup menjanjikan. 

Selain memiliki sumber daya alam yang besar, Deli Serdang juga dikenal kata akan keanekaragaman budaya. Bahkan dalam bidang pendidikan sendiri juga sangat diperhatikan dan hal ini dibuktikan dengan adanya pendidikan formal maupun non formal. Salah satu contoh pendidikan non formal di kabupaten ini yaitu adanya pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan agama islam yang mengajarkan ilmu agama lebih mendalam lagi bagi masyarakatnya. 

Pesantren di Deli Serdang

Pesantren di Kabupaten Deli Serdang ini ada sekitar 17 pesantren. Selain itu pesantren yang ada di Kabupaten Deli Serdang ini juga dianggap sebagai pesantren ramah anak yang ada di Sumatera Utara. Maka dari itu para pendidiknya pun harus professional agar dapat memberikan pengasuhan serta pemenuhan hak anak yang baik dan optimal khususnya dalam bidang agama. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Deli Serdang

Pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Deli Serdang lebih lengkapnya diuraikan sebagai berikut ini :

1. Sufiyah Salafiyah Plus

Pondok Pesantren Sufiyah Salafiyah Plus beralamat di Dusun IV Desa Baru. Jumlah santri di Pondok Pesantren Sufiyah Salafiyah Plus ini sendiri ada 102 santri dengan 8 orang ustadz yang mengajar. 

2. Sawit Rejo

Pondok Pesantren Sawit Rejo berdiri pada tahun 2009. Sedangkan alamat Pondok Pesantren Sawit Rejo ini yaitu berada di Jalan Besar Glugur Kuta Desa Sawitrejo Kec. Kutalimbaru Kode Pos : 20354. Sedangkan santrinya ada sekitar 234 santri dengan 14 ustadz yang membimbing. 

3. Darularafah Raya

Pondok Pesantren Darularafah Raya, didirikan sejak tahun 1985. Alamat Pondok Pesantren Darularafah Raya ini yaitu berada di Jalan Berdikari Desa Lau Bakeri Kutalimbaru Deli Serdang Sumut 20354. Perlu anda ketahui bahwa santri yang ada di ponpes darularafah raya ini sangat banyak bahkan hingga ribuan, tepatnya yaitu ada sekitar 2.731 santri dengan 114 ustadz yang mengajar. 

4. Al-Mukhlishin

Pondok Pesantren Al-Mukhlishin sudah ada sejak tahun 1900an, tepatnya di tahun 1997. Alamat Pondok Pesantren Al - Mukhlishin ini berada di Jalan Medan - Tanjung Morawa Km., 12,5. Sedangkan santrinya berjumlah 535 orang dan jumla ustadz yang mengajar ada sekitar 25 orang. 

5. Ad-Dakwah Utsman Bin Affan 

Pondok Pesantren Ad-Dakwah Utsman Bin Affan berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren ini beralamat di Jl. Jatian Gg. Masjid Khodijah dengan jumlah santri sekitar 47 orang. Sedangkan jumlah ustadznya ada 6 orang. 

6. Pesantren Modern Darul Ihsan

Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Pesantren Modern Darul Ihsan. Ponpes ini sudah ada sejak 9 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2012. Pondok Pesantren Pesantren Modern Darul Ihsan ini beralamat di Jl. H. Mustafa Kamil Desa Selamak. Untuk santrinya sendiri ada sekitar 325 orang santri dengan pengajar yang berjumlah 18 orang ustadz. 

7. Taruna Al Qolam 

Pondok Pesantren Taruna Al Qolam berdiri pada tahun 2014. Selain itu alamat dari Pondok Pesantren Taruna Al Qolam ini berada di Perumahan Puri Bintang Merdeka. Santri di ponpes ini berjumlah 69 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

8. Al-Hidayah

Pondok Pesantren Al-Hidayah letaknya berada di Dusun IV sei Mencirim Kec. Kutalimbaru. Santri yang ada di pesantren al-hidayah jumlahnya ada sekitar 92 orang. Sedangkan pengajarnya ada 8 ustadz. 

9. Al Qomariah

Pondok Pesantren Al Qomariah sudah ada sejak 29 tahun yang lalu. Ponpes ini tepatnya berdiri pada tahun 1992 dan alamat lengkapnya berada di Jalan Protokol Dusun Ii Desa Kotangan. Selain itu pesantren al qomariah ini memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 294 santri dan 16 ustadz yang mengajar. 

10. Nurul Hakim

Pondok Pesantren Nurul Hakim beralamat di Jl. M.Yakub Lubis No. 51. Ponpes ini mempunyai santri dengan jumlah 268 orang.

Nah, itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Deli Serdang Yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel