6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Medan Yang Terkenal

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. Juga merupakan salah satu kota besar di luar pulau Jawa. Nomor tiga terbesar di seluruh Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Maka dari itu, daftar nama pondok pesantren di Sumatra Utara, khususnya berada di wilayah kota Medan cukup banyak.

Pesantren di Medan


Ponpes di Kota Medan dibangun untuk pemberdayaan umat. Sehingga tercipta iklim religiutas yang bagus yang teraktualisasi dalam perilaku semua orang, khususnya di Kota Medan dan Sumut pada umumnya.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Medan


Sebagian besar ponpes di Medan mengusung konsep pendidikan transisi antara salafiyah dan pondok modern.

Maka dari itu, fasilitas yang disediakan tidak hanya buku-buku kitab klasik, tetapi juga ada buku-buku umum serta laboratorium-laboratorium riset. Berikut dijelaskan nama ponpes di Kota Medan yang mengusung konsep semacam ini:

Pesantren Ar Raudlatul Hasanah

Daftar nama pondok pesantren di Kota Medan yang pertama adalah Pesantren Ar Raudlatul Hasanah. Ini merupakan ponpes yang wajib mukim. Sedangkan asramanya cukup besar dan bersih dengan pengasuh yang telaten.

Di sini, para santri dididik dengan sangat disiplin. Bahkan ketika sholat, busananya harus lengkap termasuk menggunakan peci, sajadah dan tasbih. Visinya adalah untuk menghormati ibadah paling utama dalam agama ini.

Pondok pesantren populer ini berdiri di atas lahan yang berlokasi di Jalan Jamin Ginting Km 11 Medan.

Pesantren Darul Arafah

Pesantren Darul Arafah merupakan lembaga pendidikan islam populer di Medan. Jumlah santrinya yang aktif saja mencapai 3000 orang. Mereka tersebar di semua lembaga seperti MI, MTS, dan Aliyah.

Sebagai pondok modern, di sini tidak hanya diajarkan ilmu agama. Ilmu umum seperti fisika, bahasa Inggris dan matematika juga diajarkan. Maka dari itu, selepas tamat, banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi non agama.

Pondok yang juga menyediakan eskul teater dan seni hadrah ini ada di Jl. Glugur Rimbun Desa Lau Bakeri Kec. Kutalimbaru, Kota Medan Sumatra Utara.

Ponpes Al Husnah

Ponpes Al Husnah adalah pondok modern di Medan. Di sini diajarkan pendidikan islam seperti tahzin dan tahfidz Quran serta Mustholah Hadist. Sedangkan ilmu umum bisa didapatkan di MI dan MTS yang juga dipersiapkan oleh pihak pengelola.

Visi pondok adalah menciptakan insan Medan yang terampil serta mandiri. Sehingga sekeluarnya nanti bisa mencukupi dirinya sendiri tanpa menghilangkan sendi-sendi agama yang telah dipelajarinya di pondok.

Pondok pesantren ini berdiri megah di Jalan Pelajar Pasar III Desa Marindal I Kec. Patumbak Kota Medan Sumatera Utara.

Ponpes Al Kautsar Al Akbar Medan

Nama pondok pesantren di Kota Medan yang selanjutnya adalah Pesantren Al Kautsar Al Akbar Kot Medan Sumatera Utara. Ini merupakan pesantren Nahdlatul Ulama yang melahirkan ulama NU moderat di Medan.

Ponpes ini cukup terkenal dan sudah berdiri sejak tahun 1986. Hingga saat ini, sudah ribuan santri yang menjadi alumninya. Sedangkan yang masih aktif sebanyak 700 orang. Pondok pesantren cukup mentereng yang lengkap dengan eskul Marawis ini berada di Jl. Pelajar No.264, Binjai, Medan, Sumut

Pondok Pesantren Darussalam Medan

Ponpes Darussalam Medan adalah solusi pendidikan agama di Kota Medan dan sekitarnya. Karena dari lembaga ini diharapkan lahir santri berkualitas tinggi yang bisa membangun iklim agama lebih berkualitas dan moderat.

Pengajar ponpes siap mengajar para santri dengan ilmu agama dan interaksi sosial. Bahkan ada program khusus bakti sosial dengan cara menyantuni orang tidak mampu yang ada di sekitar pondok.
Pondok pesantren ini siap menampung anak-anak yang ingin belajar agama sejak dini. Silakan datangi saja Jl darusalam no 29 Medan, Indonesia 21134.

Ponpes Darul Hikmah Medan

Ponpes Darul Hikmah adalah pondok pesantren di Kota Medan, yang juga mengajarkan keahlian dan bakat. Di pondok modern ini, beberapa kali diadakan studi banding ke media, seperti stasiun televisi. Bahkan juga ada agenda untuk mendatangi tempat wira usaha rumahan yang kompetitif.

Ini dilakukan semata para santri agar tidak saja memiliki bekal ilmu agama. Tetapi juga pemahaman tentang usaha yang bisa diterapkan kelak. Maka dari itu pondok ini bisa menjadi rujukan untuk putra-putri Medan yang ingin sukses dan alim. Pondok ini berada di jl. Pelajar no. 44 Kota Medan.

Tinggal di Medan dan ingin mondok? Pilih saja daftar nama pondok pesantren di Kota Medan di atas. Selain fasilitas lengkap, pengajar juga profesional. Semoga saja melalui ulasan ini bisa memberikan rekomendasi terkait PonPes di Medan ya. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Medan Yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel