10 Pondok Pesantren di Kabupaten Asahan Yang Terkenal

 

Pesantren di Kabupaten Asahan

Kabupaten Asahan dikenal sebagai kabupaten yang memiliki mayoritas penduduk beragama islam yaitu sekitar 88,87%. Selain itu penduduk di kabupaten ini sebagian besar berasal dari Suku Melayu sebanyak 75% yang disebut sebagai Melayu Asahan dan Melayu Batu Bara. 

Pada kabupaten Asahan ini juga terdapat beberapa pondok pesantren yang digunakan dipercaya dapat membantu generasi muda dalam mendapatkan ilmu agama secara lebih baik dan benar. Selain itu adanya ponpes di kabupaten ini juga membuat kegiatan-kegiatan religi semakin bisa ditingkatkan, seperti pengajian, maulid, dan acara lainnya. 

Pesantren di Kabupaten Asahan

Jumlah pesantren di Sumatra, khususnya kabupaten Asahan ini ada sekitar 14 pesantren yang tersebar ke beberapa kecamatan di Asahan. Untuk kecamatannya sendiri, kabupaten Asahan ini memiliki 25 kecamatan, 27 kelurahan, dan 177 desa. 

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Asahan

Masing-masing pesantren di kabupaten Asahan memiliki visi dan misi yang sangat baik untuk membentuk generasi muda berakhlak, beragama, dan bermoral. Berikut dibawah ini beberapa daftar pesantren di kabupaten Asahan adalah;

1. PPS Wustha Darul Hijrah Asahan

Pondok Pesantren PPS Wustha Darul Hijrah Asahan beralamat di Dusun V (lima) Silaut-laut.

2. Abdurrahman Bin Auf

Pondok Pesantren Abdurrahman Bin Auf beralamat di Jalan Sipori-pori Kapias Batu VIII

3. Manba`ul Hidayah

Pondok Pesantren Manba`ul Hidayah berdiri pada tahun 2000. Sedangkan alamat Pondok Pesantren Manba`ul Hidayah ini yaitu ada di Jalan. S. Parman Km. 1.

4. PMDU Asahan

Pondok Pesantren PMDU Asahan beralamat di Jalan.

5. PP. Darul Hikmah Asahan

Pondok Pesantren PP. Darul Hikmah Asahan beralamat di Jl. Sei Alim Hasak Desa Sei Alim Hasak.

6. Bina Ulama

Pondok Pesantren Bina Ulama beralamat di Jln. Cemara No. 20. Pimpinan pondok pesantren ini bernama KH. Alimuddin Siregar, BA. Kemudian untuk tahun didirikannya pesantren ini yaitu dari tahun 1995. Sehingga pesantren bina ulama sudah ada sejak 26 tahun yang lalu. 

7. Daarul Falah 

Pondok Pesantren Daarul Falah sudah berdiri sejak 10 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2011. Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Daarul Falah yaitu berada di Jalan. Teratai No 12 Desa Aek Songsongan.

Visi dari pesantren ini ialah mewujudkan generasi islam yang berilmu, beriman dan bertaqwa untuk mencapai ridho Allah Ta’ala. Beberapa pendidikan islam yang diajarkan meliputi Tafsir, Hadist, Nahwu, Sharaf, Balaghoh, Tauhid, Fiqih, Bahasa Arab, Mantiq dan lain lain.

Pada pesantren darul falah ini juga ada bimbingan bakat dan minat yang meilputi kaligrafi, nasyid, pidato, tilawah qur’an, marhaban, puisi, karya tulis, menyulam, menjahit, berkebun dan bela diri.

8. Ad-Dhiya' 

Pondok Pesantren Ad-Dhiya` beralamat di Jl. Jend. Sudirman Dusun Xi Desa Serdang.

9. An-Ni''mah

Pondok Pesantren An-ni''mah berdiri pada tahun 2002 dan alamatnya berada di Dusun II Rawang Lama.

10. Al-Hidayah

Pondok Pesantren Al-Hidayah beralamat di Jl Besar Prapat Janji Dusun Vi Bangun Mulyo.

Nah, itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatra Utara. 

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Asahan Yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel