10 Pondok Pesantren di Kabupaten Mandaling Natal yang Terkenal

Pesantren di Kabupaten Mandaling Natal

Siapa yang tidak mau memiliki anak pandai mengaji dan memahami ilmu agama islam dengan baik? Tentu semua orang tua menginginkan hal tersebut. Untuk mendapatkan keinginan semacam itu, maka orangtua pun memiliki andil yang cukup besar yang memilihkan sekolah terbaik bagi putra maupun putrinya.

Salah satu lembaga pendidikan yang bisa dipilih untuk membantu generasi muda memahami agama islam jauh lebih dalam lagi ialah pondok pesantren. Ponpes disebut sebagai wadah pendidikan yang memberikan banyak manfaat bukan hanya dibidang agama saja, melainkan juga ada bimbingan kegiatan lainnya yang dapat melatih kemandirian, kedisiplinan, kebersamaan, dan jiwa sosial. 

Pesantren di Kabupaten Mandaling Natal

Salah satu daerah yang memiliki jumlah pesantren cukup banyak ialah Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Mandaling Natal. Pesantren di Kabupaten Mandaling Natal ini jumlahnya ada sekitar 22 pesantren dan masing-masing memiliki kualitas yang sangat baik. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Mandaling Natal

Perlu anda ketahui bahwa Kabupaten Mandailing Natal merupakan daerah yang ditinggali oleh mayoritas masyarakat muslim. Sehingga tidak heran apabila jumlah ponpes di kabupaten ini banyak. Berikut dibawah ini daftar pesantren di kabupaten Mandaling Natal : 

1. Izzur Risalah 

Pondok Pesantren Izzur Risalah beralamat di Jl. Lintas Aek Banir Lorong Darul Ihsan Desa Sipapaga.

2. Musthafawiyah 

Pondok Pesantren Musthafawiyah berdiri pada tahun 1912. Pondok Pesantren Musthafawiyah beralamat di Jl.Lintas Sumatera Purbabaru. Pesantren ini didirikan oleh Syeikh Musthafa. Dalam sejarahnya, awal mulanya pesantren Musthafawiyah ini berlokasi Desa Tanobato, Kabupaten Mandailing Natal.

Akan tetapi karena di daerah tersebut dilanda banir bandang tepat di tahun 1915, maka pada akhirnya dipindahkan di Desa Purba Baru hingga saat ini. Lulusan dari pesantren musthafawiyah juga diketahui ada yang melanjutkan studi hingga ke luar negeri seperti Mesir, Yordania, India, Makkah dan lain sebagainya. 

3. Subulussalam

Pondok Pesantren Subulussalam berdiri pada tahun 1927. Pondok Pesantren Subulussalam beralamat di Jl. Sayurmaincat No 03. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren tertua yang ada di Pulau Sumatera.

Bahkan pondok pesantren ini telah lahir sebelum kemerdekaan Indonesia diraih oleh bangsa Indonesia. Sehingga diketahui pula bahwa para guru, santri, maupun pengurus ponpes pada saat itu juga ikut serta dalam melawan penjajahan Belanda.  

4. Darul Ikhlash 

Pondok Pesantren Darul Ikhlash berdiri pada tahun 1987. Pondok Pesantren Darul Ikhlash beralamat di Jl. Pesantren Darul Ikhlash.

5. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Darul Ulum beralamat di Jl. Lintas Sumatera No I Mauaramais Jambur. Pemimpin pondok pesantren ini bernama KH. Mawardi Lubis. Sedangkan pendiri pesantren Darul Ulum bernama Syeikh H. Abdul Wahab Lubis.

6. Darut Tarbiyah Islamiyah

Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Islamiyah berdiri pada tahun 1993. Pondok Pesantren Darut Tarbiyah Islamiyah beralamat di Jl.H.M. Ali Nst Km 07 Jambur Pd. Matinggi.

7. Pondok Pesantren Al Mandily

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al Mandily berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al Mandily beralamat di Jln. Merdeka No Kampung Padang.

8. Darul Azhar

Pondok Pesantren Darul Azhar berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Darul Azhar beralamat di Jambur Padang Matinggi.

9. Al Bi`Tsatil Islamiyah

Pondok Pesantren Al Bi`Tsatil Islamiyah berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Al Bi`Tsatil Islamiyah beralamat di Jl. Syech Abdul Qodir Al-Mandily Km 10 22912.

10. Darul Hadits

Pondok Pesantren Darul Hadits berdiri pada tahun 1999. Pondok Pesantren Darul Hadits beralamat di Hutabaringin. Selain itu para santriwati maupun santriawan yang ada di ponpes ini juga melakukan berbagai aktivitas serta harus peraturan dengan baik, tertib, dan disiplin.

Pada umumnya santri putrid bertempat tinggal di mes, sedangkan santri putra berada di pondok-pondok. Program pembelajaran yang diadakan di pondok pesantren Darul Hadits juga ada bermacam- macam seperti pembelajaran rohani yang bersangkutan dengan ubudiah, tauhid serta akhlaqiah, kemudian ada pula pembelajaran intelektual, dan pendidikan kemasyarakatan.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Mandaling Natal, Provinsi Sumatra Utara. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Mandaling Natal yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel