Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang Terbaik

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ilir

Pernahkah anda berwisata ke Provinsi Sumatera Selatan? Provinsi tersebut memiliki banyak sekali kabupaten yang salah satunya ialah kabupaten Ogan Komering Ilir. Kabupaten ini selain dikenal memiliki objek pariwisata yang indah mulai dari danau teluk gelam, bukit batu, rumah seratus tiang dan lain sebagainya, ternyata juga memiliki pondok pesantren.

Ponpes di kabupaten ini bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang beragama dan berwawasan luas. 

Pesantren di OKI (Ogan Komering Ilir)

Pondok pesantren yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir ini jumlahnya yaitu ada 40 pesantren. Berdasarkan jumlah pesantren yang banyak tersebut, tentu jumlah santri secara keseluruhan mencapai hingga ribuan yaitu sekitar 7.057 santri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ilir

Berikut dibawah ini daftar pondok pesantren di kabupaten Ogan Komering Ilir ialah :

1. AIDA ( Awalu Ihyai Darul Amanah)

Pondok Pesantren AIDA ( Awalu Ihyai Darul Amanah) berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren AIDA ( Awalu Ihyai Darul Amanah) beralamat di Jl. Lintas Timur Kp.01 Rt.02 Rw.02, Desa TuguJaya. Jumlah santri yang ada di pesantren Awalu Ihyai Darul Amanah yaitu ada sekitar 26 santri dengan 4 ustadz yang mengajar.

Fasilitas yang ada di pesantren ini antara lain seperti asrama, MCK, aula, masjid, gedung sekolah, dan mushola putri.  

2. Sholaatul Fatikh

Pondok Pesantren Sholaatul Fatikh berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Sholaatul Fatikh beralamat di Jln. Blok Pasar Rt 04 Rw 06 Desa Sumber Deras. Santri di ponpes ini jumlahnya yaitu ada 104 santri dan 8 guru yang mengajar.

Moto pesantren Sholaatul Fatikh yaitu amal, ilmu, dan iman. Sedangkan misinya yaitu membentuk generasi muslim yang bisa menghayati, memahami, dan mengamalkan ajaran islam secara total. Pesantren ini juga memiliki kegiatan ektsrakurikuler diantaranya ialah olahraga, pramuka, rohis, hadroh, marawis, tari tradisional, dan drumb band. 

3. Di`ayatul Islamiyah

Pondok Pesantren Di`ayatul Islamiyah beralamat di Jln.K.H.M.Nour Desa Seriguna. Santri yang belajar di pesantren Di’ayatul Islamiyah yaitu ada 317 santri dengan 18 guru yang membimbing. 

4. Darul Jannah

Pondok Pesantren Darul Jannah beralamat di Desa Muara Burnai II. Selain itu ponpes ini memiliki santri yang jumlahnya yaitu ada 91 orang. Sedangkan jumlah gurunya yaitu ada sebanyak 6 ustadz. Fasilitas di pesantren ini antara lain yaitu ada MCK, mushola, masjid, asrama, sekolah dan kantor. 

5. Al-Ishlah

Pondok Pesantren Al-Ishlah beralamat di Jl. Abdurrahman Yahmad Tanjung Kodok Desa Tulung Selapan Timur. Santri yang ada di ponpes Al-Ishlah yaitu ada 58 santri dan 6 guru yang mengajar. 

6. Al-Furqon Pampangan

Pondok Pesantren Al-Furqon Pampangan didirikan pada tanggal 29 Juni 2007 dan beralamat di Jl. Pln Dusun 1 Desa Pampangan. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Al-Furqon Pampangan yaitu ada sebanyak 513 santri dengan 25 ustadz yang membimbing.

Kegiatan yang dilakukan dalam pesantren ini yaitu muhadoroh, tadarus al quran, festival beduk takbir, sholat berjamaah, manasik haji dan haflak tahunan. Sedangkan fasilitasnya yaitu meliputi kantin, kantor, masjid, mushola, tempat wudhu, ruang kelas, dan lain-lain.

7. As-Shiddiqiyah

Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah beralamat di Jln Lintas Timur Km 123 Lubuk Seberuk Lempuing Jaya. Pesantren ini telah memiliki jumlah santri sekitar 431 santri dengan 13 guru yang mengajar. 

8. Sabilul Muttaqiin

Pondok Pesantren sabilul muttaqiin beralamat di Jalan Lintas Timur Km.138.Desa Bumi Agung. Santri di ponpes ini jumlahnya yaitu 151 orang dan 6 ustadz yang mengajar. 

9. Nurul Ulum

Pondok Pesantren Nurul Ulum berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Nurul Ulum beralamat di Jl. Lintas Timur Km. 112 Desa Muara Burnai 2 Dusun IV Rt 001 Rw 004. Selain itu pesantren ini juga sudah memiliki santri sebanyak 175 orang dengan 13 ustadz pembimbing.

Pendidikan di ponpes ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu pendidikan formal yang terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan pendidikan non formal Madrasah Diniyah Awaliyah, Wustho, Ula, TKQ/TPQ, dan Majelis Musyawirin. 

10. Miftahl Ulum

Pondok Pesantren Miftahl Ulum beralamat di Jln. Madrasah No. 1 Seberang Buaya Dsn. Iv Kuta Pandan. Santri yang ada di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 436 santri dan 11 guru yang mengajar.

Nah, demikianlah saja infomasi yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Semoga memberikan wawasan. 

Posting Komentar untuk "10 Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang Terbaik"