Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Balangan Yang Terkenal

 

pesantren di Kabupaten Balangan

Salah satu wilayah yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan ini diketahui memiliki 8 kecamatan, 154 desa, dan 3 kelurahan. Nama-nama kecamatannya antara lain seperti kecamatan Awayan, Batu Mandi, Halong, Juai, Lampihong, Paringin dan sebagainya. 

Selain itu kabupaten Balangan juga memiliki beberapa potensi daerah di berbagai bidang. Beberapa diantaranya yaitu di bidang pertanian, perikanan, pertambangan, perkebunan, dan peternakan.

Pesantren di Kabupaten Balangan

Kabupaten Balangan juga merupakan daerah yang memperhatikan kualitas lembaga pendidikan dari jenjang paling rendah hingga tinggi. Bahkan di kabupaten ini juga disediakan pendidikan agama islam seperti pondok pesantren.

Tujuannya agar para pelajar bukan hanya memperoleh ilmu pengetahuan umum, namun juga mendapatkan bekal pembelajarn untuk hidup didunia maupun diakhirat. 

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Balangan

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Balangan antara lain ialah sebagai berikut ini :

1. Ainul Amin

Pesantren pertama yang ada di kabupaten Balangan bernama Pondok Pesantren Ainul Amin. Pondok pesantren yang satu ini lokasinya berada di Desa Tebing Tinggi.

2. Fathurrahman

Pondok Pesantren Fathurrahman beralamat di Jalan Bihara Nungka Rt. 02. Jumlah santri laki – laki di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 45 orang, sedangkan santriwatinya ada 5 orang. Kemudian tokoh pendiri ponpes Faturrahman bernama KH Tarmiji. 

3. Al Barkah

Pondok Pesantren Al Barkah beralamat di Desa Buntu Karau Rt V. Total santri yang ada di pesantren Al Barkah yaitu mencapai 113 orang yang terdiri dari 55 santri laki – laki dan 58 santri perempuan. Sedangkan tokoh yang mempelopori berdirinya pesantren ini bernama H. Abdul Hamid. 

4. Nurul Muhibbin

Pondok Pesantren Nurul Muhibbin beralamat di Jalan Simpang Tiga Binjai Punggal Rt. 1. Tokoh pendiri ponpes Nurul Muhibbin bernama Syahril Khasi. Sedangkan jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu ada sekitar 300 orang yang terdiri dari 125 santri laki – laki dan 175 santri perempuan. 

5. Ikhwanul Amin 

Pondok Pesantren Ikhwanul Amin beralamat di Desa Dahai Rt. Ii. Seseorang yang mempelopori berdirinya ponpes Ikhwanul Amin bernama Ahmad Effendi. Sedangkan jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sebanyak 60 santri laki – laki dan 45 santri perempuan. 

6. Al Hasaniyah 

Pondok Pesantren Al Hasaniyah beralamat di Komplek Al Hasaniyah Desa Layap Kec. Paringin. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini ada sekitar 89 orang dengan pembagian 69 santri laki-laki, dan 20 santri perempuan. 

7. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jalan Masjid Darul Abrar Rt. 02 Desa Awayan Hilir. Pesantren ini memiliki banyak santri yaitu mencapai 700 santri yang terbagi menjadi dua bagian yaitu 350 santri laki-laki, dan 350 santri perempuan. 

8. Ikhwanul Muslimin 

Pondok Pesantren Ikhwanul Muslimin beralamat di Jl. Merdeka Rt.8 No. 4 Desa Paringin Barat Kel Paringin. Tokoh pendiri ponpes ini yaitu bernama Drs. H. Muhammad Dimiyati. Sedangkan jumlah santri laki-lakinya ada sebanyak 38 orang dan santriwatinya ada 17 orang. 

9. Riyadhul Muhibbin

Pondok Pesantren Riyadhul Muhibbin beralamat di Desa Bungin Rt. 03 Kelurahan Batu Piring.

10. Sullamul Ulum

Daftar terakhir ponpes di kabupaten Balangan yaitu bernama Pondok Pesantren Sullamul Ulum. Pesantren ini beralamat di Jl. Haji Husen Desa Telaga Purun

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga bergunaa.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Balangan Yang Terkenal"