Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Timur yang Bagus

Kabupaten Lampung Timur ada di Provinsi Lampung. Ibu kotanya disebut Sukadana yang menjadi pusat publik dan pemerintahan yang ada di Lampung Timur. Termasuk pembangunan ponpes, juga banyak di area tersebut.

Oleh karena itulah, berikut ini adalah daftar nama pondok pesantren di Provinsi Lampung, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Timur yang dimaksud bakal dijelaskan di bawah.

Pondok Pesantren di Lampung Timur


Ponpes di Lampung Timur dibangun untuk mendidik calon ulama islam handal. Maka dari itu, sistem ajar keagamaannya detail dan menyeluruh. Tak hanya itu, para santri juga diajarkan ilmu akademik dan wira usaha.

Daftar Pondok Pesantren di Lampung Timur


Ponpes di Lampung Timur tergolong pondok modern. Karena sebagian besar, selain pondok salaf, juga ada lembaga pendidikan non agama, baik formal dan non formal. Karena itu, fasilitas pondok lengkap dan kurikulum yang digunakan sesuai jamannya. Ini dia daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lampung Timur yang fasilitasnya luar biasa:

1. Ponpes Darussalamah Brajadewa

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lampung Timur yang pertama adalah Ponpes Darussalamah Brajadewa. Ini merupakan tempat memperdalam agama islam untuk santri Lampung yang berkualitas.

Pesantren Darussalamah tergolong pondok tradisional karena sudah berdiri sejak tahun 1972. Sebuah lembaga pendidikan islam yang pernah menjadi tempat pelatihan para Banser NU di kala itu.

Hingga saat ini pondok tetap berdiri dan menjadi perintis kaderisasi warga nahdiyin Lampung Timur yang tetap eksis. Pondok pesantren Darussalamah sendiri berada di Desa Brajadewa, Way Jepara Lampung Timur.

2. Ponpes Riyadlatul Ulum

Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum yang berdiri pada tanggal 1 Januari 1978 ini, menjadi resolusi atas kurangnya greget pendidikan Islam Lampung di kala itu.

Di sini juga dibangun pendidikan formal. Seperti MTS.  Sedangkan yang non formal baru Madrasah Diniyah Sore. Melihat jenjang semacam ini, tentu pondok bagus untuk memperdalam ilmu agama sejak dini.

Pondok pesantren ini mulai berdiri hingga sekarang berada di jalan Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum, Desa Bumiharjo 39B, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur. Di Pesantren ini juga banyak mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah di STO Metro, IAIN Metro, Universitas Muhammadiyah Metro, dan lainnya.

2. Ponpes Minhajuth Thulab

Daftar nama pondok pesantren di Lampung Timur yang ke tiga adalah Ponpes Minhajuth Thulab. Ini merupakan pondok Nahdlatul Ulama yang bervisi mencari kader nahdiyin Lampung berkualitas. Maka dari itu, di sini diajarkan Ihya’ Ulumuddin, Kitab Riyadus Sholihin dan masih banyak yang lainnya.

Selain membuka program ajar agama islam, di sini juga ada lembaga formal. Diantaranya SMK Integral, SMP Integral dan Paud Al Manan. Alamatnya sendiri berada di Jl. Suhada Km 3 Margayu Labtu 1 Way Jepara, Lampung Timur.

3. Ponpes Subulus Salam

Jika ingin mondok tahfidz, pondok pesantren Subulus Salam bisa menjadi rujukan. Di pondok ini, para santri dibimbing untuk cinta Quran. Sehingga dari Lampung Timur akan muncul para penghafal, pentadabbur dan mungkin juga ahli tafsir berkualitas.

Ini merupakan pondok salaf. Maka dari itu, sistem pengajarannya masih tradisional. Jika pun ada lembaga non formal, fokus pembelajarannya tetap Tahfidzul Quran. Pondok ini ada di Jl. Simpang Raman Tegal Gondo, Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur.

4. Ponpes Nurul Furqon

Pondok Pesantren Nurul Furqon adalah pondok Tahfidz. Namun, jangan khawatir, lembaga pendidikan formalnya juga ada, sehingga materi ilmu non agama juga diberikan. Maka dari itu, para santri tidak hanya pintar ilmu agama tetapi juga ilmu umum.

Pondok ini juga mengajarkan interaksi sosial yang bagus. Bahkan setiap tahun ada program bakti sosial dalam bentuk santunan warga sekitar yang kurang mampu. Ini sebentuk proses untuk menghadirkan sifat Qurani di dalam jiwa para santri.

Pondoknya sendiri ada di jalan Adi Warno, Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, Lampung.
Sejak dibangun beberapa ponpes, geliat keagamaan di Lampung Timur bangkit. Bahkan, dari sana muncul ulama kharismatik yang luar biasa.

5. Ponpes Darul Ulum Sekampung

Daftar pondok pesantren yang ada di Lampung Timur selanjutnya ialah Ponpes Darul Ulum yang berada di Kecamatan Sekampung. Dalam pondok ini juga terdapat pendidikan formal berupa MTS, dan MA (Madrasah Aliyah).

6. Pondok Pesantren Hidayatul Quran

Untuk orangtua ataupun para calon santri yang ingin fokus dalam menghafal Al-Qur'an bisa menunju pada Pondok Pesantren Hidayatul Quran yang terletak di 38 B Dusun Menur, Desa Banjarrejo, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Untuk santri yang tinggal di pesantren tahfidz Qur'an terbaik di Lampung ini bisa juga menempuh pendidikan formal. Baik di MAN 1 Lampung Timur yang dulunya bernama MANSA Melati, MAN 1 Metro, IAIN Metro, dan UM Metro.

Nah, itulah tadi ulasan lengkap yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan informasi daftar nama Pondok Pesantren di Kabuapten Lampung Timur. Semoga melalui materi ini bisa memberikan bacaan yang mengedukasi. Trimakasih,

Posting Komentar untuk "6+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Timur yang Bagus"