Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Banyuasin

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Banyuasin

Kabupaten Banyuasin merupakan kabupaten yang dikenal sebagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan yang diadakan banyak pembangunan.

Pembangunan tersebut bertujuan untuk mendukung pendukung pembangunan wilayah Palembang, karena kabupaten Banyuasin berbatasan dengan Kota Palembang. Beberapa pembangunan yang sudah berhasil dikerjakan antara lain seperti dermaga pelabuhan tanjung api, sekolah, dan termasuk pondok pesantren.  

Pesantren di Kabupaten Banyuasin

Kabupaten Banyuasin dikenal sebagai kabupaten di Pulau Sumatera yang memiliki banyak pesantren yaitu mencapai 40 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya sendiri, secara keseluruhan yaitu ada 12.490 santri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Banyuasin

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Banyuasin ialah :

1. Riyadhut Tholibin

Pondok Pesantren Riyadhut Tholibin berdiri pada tahun 1997. Pondok Pesantren Riyadhut Tholibin beralamat di Jalur 8 Jembatan 6 Desa Telang Karya. Jumlah snatri di ponpes ini yaitu ada sekitar 97 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

2. Nurul Hikmah 

Pondok Pesantren Nurul Hikmah berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Nurul Hikmah beralamat di Jl. Inpres Desa Cintamanis Baru Kecamatan Air Kumbang. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya mencapai 112 orang dan 7 ustadz pembimbing.

Sedangkan visi yang diemban ialah mewujudkan manusia yang berilmu, beriman, beramal shalih dan berakhlak mulia (insan kamil). Beberapa nama tokoh yang ikut serta dalam pendirian pesnatren Nurul Hikmah ialah Sunaryo, A.Ma.Pd, Markus Ilhamudin, Muhammad Idrus Hasni, Iklam Kholik, Tasman A.Q, Popi Noviyanti, S.Sos.I, Suwarni dan beberapa tokoh lainnya.

3. Al- Kautsar

Pondok Pesantren Al- Kautsar berdiri pada tahun 2018. Pondok Pesantren Al- Kautsar beralamat di Jalan Pemda Km 21 Desa Karang Anyar Kecamatan Muara Padang. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sebanyak 94 santri dengan 6 tenaga pendidik yang mengajar.

Selain itu ponpes Al Kautsar memilik,I dua jenis pendidikan yaitu pendidikan formal yang meliputi Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Sedangkan jenis pendidikan yang berikutnya yaitu pendidikan non formal seperti pembelajaran kitab kuning, pembacaan maulid barzanji, seni hadroh, tilawah Qur’an, dan lain-lain. 

4. Al-Fatah

Pondok Pesantren Al-Fatah berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Al-Fatah beralamat di Desa Talang Jaya Raya II. Selain itu ponpes Al – Fatah juga diketahui sudah memiliki santri yang jumlahnya ada 96 santri dengan 6 orang guru yang mengajar. 

5. Pondok Pesantren Barokatul Ulumin Najah

Pondok Pesantren Barokatul Ulumin Najah berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Barokatul Ulumin Najah beralamat di JL. Masjid KM 7 Desa Tirtosari. Pesantren ini mempunyai santri yang berjumlah 80 santri dengan 6 ustadz pembimbing. 

6. Al-Fatah 

Pondok Pesantren Al-Fatah berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Al-Fatah beralamat di H. Rochidin Perumahan Al-Ghony. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 101 santri. Sedangkan tenaga pengajarnya ada 7 orang. 

7. Qodratullah

Pondok Pesantren Qodratullah berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Qodratullah beralamat di Jl. Raya Palembang - Jambi Km. 35 Desa Langkan. Santri yang belajar di pesantren Qodratullah jumlahnya yaitu mencapai ribuan atau sekitar 2.463 santri dengan 105 tenaga pendidik.

Sedangkan visi yang selalu dijunjung ialah mewujudkan santri yang memiliki akhlak karimah, wawasan islami, dan berjiwa ksatria serta menyiapkan generasi yang siap menjadi tauladan bagi dirinya dan keluarganya sekaligus mampu mensyiarkan Islam secara lebih luas lagi. 

8. Daarul Abroor

Pondok Pesantren Daarul Abroor berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Daarul Abroor beralamat di Desa Tirtaharja.

Pesantren ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 901 santri dengan 41 guru yang mengajar. kurikulum yang digunakan dalam ponpes Darul Abroor adalah kurikulum Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI). 

9. Sabilul Hasanah

Pondok Pesantren Sabilul Hasanah berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Sabilul Hasanah beralamat di Jalan Palembang Jambi Km. 24. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada 855 orang dan 39 ustadz yang membimbing. 

10. Miftahul Ulum

Terakhir, Pondok Pesantren Miftahul Ulum berdiri pada tahun 1997. Pondok Pesantren Miftahul Ulum beralamat di Jl. Shinta No 051 Lk Ii Makarti Jaya. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 437 santri dan 18 guru.

Itulah saja informasi yang bisa dikemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatra Selatan.

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Banyuasin"