Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Ogan Komering Ulu

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ulu

Siapa yang tidak kenal dengan istilah pondok pesantren? Lembaga pendidikan agama islam ini merupakan salah satu jenis lembaga pendidikan yang di masa sekarang ini justru mengalami perkembangan sangat baik. 

Banyak sekali pesantren-pesantren yang sudah menerapkan pendidikan secara modern. Akan tetapi tetap mempertahankan prioritasnya untuk mencetak generasi beragama, beriman, bertaqwa, dan berakhlak karimah. 

Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ulu

Jumlah pondok pesantren yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu atau dikenal dengan OKU yaitu ada 10 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya secara keseluruhan yaitu berjumlah 2.527 santri yang terdiri dari 1.297 santri berasal dari pemukim asli sedangkan sebanyak 1.230 berasal dari luar pemukim atau luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Ogan Komering Ulu

Berikut dibawah ini yang termasuk beberapa contoh daftar nama pondok pesantren di kabupaten Ogan Komering Ulu adalah;

1. Kt. Darul Muttaqin

Pondok Pesantren Kt. Darul Muttaqin berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Kt. Darul Muttaqin beralamat di Jl. Baturaja - Prabumulih Km 18 Kurup. Jumlah santri yang ada di ponpes Kt. Darul Muttaqin yaitu sekitar 272 santri dengan 17 ustadz yang mengajar. 

2. Bany Zahro

Pondok Pesantren Bany Zahro berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Bany Zahro beralamat di Desa Tungku Jaya Blok D. Santri di ponpes Bany Zahro berjumlah 125 santri, sedangkan pengajarnya ada 9 orang. 

3. Darul Khuldi

Pondok Pesantren Darul Khuldi berdiri pada tahun 2008. Pondok Pesantren Darul Khuldi beralamat di Blok H. Kel.Sri Mulya. Kec.Sinar Peninjauan. Kab.OKU. Prov.Sumsel. Pesantren ini juga sudah mempunyai santri sebanyak 100 santri dengan 8 ustadz yang membimbing. 

4. Luqmanul Hakim

Pondok Pesantren Luqmanul Hakim berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Luqmanul Hakim beralamat di Batumarta II Blok H. Santri di pondok pesantren Luqmanul Hakim jumlahnya yait ada sekitar 635 santri. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 30 orang. 

5. Darul Anwar 

Pondok Pesantren Darul Anwar berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Darul Anwar beralamat di Jl. Batumarta IV Ds. Lubuk Banjar Blok C. Pesantren ini mempunyai jumlah santri yang belajar sekitar 63 santri dan 6 ustadz yang mengajar. 

6. Pp. Al-Islah Nahdlatul Muslimin

Pondok Pesantren Pp. Al-Islah Nahdlatul Muslimin berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Pp. Al-Islah Nahdlatul Muslimin beralamat di Jl. Masjid Jami' Al-Hijrah Karya Mukti Sinar Peninjauan Oku. Ponpes ini memiliki santri yang jumlahnya yaitu hingga mencapai ribuan atau kurang lebih 2.228 santri dan 94 ustadz yang mengajar. 

7. Al Falaah Lekis Rejo

Pondok Pesantren Al Falaah Lekis Rejo berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Al Falaah Lekis Rejo beralamat di Jl. Poros Batumarta III. Pesantren ini juga memiliki santri yang jumlahnya ada sebanyak 222 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

8. Babussalam

Pondok Pesantren Babussalam berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Babussalam beralamat di Marga Bhakti Blok D Btm Ix. Santri di ponpes ini jumlahnya yait ada 129 santri dengan 9 guru yang membimbing. 

9. Miftahul Jannah

Pondok Pesantren Miftahul Jannah berdiri pada tahun 2004. Pada dasarnya ponpes ini merupakan lembaga pendidikan islam yang berbasis salafi. Pondok Pesantren Miftahul Jannah ini lokasinya berada di Jl. Putri Candi No.5 Dusun Iii.

Sedangkan jumlah santrinya ada sekitar 107 orang dengan 5 orang gur yang mengajar. Selain itu, pesantren ini juga mempunyai pendidikan formal dengan berbasis nasional yaitu madrasah aliyah dan madrasah tsanawiyah.

Pendidikan non formalnya terbagi menjadi 4 hal yaitu tahfidzul quran, madin, sorogan kitab, dan latihan lajnah batshu masa’il. Pesantren Miftahul Jannah juga memiliki program ekstrakurikuler antara lain seperti kitab kuning, pidato, bidang olahraga, PMR, kaligrafi, khitobiyah, tilawah dan lain – lain. 

10. Nurul Yaqin

Pondok Pesantren Nurul Yaqin berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Nurul Yaqin beralamat di Desa Bindu dan memiliki santri sebanyak 170 orang dengan 6 ustadz yang membimbing.

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Ogan Komering Ulu"