Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Pesantren di Kota Prabumilih yang Bagus

 

Pesantren di Kota Prabumilih

Kota Prabumulih merupakan kota yang berada di Provinsi Sumatera Selatan. Kota ini kebanyakan dihuni oleh etnis dari wilayah yang ada disekitarnya seperti suku penesak, seku enim, melayu Palembang, suku batak, suku jawa, dan tionghoa. 

Selain itu sebagian besar penduduk di kota Prabumulih merupakan penganut agama islam dengan presentase sebanyak 94,59%. Oleh sebab itu tidak heran apabila di wilayah ini juga terdapat lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren. 

Pesantren di Prabumilih

Kota Prabumilih hanya memiliki 4 pondok pesantren di daerahnya. Akan tetapi setiap ponpes tersebut memiliki keunggulan masing-masing yang dapat membina dan mendidik generasi muda agar mempunyai agama yang baik, berakhlak, dan berwawasan luas. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Prabumilih

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren yang ada di kota Prabumilih ialah : 

1. Al Furqon

Pondok Pesantren Al Furqon berdiri pada tanggal 15 Juli 2002. Pondok Pesantren Al Furqon beralamat di Jln. Raya Baturaja Km. 16. Santri di ponpes ini kebanyakan berasal dari daerah asal yang jumlahnya mencapai 263 santri.

Sistem pendidikannya terbagi menjadi dua yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formal meliputi MI, MTS, dan MA. Sedangkan pendidikan non formal antara lain yaitu tahfid al quran, pengajian sorogan, madrasah diniyah, dan RA.

Selain itu ponpes Al Furgon juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler seperti qiroati, beladiri, olahraga, barjanzi, paskibra, PMR dan lain sebagainya.  Fasiltas yang dapat diperoleh dari ponpes ini antara lain mushola, perpusatakaan, kantin, laboratorium IPA, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, sangar kesenian, sanggar pramuka, dan lain-lain.  

2. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jl. Simpang Sindur Km 10 Cambai Prabumulih. Kurikulum yang diterapkan dalam pondok pesantren ini yaitu kurikulum pesantren yang mengacu pada pondok pesantren darunnajah jakarta (kurikulum gontor) dan kurikulum pendidikan umum mengacu kepada kurikulum departemen agama untuk jenjang pendidikan Tarbiyatul Mu’allimin Wal Muallimat Al Islamiyyah (TMI) MTs dan MA.

Sedangkan visi yang dibangun adalah mewujudkan generasi beriman, bertaqwa, menjunjung tinggi akhlak dan moral serta mampu menerapkan ajaran agama islam dalam kehidupan.

Dalam melatih jiwa kemandirian dan kewirausahaan yang dimiliki santri, maka ponpes ini juga memiliki sarana latihan wirausaha dalam bidang ekonomi dengan adanya badan usaha seperti koperasi, menjahit, agribisnis, dan waserda. 

3. Pondok Pesantren Hidayahtul Mubtadi-Ien

Pondok Pesantren Hidayahtul Mubtadi-Ien berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Hidayahtul Mubtadi-Ien beralamat di Jalan Nias Rt.07 Rw.02. Pendidikan yang ada di ponpes ini terdiri dari dua macam pendidikan yaitu pendidikan formal meliputi MTS dan MA, sedangkan yang kedua ialah pendidikan non formal yang meliputi tahfidzul quran dan madrasah diniyah.

Ektarkurikuler yang ada di pesantren ini ada beberapa macam kegiatan seperti pramuka, drumband, menjahit, beladiri pagar nusa, komputer, dan lain-lain. Selain itu fasilitas yang dapat diperoleh dari pesantren ini yaitu meliputi sarana ibadah, sarana olahraga, asrama pesantren, koperasi dan lain sebagainya.

4. Pondok Pesantren Al-Munawwaroh

Daftar nama pondok pesantren yang terakhir di kota Prabumilih yaitu Pondok Pesantren Al-Munawwaroh. Pesantren ini berdiri pada tahun 2017. Sedangkan alamatnya Pondok Pesantren Al-Munawwaroh yaitu berada di Jl. Kepodang kelurahan Patih Galung Kecamatan Prabumulih Barat.

Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Prabumilih, Provinsi Sumatra Selatan. Semoga memberikan wawasan dan pengatahuan.

Posting Komentar untuk "4+ Pesantren di Kota Prabumilih yang Bagus"