Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pondok Pesantren di Kota Lubuklinggau yang Terbaik

Pondok Pesantren di Kota Lubuklinggau

Provinsi Sumatera Selatan merupakn daerah yang luas dan memiliki kota yang tingkat kesejahteraannya cukup baik yaitu kota Lubuklinggau.

Kota ini mempunyai 8 kecamatan dan beberapa dari kecamatan tersebut berdiri pondok pesantren yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan agama Islam dan dapat mencetak generasi muda dengan nilai- nilai iman dan ketaqwaan. 

Pondok Pesantren di Lubuklinggau

Pondok pesantren di Kota Lubuklinggau jumlahnya yaitu ada 12 pesantren. Masing – masing pesantren tersebut memiliki visi dan misi yang jelas dan bertujuan untuk mendidik generasi muda yang beriman. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kota Lubuklinggau

Berikut dibawah ini daftar nama pondok pesantren di kota Lubuklinggau ialah :

1. Al-Azhaar

Pondok Pesantren Al-Azhaar berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Al-Azhaar beralamat di Jl. Pelita Jaya Rt. 07. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren terbaik yang ada di Provinsi Sumater Selatan dan sudah menggunakan sistem ICT dengan baik dalam program pendidikannya.

Jumlah santri yang belajar di ponpes Al-Azhaar jumlahnya yaitu ada sekitar 500 santri dan 98 pegawai maupun pengajar serta telah mempunyai 15.000 alumni. Beberapa keunggulan yang ditawarkan dalam pondok pesantren Al-Azhaar yaitu meliputi pengajaran bahasa arab, bahasa inggris, akhlak, ketaqwaan, ilmu pengetahuan umum, dan olahraga.  

2. Hubbul Aitam

Pondok Pesantren Hubbul Aitam berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Hubbul Aitam beralamat di Jl Jend Besar Hm Soeharto No 2 Rt. 1 Kel. Lubuk Kupang.

3. Ar-Risalah

Pondok Pesantren Ar-Risalah berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Ar-Risalah beralamat di Jl. Lapter Silampari Kelurahan Air Kuti.

Pesantren ini memiliki tujuan yang sangat baik yaitu bukan hanya mengajarkan tentang ilmu agama, akan tetapi juga melatih mental dan skill para santri. Kegiatan rutin yang pada umumnya dilakukan oleh para santri yaitu setiap malam minggu mengadakan kegiatan muhadharah ba’da sholat isya. 

4. Ponpes Modern Al Ikhlas 

Pondok Pesantren Modern Al Ikhlas berdiri pada tanggal 15 Juli 1997. Pondok Pesantren Ponpes Modern Al Ikhlas beralamat di Jl. Yos Sudarso No.86 Kelurahan Watervang. Visi dari pesantren ini yaitu membentuk pondok pesantren modern al ikhlas agar menjadi pusat lembaga pendidikan agama islam yang unggul dalam berbagai bidang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi maupun seni dengan nilai-nilai dan budaya islam.

Pesantren Modern Al-Ikhlas juga memiliki beberapa program ekstrakurikuler seperti tilawah, memanah, olahraga, kaligrafi, musik islami, hadrah, rebana, teater dan lain-lain.

Para santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini juga bisa mendapatkan fasilitas yang memadai antara lain seperti ruang teori / belajar, ruang praktek, auditorium, masjid dan musholla, perpustakaan, laboratorium, fasilitas olahraga, kantor, asrama putra dan putrid, warung serba ada, kantin sehat, dapur umum, dan lain-lain. 

5. Annajiyah

Pondok Pesantren Annajiyah berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Annajiyah beralamat di Jl. Soekarno Hatta KM.12 Kel.Petanang Ilir Kec.lubuklinggau Utara I.

Pesantren ini menerapkan sistem pendidikan integrasi yaitu meliputi sekolah islam terpadu yang menganut kurikulum sama persis dengan pondok pesantren Gontor. Selain itu, dalam pesantren ini ada pula metode pembalajaran al quran untuk santri yang sedang menghafal quran yaitu dengan metode one day one juz atau tadrijiyah. 

6. Mafaza

Pondok Pesantren Mafaza berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Mafaza beralamat di Jl. Kalianda No.06-09.

7. Mazro`illah 

Pondok Pesantren Mazro`illah berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Mazro`illah beralamat di Jl. Sultan Mahmud Badaruddin Ii Kel. Marga Mulya.

8. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jl. Nangka No. 35 Rt 5. Kurikulum yang digunakan dalam ponpes Darussalam yaitu menggunakan kurikulum terpadu. keunggulan yang dimiliki dari pesantren Darussalam dibandingkan dengan ponpes yang lainnya ialah pembelajaran tahfidzul quran, memperdalam bahasa arab, pembentukan akhlakul karimah, dan fokus pada kegiataan keagamaan sesuai dengan program ponpes Darusslam.

Pesantren ini juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler seperti pidato bahasa inggris dan arab, futsal, pencak silat, tenis meja dan lain sebagainya. 

9. Al-Madani

Pondok Pesantren Al-Madani berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Al-Madani beralamat di Jl. Syawal Kel. Kayuara. Para santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini dapat memperoleh fasilitas sarana prasarana seperti perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, asrama dan lain – lain. 

10. Ulul Albab

Daftar pondok pesantren terakhir yang ada di kota L,ubuklinggau yaitu Pondok Pesantren Ulul Albab yang berdiri pada tahun 2013. Pondok Pesantren Ulul Albab beralamat di Jl. Garuda Kel. Lubuk Tanjung, Kec. Lubuklinggau Barat 1.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau. Semoga saja memberikan wawasan bagi semua kalangan.

Posting Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Kota Lubuklinggau yang Terbaik"