Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Karawang yang Terkenal


Karawang adalah kabupaten Propinsi Jawa Barat yang berkembang pesat. Bahkan lembaga pendidikan islam di bumi pasundan ini menjamur dengan cepat. Sebagian kecilnya tercatat dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Karawang.

Pesantren di Kabupaten Karawang


Pondok pesantren di Karawang sangat banyak. Semuanya mengusung pendidikan islam terpadu dengan para pengajar bermutu. Oleh karena itu, di sini tidak hanya diajarkan kitab kuning dan siroh nabawiyah, pendidikan adab dan penjaskes juga dalam bimbingan.

Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Karawang


Pondok pesantren Karawang lengkap dengan fasilitas pembelajaran mutakhir. Bahkan ada lembaga memiliki kelas ber-AC dan terkoneksi dengan jaringan internet. Ini dia ponpes yang kami maksud:

Pesantren Hikmatul Muhajirin

Pesantren Hikmatul Muhajirin diresmikan tahun 2000. Berarti sampai saat ini sudah dua puluh tahun lembaga pondok ini mencetak santri dan santriwati. Sekalipun seumur jagung pengasuh masih konsisten menggunakan sistem ajar salafiyah. Maka dari itu, lembaga formal yang disediakan masih RA dan SDI.

Di pesantren ada pendidikan non formal Madrasah DIniyah yang dipadu dengan Tahfidz Quran. Sedangkan TPQ dikhususkan untuk anak-anak. Pondok pesantren yang memiliki grup marching band terkenal ini berada di Desa Pucung Kotabaru Kabupaten Karawang Propinsi Jawa Barat. Silakan datangi jika ingin memondokkan anak-anak di sini.

Pesantren Al Hasby Nihayatul Amal

Pesantren Al Hasby Nihayatul Amal adalah ponpes modern di Karawang. Di sini santri tidak hanya diajarkan fikih dan nahwu tetapi juga pelajaran umum. Seperti biologi, komputer dan bahasa Indonesia.

Pesantren yang berdiri tahun 1985 ini memiliki visi mencetak santri beriman dan berilmu. Diharapkan darinya muncul kader islam moderat yang mandiri, santun dan berwawasan. Pondok pesantren ini memiliki pendidikan formal lengkap. Hanya Aliyah dan perguruan tinggi saja yang tidak dimilikinya. Sedangkan untuk pendidikan non formal yang disediakan hanya Tahfidz dan Madrasah Diniyah.

Pondok yang menggalakkan tahlilan dan kajian kitab kuning ini beralamat di Dusun Cilempuk Desa Purwamekar Kecamatan Rawamerta Karawang.

Pesantren Asshiddiqiyah

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Karawang yang ketiga adalah pesantren Asshiddiqiyah. Pesantren yang berdiri tahun 2004 ini memiliki tiga lembaga yaitu MI, MTS dan SMK Bisnis.
Tahun 2012, pengelola menambahkan Madrasah Aliyah dan Perguruan Tinggi Islam As Shiddiqiyah.

Pembangunan lembaga ini dilakukan untuk pemberdayaan masyarakat Karawang dan Jawa Barat.
Selain membimbing santri dengan pelajaran ilmu agama seperti kitab kuning dan bahasa arab pengajar juga mendidik santri dengan pembelajaran budi pekerti dan adab. Maka dari itu, diharapkan dari pondok ini lahir santri beriman yang cerdas dan berakhlak.

Pesantren lengkap dengan kopontren ini berada di Singaperbangsa dusun Kosbar desa Sukatani kecamatan Cilamaya Wetan kabupaten Karawang.

Ponpes An Nihayah

Pondok pesantren An Nihayah adalah pondok salaf yang ada di Karawang. Di pesantren ini ada kelas khusus untuk santri yatim dan tidak mampu. Mereka dididik dengan ilmu agama yang bagus dan bermanfaat.

Salah satu program belajar wajib pesantren ialah kajian kitab kuning dan nahwu sorof. Selain itu, pengasuh memiliki impian seluruh santri yang lulus harus mampu berbahasa arab dengan baik.
Pondok pesantren An Nihayah telah dilengkapi fasilitas laboratorium dan unit usaha. Di sana santri bisa berkarya sekaligus belajar berbisnis agar bisa dipraktekkan ketika keluar dari pondok.

Pesantren yang juga mendidik bela diri dan hadroh ini dibangun di Desa Sukamerta Kec. Rawamerta Kab Karawang.

Pondok Al Mushlih

Pondok pesantren Al Mushleh adalah pondok modern yang berdiri tahun 1999. Di pondok ini dilengkapi fasilitas pembelajaran yang canggih.

Karena ingin mencetak santri bertakwa dan berilmu maka pengajar tidak hanya membimbing pelajaran agama saja tetapi juga ilmu pengetahuan lain. Bahkan di sini santri juga dilatih komputer.
Pondok pesantren yang memiliki kantin kejujuran ini berada di Jalan Raya Tlk Jambe Telukjambe Timur Kabupaten Karawang.

Dengan adanya daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Karawang di atas Anda tidak akan kesulitan memilih lembaga pendidikan yang bagus. Maka dari itu, silakan dicatat listnya lalu datangi alamatnya.

1 komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Karawang yang Terkenal"

Unknown 20 Juli 2021 pukul 07.51 Hapus Komentar
Saya suka pondok pesantren Assiddiqiyah soalnya memiliki jalur untuk smp-smk sederajat dan ada perguruan tingginya dgn adanya kls tersebut agar anak santri tdk susah lg to meneruskan sekolahnya