4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pati yang Terbaik

Pesantren di Pati

Salah satu daerah yang terkenal dengan banyak pesantren ternama adalah Pati. Untuk yang belum tahu, Pati merupakan nama kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Blora, Grobogan, Rembang, Kudus, Jepara, dan Laut Jawa.

Banyak santri berasal dari luar Pulau Jawa belajar agama di pesantren yang ada di daerah ini. Informasi lengkap mengenai beberapa daftar nama pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Pati telah berhasil dirangkum, yuk simak selengkapnya berikut ini.

Pesantren di Pati


Di Kabupaten ini, terdapat 21 kecamatan yang terdiri dari 5 kelurahan serta 401 desa. Anda dapat dengan mudah menemukan pesantren di sejumlah kecamatan karena jumlah pesantren di sini lumayan banyak dengan berbagai ciri khas serta metode pembelajaran yang berbeda.

Anda dapat menyimak profil lengkapnya berikut supaya bisa menentukan ingin mendaftar di pesantren yang mana.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Pati


Berikut daftar lengkap profil 4 pondok pesantren di Kabupaten Pati, antara lain:

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum adalah salah satu pesantren ternama di Kabupaten Pati. PPRU didirikan oleh KH. Suyuthi Abdul Qadir pada tahun 1950 dan saat ini diasuh oleh KH. M Najib Suyuthi.

Para santri di pesantren ini sebagian besar berasal dari luar daerah Pati bahkan banyak juga dari luar Pulau Jawa. Metode pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum adalah pola Twinning Program dimana menggabungkan pembelajaran ilmu-ilmu ukhrowiyah serta ilmu-ilmu duniawiyah.

Pesantren yang berada di bawah Yayasan Perguruan Raudlatul Ulum (YPRU) ini memiliki banyak lembaga pendidikan yang bernaung di bawah yayasan yang sama. Lembaga pendidikan tersebut terdiri dari TK, Mi, MTS, MA, Madin, PIK2M, LPPBA, LP-YPRU, ECC (English Conversation Club) putri, ESP (English Speaking Programme) putra, dan banyak lainnya.

Ciri khas dari YPRU adalah kajian kitab klasik serta penguasaan dalam bahasa Arab. Bahkan, ponpes Raudlatul Ulum telah bekerjasama dengan Universitas Al Azhar Kairo Mesir sejak tahun 1991.

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum beralamat di Guyangan, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati, sekitar 14 kilometer dari pusat Kabupaten Pati. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi nomor telepon 0295-471701, 453235 atau kunjungi website https://ypruguyangan.com.

Pondok Pesantren Darul Falah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pati selanjutnya adalah Perguruan Islam Darul Falah (PIDF) yang didirikan pada tahun 1983 atas inisiatif beberapa tokoh agama di desa tersebut. Pondok pesantren ini beralamat di Desa Sirahan, Cluwak, Kabupaten Pati, 29157 Provinsi Jawa Tengah.

Perguruan Islam Darul Falah (PIDF) dikelola oleh sejumlah tokoh agama di desa ini, yaitu KH. Abdullah Faqih, KH. Ali Mahmudi, KH. Ahmad Zein Faqih, H. Abdul Muhid Zuhdi SH, KH. Umar Muslim (Alm), dan KH. Abdul Salam (Alm).

Selain pondok pesantren dan madrasah diniyah, Perguruan Islam Darul Falah(PIDF) juga menyelenggarakan lembaga pendidikan formal dari RA hingga Madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Maslakul Huda

Berikutnya ada PP Maslakul Huda yang didirikan oleh Al Maghfirullah KH. Mahfudh bin Abdus Salam pada tahun 1910 di Kampung Polgarut Utara, Kajen, Margoyoso, Kabupaten Pati.

Pondok pesantren satu ini memiliki pesantren putra, kemudian membangun pesantren putri yang berawal dari ide Dra. Hj. Nafsiyah Sahal (istri dari KH. MA Sahal Mahfudh). Beliau memberikan inisiatif untuk membangun pesantren putri dan pembangunannya baru terwujud pada tahun 1979.
Pesantren ini tidak hanya menyelenggarakan lembaga pendidikan non-formal, namun juga lembaga pendidikan formal seperti Mahad Aly, PAUD, dan Sekolah Dasar.

Pondok Pesantren Muwahidun

Pada mulanya, ponpes ini merupakan lembaga pendidikan PGA 6 tahun yang didirikan pada tahun 1976 oleh KH. Abdul Wahid Hasyim. Namun, lembaga PGA tersebut berubah menjadi MTs dan MA tapi belum memiliki pondok pesantren.

Baru pada tahun 2003, KH. Abdul Wahid Hasyim mendirikan pondok pesantren terpadu dimana mengkombinasikan antara sitem pendidikan pesantren dan sistem sekolah formal. Pondok Pesantren Muwahidun beralamat di  Jl. Muria No.705, Bergat, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah.

Apakah Anda pernah berkunjung atau nyantri di salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pati di atas?. Semoga saja ya, sebab belajar agama Islam yang mendalam merupakan kewajiban bagi umat manusia. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Pati yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel