5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Kudus yang Bagus

Pesantren di Kudus

Kudus adalah nama kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak julukan. Selain berjuluk sebagai Kota Kretek, Kudus juga mendapat julukan sebagai Kota Santri karena merupakan salah satu kota yang menjadi pusat perkembangan Agama Islam.

Jadi, tidak heran rasanya menemukan banyak pesantren di Kudus. Informasi mengenai daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Kudus selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Pesantren di Kudus


Alasan utama memilih pendidikan pondok pesantren daripada hanya sekolah di lembaga sekolah formal biasa adalah supaya mendapat bekal ilmu agama yang baik. Namun, selain ilmu agama, banyak pondok pesantren yang membekali para santri dengan kegiatan ekstrakurikuler dan kewirausahaan.

Hal tersebut tentunya dapat bermanfaat ketika para santri yang telah lulus dan hidup di tengah masyarakat. Pesantren di Kudus jumlahnya tidak sedikit, Anda dapat menemukan pesantren yang diinginkan dengan mudah di kabupaten ini.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kudus


Nah, berikut ini daftar lengkap alamat serta profil beberapa pesantren yang ada di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Kudus, yaitu:

Pondok Tahfidh Yanbu'ul Quran (PTYQ)

Pesantren pertama yang ada di Kudus adalah PTYQ atau Pondok Tahfidh Yanbu'ul Quran yang didirikan oleh K.H Arwani Amin Said. Beliau adalah ulama besar yang sangat terkenal dan disegani di seluruh Indonesia.

Seperti namanya, Yanbu'ul Qur'an adalah pondok pesantren khusus penghafal alqur'an yang berdiri di atas tanah seluas 1,5 hektare. PTYQ beralamat di Jl. KH Moh. Arwani No. 24 03/01, Pejaten, Kajeksan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, nomor telepon (0291) 431610.

PTYQ mempunyai 8 cabang yang dikategorikan sesuai dengan pendidikan para santri dan memiliki asrama serta pengasuh yang berbeda.

Pondok Pesantren YASIN

Pesantren ini didirikan oleh ulama besar Kudus dan juga seorang pejuang pada masa penjajahan, yaitu KH. Noor Hadi. Pesantren ini dahulu namanya bukan seperti yang dikenal sekarang melainkan bernama Pesantren Sunggingan (berdasarkan benda peninggalan berupa stempel dari kayu).

Namun, pada tahun 1958 pesantren ini sudah tidak beroperasi karena tidak ada pengasuh. Akhirnya pada tahun 1962, bangunan pesantren dimanfaatkan untuk Madin Mafatichul Ulum.

Kemudian di tahun 2005, pesantren kembali aktif dan disahkan menjadi sebuah yayasan pada tahun 2006 bernama Yayasan Syadzaliyah Kyai Noor Hadi atau yang disingkat YASIN. Pesantren yang terletak di Sunggingan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus ini semakin besar dan banyak santri yang menuntut ilmu di sana.

Pondok Pesantren Raudlatul Muta'allimin

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Kudus selanjutnya adalah Pesantren Raudlatul Muta’allimin yang didirikan oleh ulama asal Demak yang terkenal sebagai ahli tauhid yang shufi, KH. Irsyad.

Pesantren yang juga populer dengan sebutan Pesantren Kiai Ma’ruf Irsyad ini terletak di Dukuh Jagalan, Desa Langgerdalem No. 62, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah.

Sistem pembelajaran di sini menggunakan sistem klasikal dan sistem kategori dengan pemberian materi khusus pada setiap kelasnya.

Pondok Pesantren Roudlotul Huffadh

Pendiri dari pesantren ini adalah KH. Masyayih dan Bu Nyai Hj. Roudlotul Jannah yang terletak di Desa Kalirejo Km.15 RT.01 / RW.01, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Pondok Pesantren Roudlotul Huffadh didirikan pada tahun 1987 yang fokus pada pendidikan Tahfidzul Qur'an. Untuk informasi pendaftaran dapat menghubungi nomor telepon 085290287388/ 085713277048.

Pondok Pesantren Tahfidz Nahdlatul Qur'an Banat Lil Ulum

Pondok pesantren yang berlokasi di Jl. KH. Muhammad Arwani No.12 RT01/03, Kudus ini didirikan pada tahun 2008 oleh KH Arifin Noor dan Ibu Nyai Hj. Farchatul Lathifah. Keduanya merupakan alumni dari Ponpes Yanbu'ul Qur'an Kudus.

Pada tahun pertama, metode yang digunakan di pesantren ini adalah pendidikan formal. Selanjutnya, dibuka program Tahfidzul Qur’an pada tahun 2013. Namun, mulai pada tahun ini sistem pembelajaran di PP Nahdlatul Banat Lil Ulum fokus pada Tahfidzul Qur'an.

Arti dari Nahdlatul Banat Lil Ulum adalah kebangkitan para wanita dalam ilmu agama. Pesantren ini memiliki tujuan untuk membangkitkan semangat para wanita dalam belajar ilmu Al-quran dan pengamalannya.

Jumlah santri di PP Nahdlatul Banat Lil Ulum saat ini mencapai 280 orang yang berasal dari berbagai daerah.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut tentang daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Kudus, Anda bisa menghubungi nomor telepon atau datang ke pesantren langsung. Semoga saja informasi ini bermanfaat, trimakasih.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Kudus yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel