Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kubu Raya

Pondok Pesantren di Kubu Raya

Kabupaten Kubu Raya termasuk salah satu kabupaten yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Perlu diketahui, bahwa kabupaten Kubu Raya ini pada dasarnya merupakan kabupaten yang berasal dari pemekaran kabupaten Mempawah. 

Kabupaten Kubu Raya juga termasuk kabupaten yang daerahnya mampu meraih banyak prestasi. Beberapa prestasi tersebut diantaranya yaitu seperti petani kabupaten Kubu Raya terbaik nasional, masuk dalam nominasi 10 besar pada daerah pemekaran paling berprestasi dan lain – lain. 

Pesantren di Kubu Raya

Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah yang memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren dengan jumlah yang cukup banyak yaitu sekitar 69 pesantren. Masing-masing ponpes tersebut memiliki visi dan misi yang jelas dan bertujuan untuk mencetak generasi muda agar menjadi manusia yang lebih baik dalam sisi kehidupan dunia maupun akhirat.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kubu Raya

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Kubu Raya, antara lain adalah sebagai berikut ini : 

1. PP. AD Da'wah Madinatul Qur'an

Pondok Pesantren PP. AD Da'wah Madinatul Qur'an beralamat di Jl. Sungai Kakap Pal 13. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya mencapai 101 orang dengan 5 ustadz yang mengajar di ponpes. 

2. Pondok Pesantren Baitul Mubarok

Pondok Pesantren Baitul Mubarok beralamat di Parit Serong, Desa Pal Sembilan, Kec. Sungai Kakap. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 46 orang. Sedangkan untuk pengajarnya sendiri yaitu ada 6 orang. 

3. Tuhfatul Athfal 

Pondok Pesantren Tuhfatul Athfal beralamat di Jalan Hm. Soeharto. Pondok pesantren Tuhfatul Athfal mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 239 orang. Sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri berjumlah 14 orang. 

4. Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul Ulum didirikan pada tanggal 27 September 1981 oleh Kyai Alimakki. Alamat ponpes Miftahul Ulum yaitu berada di Jl. Parit Berkat Punggur Besar. Selain itu pesantren ini juga memiliki visi yaitu untuk membentuk insane beriman, berilmu amali, dan berakhlak mulia. 

5. Hidayatul Muhsinin 

Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin beralamat di Jl. Perdamaian Kota Baru Ujung. Pesantren ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 146 orang dan jumlah tenaga pendidiknya ada 9 orang. 

6. An-Nuriyah

Pondok Pesantren An-Nuriyah beralamat di Tanjung Pasir Rt 02/Rw 05 Dusun Karya Bersama. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu ada 45 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

7. Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Pondok Pesantren Mambaul Ulum beralamat di Sui Jawa Desa Korek. Santri di pondok pesantren Mambaul Ulum jumlahnya mencapai 242 orang. Sedangkan untuk pengajarnya sendiri yaitu ada 14 orang. 

8. Miftahul Khairat

Pondok Pesantren Miftahul Khairat beralamat di Jl.Karya Desa Sungai Ambangah. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya ada sekitar 425 orang. Sedangkan untuk ustadz yang membimbing ada sebanyak 6 orang. 

9. Sunan Ampel

Pondok Pesantren Sunan Ampel beralamat di Parit Harum Desa Sungai Asam. Santri yang belajar di ponpes Sunan Ampel ini berjumlah 96 orang, sedangkan untuk tenaga pendidiknya ada sekitar 7 orang. 

10. Hidayatul Mubtadiin

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin beralamat di Parit Haji Ali Dusun Karya Ii Rt/Rw 004/004. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini jumlahnya mencapai 137 orang dengan 8 ustadz yang membimbing.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kubu Raya"