Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kubu Raya yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren di Kubu Raya

Kabupaten Kubu Raya termasuk salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat. Perlu diketahui, bahwa kabupaten Kubu Raya ini pada dasarnya merupakan kabupaten yang berasal dari pemekaran kabupaten Mempawah. 

Kabupaten Kubu Raya juga termasuk kabupaten yang daerahnya mampu meraih banyak prestasi. Beberapa prestasi tersebut diantaranya yaitu seperti petani kabupaten Kubu Raya terbaik nasional, masuk dalam nominasi 10 besar pada daerah pemekaran paling berprestasi dan lain-lain. 

Pesantren di Kubu Raya

Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah yang memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren dengan jumlah yang cukup banyak yaitu sekitar 69 pesantren. Masing-masing ponpes tersebut memiliki visi dan misi yang jelas dan bertujuan untuk mencetak generasi muda agar menjadi manusia yang lebih baik dalam sisi kehidupan dunia maupun akhirat.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kubu Raya

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Kubu Raya, antara lain adalah sebagai berikut ini: 

1. Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya

Info tentang daftar Pondok Pesantren Darul Ulum Kubu Raya ini sendiri beralamatkan di Jl. Rasau Jaya, Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Dimana dalam pendidikannya juga ada pendidikan formal dan juga pendidikan non formal lho ya.

2. PP. AD Da'wah Madinatul Qur'an

Pondok Pesantren PP. AD Da'wah Madinatul Qur'an beralamat di Jl. Sungai Kakap Pal 13. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya mencapai 101 orang dengan 5 ustadz yang telah siap untuk mengajar di ponpes. 

3. Pondok Pesantren Baitul Mubarok

Pondok Pesantren Baitul Mubarok beralamat di Parit Serong, Desa Pal Sembilan, Kec. Sungai Kakap. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 46 orang. Sedangkan untuk pengajarnya sendiri yaitu ada 6 orang. 

4. Tuhfatul Athfal 

Pondok Pesantren Tuhfatul Athfal beralamat di Jalan Hm. Soeharto. Pondok pesantren Tuhfatul Athfal mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 239 orang. Sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri berjumlah 14 orang. 

5. Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul Ulum didirikan pada tanggal 27 September 1981 oleh Kyai Alimakki. Alamat ponpes Miftahul Ulum yaitu berada di Jl. Parit Berkat Punggur Besar. Selain itu pesantren ini juga memiliki visi yaitu untuk membentuk insane beriman, berilmu amali, dan berakhlak mulia. 

6. Hidayatul Muhsinin 

Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin beralamat di Jl. Perdamaian Kota Baru Ujung. Pesantren ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 146 orang dan jumlah tenaga pendidiknya ada 9 orang. 

7. An-Nuriyah

Pondok Pesantren An-Nuriyah beralamat di Tanjung Pasir Rt 02/Rw 05 Dusun Karya Bersama. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu ada 45 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

8. Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Pondok Pesantren Mambaul Ulum beralamat di Sui Jawa Desa Korek. Santri di pondok pesantren Mambaul Ulum jumlahnya mencapai 242 orang. Sedangkan untuk pengajarnya sendiri yaitu ada 14 orang. 

9. Miftahul Khairat

Pondok Pesantren Miftahul Khairat beralamat di Jl.Karya Desa Sungai Ambangah. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya ada sekitar 425 orang. Sedangkan untuk ustadz yang membimbing ada sebanyak 6 orang. 

10. Sunan Ampel

Pondok Pesantren Sunan Ampel beralamat di Parit Harum Desa Sungai Asam. Santri yang belajar di ponpes Sunan Ampel ini berjumlah 96 orang, sedangkan untuk tenaga pendidiknya ada sekitar 7 orang. 

11. Hidayatul Mubtadiin

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin beralamat di Parit Haji Ali Dusun Karya Ii Rt/Rw 004/004. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini jumlahnya mencapai 137 orang dengan 8 ustadz yang membimbing.

12. Pondok Pesantren Al-Fityan

Informasi tentang adanya Pondok Pesantren yang terbaik di Kabupaten Kubu Raya yang juga menjadi salah satu pesantren terbaik di Kalimantan Barat ialah PonPes Al-Fityan yang setidaknya di PonPes ini sendiri ada pendidikan formal seperti TK IT, SD IT, SMP IT, dan SMA IT lho ya.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Semoga bisa bermanfaat.

4 komentar untuk "12+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kubu Raya yang Menjadi Pilihan"

Anonim 6 Januari 2023 pukul 09.02 Hapus Komentar
sedih Darul Ulum ga dianggap
Anonim 20 Februari 2023 pukul 04.35 Hapus Komentar
masya allah
Admin 22 Februari 2023 pukul 16.36 Hapus Komentar
Sudah ada dalam nomor yang pertama kak, silahkan saja kakak baca lagi ya kak :)
Anonim 3 Juli 2023 pukul 22.02 Hapus Komentar
Silahkan di telusuri lagi banyak pesantren yg blm masuk daftar yg lebih banyak santrinya
1. PP Raudlatul Ulum 2 Desa Pasak 800 santri
2. PP Salafy Abdussalam Desa Pasak 8p0 santri
3. PPAI Al-Aziz Desa Pasak 300 santri
4. PP Al Bansuny Pasak Piang 400 santri
5. Darunnasyiin Simpang Kanan
6. PP Mambaul Ulum Simpang Kanan
7. Hidayatul Mubtadiin Simpang Kanan
8. PP Darul Dakwah Jawa Tengah
9. Nurul Ulum Kubu Padi
10. .....