Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Tingkatan SMP Terbaik di Indonesia

Pondok Pesantren Anak SMP

Orangtua mana yang tidak ingin melihat anak-anaknya memiliki bekal pendidikan agama islam yang baik? Tentu semua orangtua menginginkan hal tersebut. Oleh karena itu, tidak heran di masa yang serba modern dan canggih ini, para orangtua memilihkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Tujuannya agar para anak dapat memilih antara hal-hal yang baik yang bisa dilakukan maupun hal buruk yang harus ditinggalkan. Salah satu lembaga pendidikan yang baik untuk mendidik akhlak setiap anak yaitu pondok pesantren. Dimana banyak pondok pesantren di Indonesia untuk berbagai tingkatan, misalnya saja pondok pesantren anak-anak SD sampai dengan SMP/MTs/Sederajat.

Pesantren Tingkatan SMP (Sekolah Menengah Pertama)

Pondok pesantren dizaman dahulu dengan masa sekarang ini tentu jauh berbeda. Pesantren di zaman modern ini cenderung lebih bisa menyesuaikan perkembangan zaman, namun tetap berpegang teguh dengan prinsip-prinsip al quran dan akidah yang sesuai dengan syariat.

Pondok pesantren kini juga memiliki jenjangnya masing-masing mulai dari SD, SMP, hingga SMA pun. Berikut dibawah ini akan dibahas mengenai ponpes SMP terbaik yang mampu menciptakan generasi muda berkualitas dengan pengetahuan Islam dan pengembangan IPTEK. 

Daftar Pondok Pesantren Tingkatan SMP/MTs/Sederajat

Berikut dibawah ini beberapa daftar pondok pesantren anak-anak tingkatan pendidikan SMP terbaik yaitu:

1. Nurul Fikri Boarding School

Sekolah Islam yang satu ini termasuk pesantren terbaik jenjang SMP yang letaknya berada di Jl. Jami, Sukaluyu, Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Sekolah berbasis pondok pesantren di Bogor ini telah didirikan sejak tahun 2017. Selain menerima siswa dari tingkat SMP, boarding school ini juga menerima siswa pada jenjang SMA. 

2. Pondok Pesantren Al Umm Lowokrawu

Pondok pesantren yang satu ini beralamat di Jl. Joyo Agung RT 09 RW 09. Pesantren Al Umm Lowokrawu tersedia untuk santriwati maupun santri putra pada jenjang SMP dan SMA. Selain itu, pondok pesantren yang letaknya di Malang ini dalam sehari-harinya bahasa yang sering digunakan adalah Bahasa Arab dengan pembelajaran aqidah dan penekanan pengalaman sunnah rasul. 

3. Pondok Pesantren Nurul Ulum

Pondok pesantren Nurul Ulum merupakan pesantren yang berada di daerah Jawa Timur atau lebih lengkapnya beralamat di Jl. Aipda Sutsui Tubun, Kebonsari, Sukun. Pendidikan utama yang diberikan kepada para santri dari ponpes ini yaitu ngaji kitab kuning. 

4. Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading 

Model pendidikan pada pondok pesantren Miftahul Huda Gading yaitu dengan sistem tradisional menggunakan metode sorogan dan bandongan. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada ponpes ini yaitu mengaji kitab ihya ulumuddin dan kitab kuning. 

5. Pondok Pesantren Darul Ukhuwwah 

Selanjutnya yaitu ada ponpes Darul Ukhuwwah. Sistem pendidikan pada pondok pesantren Darul Ukhuwwah yaitu dengan menggunakan model pesantren modern. Sedangkan jenjang pada ponpes ini ialah tingkat SMP dan SMA. 

6. Pondok Pesantren Modern Darul Fikri

Daftar pondok pesantren SMP terbaik yang berikutnya ialah pondok pesantren Modern Darul Fikri yang beralamat di Jl. Margojoyo RT 07 RW 6 Jetis Mulyoagung Dau. Model pendidikan yang digunakan pada ponpes ini yaitu penggabungan antara model tradisional dengan model modern.

Selain itu pesantren modern Darul Fikri yang letaknya di Kota Malang ini juga berdiri sudah cukup lama atau tepatnya pada tahun 1987. 

7. IDN Boarding School

Jenjang pendidikan pada sekolah islam ini yaitu pada tingkat SMP maupun SMA. IDN juga menerapkan pendidikan diniyah dengan berlandaskan pemahaman Alquran dan sunnah untuk membangun kompetensi santri.

Adapun alamat pondok pesantren ini berada di Jl. Raya Dayeuh, Sukanegara, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat.  

8. Al Izzah International Islamic Boarding School

Sekolah islam yang ada di Malang ini merupakan pendidikan yang ditunjukkan untuk para siswa pada jenjang SMP maupun SMA. Fasilitas yang ada di boarding school ini juga cukup lengkap diantaranya yaitu perpustakaan, UKS, asrama, masjid dengan kapasitas 1200 orang dan lain-lain. 

9. Pondok Pesantren Ta’mirul Islam

Pondok pesantren Ta’mirul Islam ini didirikan sejak tahun 1928 dan alamatnya berada di Jl. KH Samanhudi No 03 Tegalsari Surakarta. Oleh karena itulah bagi masyarakat yang ingin memberikan pendidikan agama sekaligus sekolah formal bisa memiliki pesantren di Solo ini.

10. Pondok Pesantren Al Irsyad

Daftar terakhir pondok pesantren SMP terbaik yaitu pondok pesantren Al Irsyad yang beralamat di Jl. Solo Semarang. Adapun tepatnya letak pondok pesantren di Semarang berada di Desa Butuh Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama alamat pondok pesantren tingkatan pendidikan SMP/MTs/Sederajat yang ada di Indonesia. Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Tingkatan SMP Terbaik di Indonesia"