10+ Pesantren di Malang Modern/Salafiyah dan Sekitarnya Lengkap



Perlu diketahui bahwa sebenarnya di Malang, Provinsi Jawa Timur ini terdapat banyak sekali pondok pesatren, baik itu pondok pesantren yang kecil ataupun yang besar. Pondok pesantren yang terdapat di Malang ini memang sudah sangat terkenal kualitas yang dimilikinya tersebut.

Pesantren di Malang


Jadi tidaklah heran jika santri yang ada di pondok pesantren ini bisa datang dari berbagai daerah di Indonesia, baik yang statusnya sebagai mahasiswa ataupun pelajar yang masih sekolah di tingkat SMP, SMA, dan lainnya.

Pondok Pesantren di Malang


Adapaun untuk daftar atas nama-nama Pondok Pesantren yang ada di Kota dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur adalah sebagai berikut;

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah di Situbondo

Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah ini adalah pondok pesantren yang telah berdiri pada tahun 1328H atau 1908 M. Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah ini terletak di Sukorejo, Sitobondo. Didalam Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah ini tidak hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja, namun juga pendidikan formal. Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah ini mengikuti perkembangan zaman yang telah berkembang saat ini.

Maka dai itu pondok pesantren ini menyediakan pendidikan sesuai dengan keahliannya masing- masing. Didalam Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah ini terdapat pendidikan dalam jenjang SMK, dan beberapa pendidikan yang masih berhubungan tentang pendidikan agama islam.

Jadi kualitas dari Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena pondok ini adalah salah satu pondok yang paling besar dan progres yang dimilikinya pun sangat bagus.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Sidogiri di Pasuruan

Pondok pesantren Sidogiri adalah pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1718. Namun ada juga yang telah memberikan keteranganbahwa sebenarnya Pondok pesantren Sidogiri ini adalah pondok pesantren yang telah didirikan pada tahun 1745.

Pendiri dari Pondok pesantren Sidogiri ini adalah Sayyid Sulaiman yang merupakan masih keturunan dari Nabi Muhammad SAW. Pondok pesantren Sidogiri ini adalah salah satu pondok pesantren yang masih menggunakan sistem Salafiahmurni.

Bukan hanya itu saja ternyata Pondok pesantren Sidogiri ini adalah salah satu pondok pesantren tertua yang ada di Indonesia dan merupakan pondok pesantren terbaik yang ada di Malang. Perkembangan Pondok pesantren Sidogiri ini memang sangat cepat mulai dari pendidikan formal maupun pendidikan agama islam.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Darul Ulum di Jombang

Pondok pesantren Darul Ulum ini adalah salah satu pondok yang berdiri pada tahun 1885 sampai dengan 1937 M. Pondok pesantren Darul Ulum adalah salah satu pendidikan agama dan juga ada pendidikan formal yang memiliki kriteria khusus agar santri didikan yang ada di pondok pesantren ini dapat lulus dan menjadi seorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Pondok pesantren Darul Ulum ini selalu berpedoman terhadap Ahlussunah Waljamaah dan telah tampak jelas filosofi yang digunakan di pondok pesantren ini. Didalam Pondok pesantren Darul Ulum ini bukan hanya mempelajari tentang pendidikan agama islam saja namun juga pendidikan umumnya. Di Pondok pesantren Darul Ulum ini untuk pendidikan umumnya ada mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Ilmu Al- Qur’an di Malang

Pondok pesantren Ilmu Al- Qur’an ini adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Singosari Kabupaten Malang. Pondok pesantren Ilmu Al- Qur’an ini masih menggunakan sistem atau model pembelajaran dengan salafiah.


Pondok pesantren Ilmu Al- Qur’an ini didirikan pada tanggal 1 mei 1978 oleh KH. Bashori Alwi. Pondok pesantren Ilmu Al- Qur’an ini adalah salah satu pondok yang mengajarkan kepada ilmu – ilmu al–qur’an dan menghafal al-qur’an. Pondok pesantren Ilmu Al- Qur’an ini memiliki santri yang cukup banyak mulai dari santri yang lokal dan non lokal. Hal ini lah yang membuktikan bahwa pondok pesantren ini adalah salah satu pondok yang memiliki kualitas yang baik.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci di gresik

Pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci adalah salah satu pondok yang pertama kali dirintis oleh KH. Abdullah Faqih Suci pada tahun 1969. Pada zaman dahulu pondok pesantren ini adalah tempat yang digunakan untuk mengaji, namun setelah mendapat dukungan dari masyarakat tempat ini dibangun semakin luas lagi hingga akhirnya menjadi sebuah pondok pesantren.

Pengurus yang ada di Pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci ini adalah pondok pesantren Pondok pesantren Mambaus Sholihin Suci ini adalah seorang yang berasal dari lulusan Pondok pesantren Gontor ataupun Langitan. Hal ini lah yang membuat pondok pesantren ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Al Amien Prenduan di Sumenep

Pondok pesantren Al Amien Prenduan ini adalah salah satu pondok pesantren trbaik yang ada di Malang yang telah didirikan pada tahun 1954. Pondok pesantren Al Amien Prenduan ini telah diurus oleh beberapa badan pengurus secara kolektif secara terstuktur.

Pondok pesantren Al Amien Prenduan ini adalah sebuah pondok dengan model atau sistem pembelajaran yang digunakan adalah dengan cara yang mengikuti zaman sekarang. Pengurus yang ada di Pondok pesantren Al Amien Prenduan ini bekerja sesuai dengan keahliannya dan dibidangnya masing-masing.

Di dalam Pondok pesantren Al Amien Prenduan ini terdapat jenjang pendidikan bukan hanya tentang yang umum saja namun juga untuk jenjang pendidikan agama islam. Didalam pondok pesantren ini terdapat beberapa jenjang pendidikan mulai dari pendidikan SD/ MI. SMP. SMA. sampai dengan perguruan tinggi.

Jadi untuk pendidikan yang ada di Pondok pesantren Al Amien Prenduan ini sangat lengkap dan untuk kualitas yang di miliki Pondok pesantren Al Amien Prenduan ini sudah tidak perlu diragunakan lagi, karena telah memiliki lulusan yang sangat di segani di dalam masyarakat karena kecerdasanya.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Nurul Jadid di Probolinggo

Pondok pesantren Nurul Jadid adalah pondok pesantren yang didirikan oleh Alm. KH Zaini Mun’im yang telah berdiri sejak tahun 1950. Pondok pesantren Nurul Jadid ini terletak di desa Karanganyar, kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Tujuan dari dibentuknya Pondok pesantren Nurul Jadid ini adalah untuk membentuksantri yang beriman dan juga bertaqwa dan memiliki sifat yang mandiri, memiliki wawasan yang luas, serta dapat bermanfaat untuk agama dan masyarakat yang ada di sekitar.

Maka dari itu Pondok pesantren Nurul Jadid bukan hanya mempelajarai tentang pendidikan formal saja, namun juga pendidikan agama islam sangat lah penting.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Al Khoirot di Malang

Pondok pesantren Al Khoirot adalah salah satu pondok yang berada di Malang yang telah didirikan pada tahun 1963 yang telah didirikan oleh KH. Syuhud Zayyadi. Pondok pesantren Al Khoirot ini adalah salah satu pondok yang masih muda namun memiliki prestasi yang sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Pondok pesantren Al Khoirot ini terletak di Desa Karangsuko Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang , Jawa Timur. Pondok pesantren Al Khoirot ini memiliki sistem pendidikan yang masih menggunakan model pembelajaran salafiah. yang menggunakan sistem sorokan, watonan dan juga bandungan dengan mempelajari kitab kuning tersebut.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Al Fatah di Temboro Magetan

Pondok pesantren Al Fatah adalah salah satu pondok pesantren yang memiliki perkembangan yang sangat pesat. Pondok pesantren Al Fatah ini adalah salah satu pondok yang terletak di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan Jawa Timur. Pondok pesantren Al Fatah ini memiliki bangunan yang sangat sederhana apalagi untuk rumah para ustad dan pengurus yang ada di sana.

Pondok pesantren yang terdapat di Malang adalah Pondok pesantren Assalafi Al- Fitrah

Pondok pesantren Assalafi Al- Fitrah adalah salah satu pondok yang terbaik yang ada di Malang. Pondok pesantren Assalafi Al- Fitrah adalah salah satu pondok yang telah berdiri pada tahun 1985. Pondok pesantren Assalafi Al- Fitrah ini terletak di Jalan kedinding lor No.99. Pondok pesantren Assalafi Al- Fitrah memiliki jenjang pendidikan bukan hanya untuk agama islam saja namun juga untu pendidikan formal.

Demikianlah daftar nama-nama Pesantren di Malang dan sekitarnya dari yang menerapkan metode pendidikan salafiyah ataupun modern. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan manfaat informasi yang mendalam bagi segenap pembaca. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10+ Pesantren di Malang Modern/Salafiyah dan Sekitarnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel