Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Barat (Sulbar) yang Terkenal

 

Pondok Pesantren di Sulawesi Barat

Wilayah Sulawesi Barat memiliki masyarakat dengan mayoritas beragama islam yaitu sebanyak 80%. Peran pondok pesantren tentunya sangat penting dalam upaya memperdalam ilmu agama Islam. Berikut ini akan dibahas daftar terkait dengan adanya pondok pesantren yang ada di wilayah Sulawesi Barat. 

Pondok Pesantren di Sulawesi Barat

Wilayah Sulawesi Barat memiliki 6 kabupaten/kota. Seluruh wilayah kabupaten/kota ini memiliki pondok pesantren dari berbagai tipe. Lebih dari 70 pondok pesantren tersebar di wilayah tersebut. 

Berdasarkan info yang diperoleh dari kemenag, wilayah polewali mandar memiliki jumlah pondo pesantren terbanyak dibandingkan wilayah lain di Sulawesi Barat, dengan jumlah pondok pesantren sebanyak 17. 

Wilayah degan jumlah pondok pesantren paling sedikit ialah kab. Mamasa dengan jumlah pesantren hanya 2. Meskipun demikian, kualitas pondok-pondok pesantren di provinsi ini sudah bagus. 

Daftar Pondok Pesantren di Sulawesi Barat

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di wilayah ini antara lain:

1. Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang

Pondok pesantren pertama yang akan dibahas ialah pesantren DDI Al Ikhsan yang berlokasi di Jl. Mangondang, No. 35 Desa Batetangnga, Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pesantren ini terbilang cukup lengkap sebagai salah satu lembaga pendidikan formal mulai dari Raodatul Aftal hingga tingkat Madrasah Aliyah. 

Untuk program unggulan yang disediakan berupa program tahassus yang terdiri dari Qira’atul Mumtaz, Tahfidzul Quran, Tahsinul Kutub, serta Fannul Khath. Tersedianya program pendidikan yang lengkap ini diharapkan mampu menarik masyarakat sekitar untuk lebih mempelajari ilmu agama islam. 

2. Pondok Pesantren Salafiyah AL Ikhsan Kenje 

Pesantren ini berlokasi di Jl. Elang No. 10 Kenje, Kel. Kenje, Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. sesuai namanya, pengajaran di pesantren ini mengenut sistem salafiyah. Jenjang pendidikan pesantren yang tersedia berupa Ula, wustha, dan Ulya, dengan jumlah total santri lebih dari 90 santri. 

Dulunya pesantren ini ddirikan oleh tokoh agama sekitar yaitu Baharuddin, AGH dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam belajar endidikan agama islam. Perkembangan saat ini sudah mengalamai peningkatan seperti teredianya wifi untuk menunjang pembelajaran. 

3. Pondok Pesantren Modern Al Ikhlas 

Pesantren yang berlokasi di Jl. Poros Majene, Lampoko, Kec. Polewali, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat ini resmi berdiri pada tahun 1992. Program pendidikan yang tersedia berupa pendidikan formal dan non formal. 

Pendidikan formal yang ada di pondok pesantren berada Polewali Mandar terdiri dari jenjang RA, SMP, MTs, SMA, MA. Untuk pendidikan nonformal terdiri dari Madrasah Diniyah dan Tahfidzul Quran. Salah satu yang menarik perhatian selain dari segi agama adalah adanya ekstrakurikuler ketrampilan hidup dan wirausaha. 

Adanya ekstrakurikuler tersebut tentunya menarik bagi para santri untuk belajar bagaimana cara hidup mandiri dengan tetap memegang teguh nilai-nilai agama islam. 

4. Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani

Pesantren yang satu ini berlokasi di Desa Parappe, Kec. Campalagian, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. selain menyelenggarakan proram pendidikan agama dan pendidikan umum, pesantren ini memiliki salah satu budidaya ikan lele yang tentunya dikelola oleh para santri untuk menngajarkan tentnang teknik perikanan. 

Yang menarik, pembudidayaan ikan lele ini juga bekerja sama dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar di wilayah setempat. Hal tersebut tentu menjadi gambaran bagaiama keseriusan pihak pesantren dalam mengelola setiap kegiatan dan program yang dijalankan. 

5. Pondok Pesantren Nuhiyah

Pesantren ini berlokasi di desa Pambusuang, Kec. Balanipa, Kab. Polewali Mandar, sulawesi Barat. Pesantren ini menjadi salah satu pesantren tertua di Sulawesi Khususnya Sulawesi Barat yang didirikan pada tahun 1968.

Berdirinya pesantren ini menambah kemajuan ilmu agama di wilayah tersebut dengan adanay program-program islami seperti pengajian kitab, berdirinya pendidikan formal berbasis agama, dan lain sebagainya. salah satu yang menarik perhatian adalah sarana dan prasarana yang sangat memadai untuk proses belajaran mengajar.

6. Pondok Pesantren Hidayatullah Mamuju 

Pesantren ini berlokasi di Desa Karem, Kec. Mamuju, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat. Pesantren di Mamuju ini menjadi salah satu penyedia pendidikan formal dan nonformal berbasis agama hingga tingkat perguruan tinggi. 

Dari segi sarana prasarana, pesantren ini terbilang cukup maju dan mengalami perkembangan yang pesat. Pembangunan sarpras terbaru di tahun 2021 adalah pembangunan gazebo. Gazebo tentunya memberikan keleluasaan kepada para santri untuk berdiskusi di luar ruangan. 

7. Pondok Pesantren Nurul Hidayah

Pesantren ini berlokasi di Pontanakayyang, Kec. Budong Budong, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat. dalam proses pengajaran keagamaan, pesantren ini bertipe Ashriyah yang mana pembelajaran pesantren dan pendidikan formal menggunakan kurikulum pesantren dan kurikulum dari kemenag.Saat ini, santri mukim yang ada di pondok pesantren ini lebih dari 50 orang. Jumlah ini tentunya terus meningkat setiap tahunnya. 

8. Pondok Pesantren Salafiyah Al Wasilah Lemo

Pesantren ini berlokasi di Jl. Lemo, Kel. Lemo Kuajang, Kec. Binuang, Kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Memiliki sistem pengajaran tipe Ashriyah, pesantren ini memiliki jumlah santri yang terus bertambah setiap tahunnya. 

Saat ini santri di pesantren ini lebih dari 60 santri laki-laki dan perempuan. Para santri disini memang masih bersifat lokal atau berasal dari wilayah tersebut, namun kualitas pendidikan sudah mengikuti kurikulum nasional. 

9. Pondok Pesantren Miftahul Ulum 

Pesantren ini terletak di Desa Toaba, Kec. Papalang, kab Mamuju, Sulawesi Barat. Pesantren ini menyediakan pendidikan formal mulai dari SD, MTs, hingga Madrsah Aliyah. 

Meskipun bellum lama didirikan, pesantren Miftahul Ulum sudah memiliki santri yang cukup banyak hingga lebih dari 100. Antusias masyarakat sekitar untuk belajar agama islam terbvilang cukup tinggi. Pesantren ini menyediakan pendidikan formal mulai dari SD, MTs, hingga Madrsah Aliyah. 

10. Pondok Pesantren Al Ikhwan

Pesantren ini berlokasi di Paraili, Kec. Topoyo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Didirikan pada tahun 1995, dianggap membawa satu perubahan besar dalam bidang ilmu pendidikan dan keagaaman mengingat bahwa wilayah ini merupakan wilayah transmigrasi dengan tingkat ekonomi rendah. 

Selain mengadakan berbagai kegiatan agama bagi para santri dan masyarakat sekitar, pesantren ini sering melakukan kegiatan sosial membantu anak-anak yatim piatu di sekitar wilayah tersebut. 

Dalam bidang pendidikan, kurikulum yang digunakan berupa kurikulum pesantren dan kurikulum yang berasal dari kemenag. Hingga saat ini, jumlah santri sudah lebh dari 150. 

11. Pondok Pesantren Al Maarif 

Pesantren ini berlokasi di Desa Karossa, Kec. Karossa, Kab. Mamuju Tengah, Sulawesi Barat. Dalam proses pembelajaran, pesantren di Mamuju Tengah ini menggunakan tipe ashriyah. Pendidikan pesantren dengan tipe ashriyah memang  banyak digunakan di wilayah ini. 

Pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan formal tingkat MTs dan Madrasah Aliyah. Dengan jumlah santri yang mencapai lebih dari 200 santri, pesantren ini menyediakan fasilitas yang sudah memadai seperti masjid, ruang kelas, hingga asrama. 

12. Pondok Pesantren Awaluddin Kuo

Pesantren ini berlokasi di Jl. Santri No. 01 Desa Kuo, Kec. Pangale, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Berdiri sejak tahun 1999, saat ini santri di pesantren Awaluddin sudah lebih dari 300. Saat ini pesantren ini meneydiakan program pendidikan formal berupa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. 

13. Pondok Pesantren Darul Ulum

Pesantren ini berlokasi di Dusun Funju, Desa Banggalau, Kec. Dapurang, Kab. Mamuju Utara, Sulawesi Barat. pesantren yang berdiri sejak tahun 2001 ini, saat ini sudah memiliki jenjang pendidkan formal dari MI, MTs, hingga MA. 

Program keagamaan terfokus pada bidang dakwah dan tilawah Al Quran. Pesantren ini terbilang cukup maju dengan prestasi dan fasilitas yang tersedia seperti ruang komputer untu k menunjang pembeljaran hingga pengajar yang kompeten. Pengajaran dalam pendidikan formal menggunakn kurikulum dari kemenag dan kurikulum pesantren. 

14. Pondok Pesantren Al hikmah

Pesantren ini berlokasi di Desa Karave, Kec. Bulu Taba, Kab.Mamuju Utara, Sulawesi Barat. berdiri sejak tahun 2002, pesantren Al Hikmah telah memiliki dua jenjang pendidikan formal yaitu MTs dan MA. 

Kegiatan pembelajarn mengggunakan dua kurikulum yaitu satuan pendidikan formal dengan menggunakan kurikulum nasional dari kemenag dan kegiatan pesantren dengan menggunakan asas-asas pesantren. Berbagai program penunjang pembelajaran tersedia, seperti Penguatan konsep, pengembangan bahasa, studi lapangan, bimbingan intensif UAS, klub bidang studi, dan masih banyak lagi. 

15. Pondok Pesantren Miftahul Jihad

Pesantren ini berlokasi di Tande, Banggae, Lombang, Mejene, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Sama seperti pondok pesantren lain di wilayah Sulawesi Barat, kurikulum yang digunakanpun menguunakan dua kurikulum yaitu kurikulum nasional dari kemenag dan kurikulum pesantren. 

Program pendidikan formal yang disediakan berupa MTs dan MA. Disisni, para santri diaraahkan pada misi pendidikan menyeluruh dari bidang keagamaan, pendidikan, sosial, hingga pengabdian masyarakat. banyak juga kegiatan pengembangan diri dalam bentuk ekstralurikuler.

Itulah saja artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Semoga saja bisa bermanfaat bagi kalian semuanya ya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Barat (Sulbar) yang Terkenal"