Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Polewi Mandar yang Terkenal

Pesantren di Polewi Mandar

Kabupaten Polewi Mandar merupakan daerah di Sulawesi Barat yang memiliki luas wilayah 2.022,30 km². Selain itu kabupaten ini juga memiliki beberapa tempat pariwisata yang kerap menjadi daya tarik pelancong untuk mengunjungi kabupaten Polewi Mandar ini.

Beberapa nama objek pariwisata yang ada di kabupaten ini yaitu Pantai Bahari, Air Terjun Limbong Miala dan Limbong Kamandan, Air Terjun Indoranuang & Limbong Sitodo Limbong Lebok (Biru), dan lain-lain. 

Pesantren di Polewi Mandar

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Polewi Mandar ini letaknya tersebar di beberapa kecamatan yaitu seperti di kecamatan Binuang, Campalagian, Bulo, Limboro, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Polewi Mandar

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Polewi Mandar antara lain adalah sebagai berikut ini;

1. Ibnu Mas'ud

Pondok Pesantren Ibnu Mas'ud berdiri pada tahun 2018. Pondok Pesantren Ibnu Mas'ud beralamat di ling.kampung baru. kelurahan manding, kecamatan polewali. Santri yang belajar pendidikan agama islam dan menghafal quran di ponpes Ibnu Mas’ud yaitu ada sekitar 41 orang. Sedangkan banyaknya guru yang mengajar yaitu ada 4 orang. 

2. Al Qur'an Jabal Nur

Pondok Pesantren Al Qur'an Jabal Nur berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Al Qur'an Jabal Nur lokasinya berada di Paccini. Jumlah santri di pondok pesantren ini yaitu ada 26 orang. Sedangkan jumlah tenaga pengajarnya yaitu ada 5 orang. 

3. Husnul Khatimah

Pondok Pesantren Husnul Khatimah beralamat di Jl. Madatte. Pondok pesantren Husnul Khatimah diketahui telah memiliki 28 santri dan 6 ustadz yang membimbing para santri agar memiliki bekal pendidikan agama secara lebih mendalam. 

4. Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Risalah Batetangnga beralamat di Jl. Poros Permandian Biru Salusoang.

Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu mencapai 342 orang. Sedangkan banyaknya tenaga pendidik yang menyalurkan ilmu pengetahuannya kepada para santri ada sekitar 19 orang. 

5. Ddi Al Ihsan Kanang

Pondok Pesantren Ddi Al Ihsan Kanang beralamat di Jl. Poros Mangondang No. 35. Pondok pesantren Ddi Al Ihsan Kanang merupakan pesantren terbaik yang ada di kabupaten Polewi Mandar, bahkan santrinya telah mencapai ribuan orang.

Selain itu fasilitas yang ada di ponpes ini juga mampu memberikan kenyaman bagi para santri. Jumlah santri di ponpes ini mencapai 1.462 orang dengan 64 guru yang mendidik para santri. 

6. Nuhiyah Pambusuang

Pondok Pesantren Nuhiyah Pambusuang beralamat di Jl.Trans Sulawesi Polman. Banyaknya santri yang belajar ilmu pendidikan agama islam di ponpes ini yaitu ada sekitar 42 orang dengan 6 ustadz yang membimbing.

7. Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash beralamat di Jl. Poros Majene Km. 27 Lampoko. Pondok pesantren Modern Al-Ikhlas diketahui telah memiliki 551 santri dan 27 tenaga pengajar.

Oleh karena itu tidak heran apabila ponpes ini dianggap sebagai salah satu pesantren terbaik yang ada di kabupaten Polewi Mandar.

8. Syekh Hasan Yamani

Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani beralamat di Jl. Parappe. Jumlah santri di ponpes ini ada 422 orang, sedangkan banyaknya guru yang membimbing para santri jumlahnya ada sebanyak 22 orang. 

9. Ahlul Qur`An 

Pondok Pesantren Ahlul Qur`An berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Ahlul Qur`An beralamat di Lingkungan Batu Batu Kel. Darma, Kec. polewali. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes Ahlul Quran jumlahnya ada sekitar 61 orang dengan 6 guru yang mengajar. 

10. Miftahul Jannah

Pondok Pesantren Miftahul Jannah beralamat di Jl.Poros Tutar Lombok. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki 42 santri dan 6 ustadz yang membimbing. 

Itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Polewi Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Semoga saja bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Polewi Mandar yang Terkenal"