Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Mamuju Tengah yang Bagus

Pesantren di Mamuju Tengah

Kabupaten Mamuju Tengah merupakan daerah yang ada di Sulawesi Barat dan memiliki batas-batas wilayah tertentu. Bagian Barat kabupaten ini berbatasan dengan Selat Makasar, di sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sigi dan kabupaten Luwu.

Sedangkan di bagian utara yaitu berbatasan dengan kabupaten Pasangkayu dan terakhir di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Mamuju.

Pesantren di Mamuju Tengah

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Mamuju Tengah jumlahnya ada 12 pesantren. Berdasarkan jumlah keseluruhan ponpes tersebut, diketahui bahwa total santri semuanya yaitu mencapai 1.788 santri dengan 124 ustadz yang mengajar. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Mamuju Tengah

Beberapa nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Mamuju Tengah antara lain adalah sebagai berikut ini: 

1. PPS Abdullah Ibnu Abbas

Pondok Pesantren PPS Abdullah Ibnu Abbas beralamat di Jl. Pasar Ikan Topoyo. Selain itu pondok pesantren PPS Abdullah Ibnu Abbas juga sudah mempunyai 171 santri dengan 11 ustadz yang membimbing para santri agar memiliki pendidikan agama islam yang lebih baik beserta akhlak karimah yang lebih mulia.

2. Pondok Pesantren Awaluddin Kuo

Pondok Pesantren Awaluddin Kuo beralamat di Jl. Santri No. 01 Dusun Mamuji. Jumlah santri yang belajar ilmu agama islam di ponpes Awaluddin Kuo yaitu ada sekitar 228 orang. Sedangkan tenaga pengajar di ponpes ini jumlahnya ada 13 orang. 

3. Miftahul Mardiyah Kuo

Pondok Pesantren Miftahul Mardiyah Kuo beralamat di Jl. Poros Kuo-Polo Jajar. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren ini jumlahnya ada sekitar 24 orang dengan 6 ustadz yang membimbing para santri tersebut. 

4. Al-Ikhwan

Pondok Pesantren Al-Ikhwan beralamat di Jalan Pesantren Nomor 04 Topoyo, Desa Topoyo. Pondok pesantren Al-Ikhwan termasuk salah satu ponpes di kabupaten Mamuju Tengah yang memiliki kualitas baik.

Jumlah santri di ponpes ini mencapai 578 orang dengan 28 tenaga pengajar yang membina para santri agar memiliki ilmu agama yang lebih baik, beriman, dan bertaqwa. 

5. Darul Istiqamah Topoyo

Pondok Pesantren Darul Istiqamah Topoyo beralamat di Jl. Pesantren Topoyo. Jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Darul Istiqamah Topoyo yaitu ada sekitar 173 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 12 orang. 

6. Husnayain

Pondok Pesantren Husnayain beralamat di Jl. Persemaian Salule'bo. Pondok pesantren Husnayain juga termasuk contoh ponpes di kabupaten Mamuju Tengah. Banyaknya santri yang belajar al quran dan memperdalam ilmu agama di pesantren ini ada sekitar 144 orang dengan 11 tenaga pendidik yang membimbing para santri. 

7. Al-Chaeriyah Barakkang

Pondok Pesantren Al-Chaeriyah Barakkang beralamat di Jl. Desa Barakkang. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Al-Chaeriyah Barakkang jumlahnya ada sekitar 28 orang dengan 6 guru yang mendidik para santri.

8. Madinatunnajah

Pondok Pesantren Madinatunnajah beralamat di Jl. Trans Sulawesi Barat. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 71 orang.

Sedangkan tenaga pendidik yang memberikan ilmunya kepada para santri agar menjadi santri yang berakhlak karimah, berbekal ilmu agama dengan baik serta bermanfaat bagi sesama umat manusia ada sebanyak 7 orang. 

9. Baiturrahman

Pondok Pesantren Baiturrahman beralamat di Jl. DesaTobadak. Santri di pondok pesantren Baiturrahman jumlahnya ada 57 orang dengan 6 guru yang membimbing para santri. 

10. An Nahdhah

Pondok Pesantren An Nahdhah beralamat di Jl. Ki Hajar Dewantara. Selain itu ponpes ini diketahui juga sudah mempunyai banyak santri yaitu sekitar 129 orang dengan 9 ustadz yang membimbing dan membina para santri.

Nah, demikinalah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat. Semoga saja bisa bermanfat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Mamuju Tengah yang Bagus"