Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Mamuju

 

Pesantren di Kabupaten Mamuju

Kabupaten Mamuju merupakan wilayah sekaligus ibu kota Sulawesi Barat. Selain itu letak kabupaten Mamuju ini berada di antara Makasar, Sulawesi Selatan dan Palu Sulawesi Tengah. Kabupaten Mamuju juga memiliki beberapa batas wilayah seperti di bagian barat berbatasan langsung dengan Selat Makasar, dibagian timur berbatasan dengan Sulawesi Selatan.

Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan Kabupten Majene dan terakhir di bagian Utara berbatasan dengan kabupaten Mamuju Tengah. 

Pesantren di Mamuju

Kabupaten Mamuju memiliki 19 pondok pesantren yang memiliki kualitas terbaik dan visi yang mendorong perbaikan akhlak karimah serta pengalaman pendidikan agama islam dalam kehidupan sehari-hari.

Ponpes di kabupaten Mamuju ini letaknya berada di beberapa kecamatan pada wilayah tersebut, salah satunya yaitu ada pada kecamatan Tommo, Papalang, Bonehau, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Mamuju

Nama-nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Mamuju antara lain adalah sebagai berikut ini : 

1. Al-Chaeriyah

Pondok Pesantren Al-Chaeriyah beralamat di Jalan Martadinata No. 02 Mamuju. Jumlah santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes Al-Chaeriyah yaitu ada 20 orang. Sedangkan tenaga pengajar yang membimbing para santri ada 6 orang.

2. Pps. Ar-Rahman Kabuloang

Pondok Pesantren Pps. Ar-Rahman Kabuloang beralamat di Dusun Barang-Barang Desa Kabuloang. Santri di pondok pesantren Pps Ar-Rhaman Kabuloang jumlahnya ada sekitar 89 orang dengan 7 ustadz yang mengajarkan pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya. 

3. Maarif Kalonding

Pondok Pesantren Maarif Kalonding beralamat di Kalonding Desa Kalonding. Selain itu pondok pesantren yang ada di kabupaten Mamuju ini juga diketahui telah memiliki 58 santri dan 6 guru yang membimbing para santrinya. 

4. Darul Falah Tahfidzul Qur'an 

Pondok Pesantren Darul Falah Tahfidzul Qur'an beralamat di Jl. Poros Mamuju-Majene Kec. Simboro Kab. Mamuju. Santri di ponpes ini jumlahnya ada 22 orang dengan 4 tenaga pengajar yang ada di pesantren tersebut. 

5. Al-Munawwarah Salutalawar

Pondok Pesantren Al-Munawwarah Salutalawar beralamat di Salutalawar Desa Tadui Kec Mamuju Kab Mamuju Sulbar.

Pondok pesantren Al-Munawwarah Salutalawar merupakan ponpes di kabupaten Mamuju cukup dikenal dan memiliki kualitas yang baik. Jumlah santri di ponpes ini mencapai 103 orang dengan 8 ustadz yang membimbing. 

6. Rezki Anugerah

Pondok Pesantren Rezki Anugerah beralamat di Desa Ahu. Banyaknya santri yang menempuh pendidikan di ponpes Rezki Anugerah yaitu ada sekitar 279 orang. Pada dasarnya ponpes ini memang telah memiliki banyak alumni dan kualitasnya sudah cukup baik. Jumlah guru yang mengajar di ponpes Rezki Anugerah ada sekitar 16 orang. 

7. Al-Amin DDI Tapalang 

Pondok Pesantren Al-Amin DDI Tapalang beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 04 Taplang Mamuju. Santri di ponpes Al-Amin DDI Tapalang jumlahnya mencapai 162 orang. Sedangkan jumlah guru yang membimbing para santri ada 12 orang. 

8. Darul Qur`An Wal-Hadits Nw

Pondok Pesantren Darul Qur`An Wal-Hadits Nw beralamat di Jl. Poros Wisata Gentungan. Pondok pesantren Darul Quran Wal-Hadists Nw juga termasuk salah satu ponpes yang ada di kabupaten Mamuju dan diketahui telah memiliki 217 santri dengan 14 ustadz yang membimbing. 

9. Syahid Al-Hidayah

Pondok Pesantren Syahid Al-Hidayah beralamat di Jl. Poros Mamuju-Makassar. Santri yang menimba ilmu pendidikan agama islam dan belajar quran di ponpes ini jumlahnya ada sebanyak 325 orang. Sedangkan banyaknya guru yang membimbing dan mengarahkan para santri agar memiliki akhlak yang baik ada sekitar 18 orang.

10. Pontren Muhammadiyah Boarding School At-Tanwi

Pondok Pesantren Pontren Muhammadiyah Boarding School At-Tanwi beralamat di Jl. Soekarno Hatta No. 35 Mamuju. Jumlah santri yang belajar ilmu agama di ponpes ini ada 31 orang dengan 6 guru yang mengajar.

Nah, itulah saja informasi yang bisa mimin bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Semoga saja bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Mamuju"