5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Semarang yang Terkenal

Pesantren di Semarang

Kabupaten Semarang adalah nama sebuah kota di Jawa Tengah yang ibu kotanya disebut Ungaran. Di sini perkembangan pondok pesantren juga pesat tidak kalah dengan kota di Jawa Tengah lainnya seperti Demak. Sebagiannya ada pada daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Semarang.

Pesantren di Semarang


Pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Semarang ada yang bersistem salaf atau tradisional dan juga ada yang sudah digabung dengan sistem pendidikan modern. Hal ini dilakukan semata untuk mencetak para santri agar tetap beriman tetapi juga tidak terlindas roda peradaban yang canggih.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Semarang


Ponpes di Kabupaten Semarang diperkuat dengan fasilitas pembelajaran yang mumpuni. Bahkan hampir seluruhnya memiliki laboratorium komputer dan bahasa Inggris. Berikut beberapa nama ponpes yang ada dalam daftar pondok pesantren di Kabupaten Semarang dengan fasilitas tersebut:

Pesantren Bina Insani

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Semarang yang pertama adalah pondok pesantren Bina Insani. Ini adalah lembaga islam non formal yang akan mendidik para santri dengan ilmu agama seperti kajian kitab kuning, Syarah Nahwu serta tahfidz Quran.

Selain itu, di sini juga digodok pembelajaran komputer dari dasar hingga mahir. Bahkan laboratorium komputer juga disediakan lengkap dengan sarana teknologi yang canggih. Ponpes berdiri megah di Dukuh Baran, Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Semarang.

Ponpes Edi Mancoro

Pondok Pesantren Edi Mancoro adalah ponpes yang sangat unik. Sebab, jika sebagian besar nama pesantren mengambil dari bahasa Arab justru pondok ini menggunakan bahasa Jawa yang berarti bersinar dengan indah. Hal ini diharap menjadi semangat agar ponpes bisa menaungi umat.

Di sini tidak hanya diajarkan kajian kitab kuning tetapi juga ada aktifitas lain seperti diskusi ilmiah antar santri hingga lomba stand up antar kamar. Selain itu kegiatan sosial seperti pemberian infak dan bakti sosial rutin dilakukan setiap tahun.

Pondok pesantren ini cukup megah dan berada di Jl. KH. Ahmad Sholeh Km. 04, RT.002 RW.001, Dsn.Bandungan, Ds. Gedangan, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah

Ponpes Al Falah Semarang

Ponpes Al Falah Semarang mengusung visi menjadikan santri berilmu dan berakhlak baik kepada kedua orang tua. Maka dari itu, di pondok ini tidak hanya diajarkan ilmu ad-din semata tetapi juga adab dan kesopanan.

Karena pondok ini bersistem modern maka fasilitasnya sangat lengkap. Dari klinik kesehatan hingga lapangan olahraga juga ada. Selain itu laboratorium dan perpustakaan disediakan selain asrama untuk santri yang mukim.

Pondok pesantren Al Falah bisa ditemukan di wilayah Ngawinan Jetis Kec Bandungan Kab Semarang Jawa Tengah. Lokasi yang cukup strategis karena berada di area yang publik.

Al Hikmah Semarang

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Semarang yang ke empat adalah Al Hikmah. Ini merupakan ponpes yang fokus pada pendidikan Tahfidz Quran. Sedangkan pembelajaran ilmu umum seperti bahasa Inggris dan komputer menjadi pembelajaran pendukung.

Di sini tidak semua santri mukim tetapi juga ada yang pulang ke kampungnya masing-masing dan kembali keesokan harinya. Maka dari itu, ponpes ini layak dipilih baik oleh santri dari luar kota maupun yang berdomisili di sekitar pesantren.

Pondok pesantren Al Hikmah Semarang dibangun di kelurahan Pedurungan Lor RT 01 RW 05 Pedurungan Semarang.

Pesantren Al Madani

Pesantren Al Madani Semarang berdiri pada tahun 2007. Hingga saat ini perkembangannya begitu pesat. Bahkan sebagai pondok pesantren yang baru berdiri, fasilitas yang disediakan tidak kalah dengan ponpes yang sudah lama dibangun.

Di sini tidak hanya dicetak insan-insan beriman dan cinta agama. Tetapi wawasan kebangsaan dan rasa patriotisme juga menjadi bahan gemblengan. Maka dari itu, diharapkan dari ponpes ini akan lahir cendekiawan muslim yang patriotik.

Untuk sowan ke pondok ini silakan mendatangi alamat Desa Terwidi, Plalangan, Gunungpati, Semarang, Jawa Tengah.

Jika melihat daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Semarang di atas sepertinya layak jika kabupaten ini dianggap sebagai pioner pencetak insan bermental islam yang cinta bangsa. Maka dari itu, jika ingin nyantri pilih saja salah satu pondok yang sudah dijelaskan di atas.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Semarang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel