4+ Pondok Pesantren di Kota Pontianak yang Bagus


Pontianak merupakan ibukota dari Provinsi Kalimantan Barat yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Untuk perkembangan Agama Islam di kota ini sudah dimulai sejak abad ke 7M hingga 8M. Sedangkan keberadaan pesantren di kota ini cukup banyak meskipun tidak sebanyak ibukota lainnya.

Menurut data dari situs Kemenag Kalbar tahun 2017, terdapat 23 pondok pesantren yang terdaftar di Pontianak. Apa saja daftar nama pondok pesantren di Kota Pontianak, yuk simak ulasan selengkapnya berikut.

Pesantren di Pontianak


Di Pontianak terdapat 6 kecamatan dan 29 kelurahan dengan 665 ribu lebih jumlah penduduk. Keberadaan pesantren-pesantren di kota ini tersebar di sejumlah kelurahan dan desa yang ada di Kota Pontianak. Pesantren di Kota Pontianak terdiri dari pesantren salafiyah, khalafiyah (modern), atau kombinasi (salafiyah + khalafiyah).

Sistem pembelajaran di pesantren tersebut dapat disesuaikan dengan preferensi Anda apakah lebih cocok sistem pembelajaran klasik, modern, atau gabungan antara keduanya.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Pontianak


Beberapa pesantren di Kalimantan Barat, khususnya Kota Pontianak akan dibahas lebih detail berikut ini, yaitu:

Pondok Pesantren Mathla'ul Anwar

Pendirian pesantren ini dilatarbelakangi oleh keinginan masyarakat setempat akan pembelajaran agama yang lebih intens dikarenakan banyak suku yang mendiami kawasan tersebut yang kekurangan pengetahuan agama. Ustadz A Dhujaedi Abdullah merasa tergerak dengan keinginan masyarakat terutama beliau juga memiliki latar belakang Agama Islam yang baik.

Beliau mengajak Bapak Yakop Abdullah yang berprofesi sebagai purnawirawan TNI dan pemilik tanah wakaf. Akhirnya, pada tanggal 17 Juli 1996, Pesantren Mathla’ul Anwar resmi didirikan.

Kedua sosok tersebut berjuang bersama dalam mendirikan lembaga pendidikan pesantren di Kelurahan Sungai Bangkong. Hingga saat ini, Pesantren Mathla’ul Anwar telah mengalami pergantian pemimpin selama beberapa periode.

Pesantren Hidayatul Muhsinin

Pesantren yang berlokasi di Jalan Perdamaian Pal IX, Sungai Kakap, Mariana, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat ini merupakan perpindahan dari PP Darul Ma`arif Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.

Sejak awal pendirian, santri yang berada di sini cukup banyak jumlahnya yaitu tidak kurang 100 santri. Selain lembaga pendidikan non formal seperti Madrasah Diniyah Hidayatul Muhsinin dan Tahfidz Alqur'an, di sini juga terdapat lembaga pendidikan formal, yaitu SDI, MTs Hidayatul Muhsinin, dan SMA.

Ada banyak kegiatan ekstrakurikuler juga yang disediakan untuk para santri seperti cabang olahraga, drumband, marawis, bela diri, dan banyak lainnya.

Pondok Pesantren Assalam

Untuk daftar nama pondok pesantren di Kota Pontianak selanjutnya adalah Pondok Pesantren Assalam yang dibangun di atas tanah wakaf seluas 3 hektar lebih. Lokasi pesantren pun dekat dengan pusat Kota Pontianak sehingga memudahkan untuk mencapai tempatnya.

Pesantren Assalam didirikan pada tahun 1982 dengan visi misi untuk mencetak generasi pejuang Agama Islam yang sholeh dan sholehah, berwawasan luas, intelek, serta bermanfaat untuk sesama. Selain itu, salah satu tujuan utama didirikannya pesantren ini adalah kurangnya dakwah Islam yang menyeluruh di kawasan Pontianak yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia.

Pondok Pesantren Assalam juga menyelenggarakan program pendidikan formal dan non formal seperti SMP, MA, dan Madrasah Diniyah. Letak Pesantren Assalam adalah di Jalan Husein Hamzah Pal V, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, nomor telepon (0561)6783849.

Pondok Pesantren Walisongo

Pesantren ini didirikan oleh KH Zuhri Maksudi, SE, MSi yang memiliki garis keturunan dengan Sunan Ampel dan Syaikhuna Kholil bin KH Abdul Latif Al Bangkalani. Pondok Pesantren Walisongo mengunakan sistem kombinasi dimana memadukan antara kajian Diniyah Salafiyah dan pendidikan modern.

Lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan pesantren ini adalah Madin, Takhasus, MA, MTs, SMP, dan SMA Walisongo.

Ada banyak kegiatan ekstrakurikuler untuk mengasah ketrampilan para santri dalam bidang lainnya selain dari belajar agama. Selain itu, fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap untuk para santri yang mukim.

Pesantren ini beralamat di Jalan Ampera Kota Baru, Sungai Bangkong, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, nomor telepon (0561) - 6590938.

Nah, demikian 4 profil daftar nama pondok pesantren di Kota Pontianak, sudahkah Anda menemukan pesantren yang sesuai dengan keinginan? Semoga saja setelah membaca artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya!

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kota Pontianak yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel