Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan yang Modern/Salafiyah

Pesantren Terbaik di Kalimantan
Pesantren di Kalimantan adalah sebuah tempat atau lembaga pendidikan tertua yang  ada di Indonesia. Seiring berkembangnya zaman lembaga pesantren sebagai pendidikan nonformal ini bukan hanya digunakan untuk mempelajari tentang agama Islam saja, namun juga digunakan untuk mempelajari tentang pendidikan sosial yang tidak kalah dengan pendidikan formal yang lainnya.

Bahkan banyak sekali jumlah pesantren di Pulau Kalimantan ini, mulai dari sistem pemeblajarannya yang modern ataupun salafiyah.

Pesantren di Kalimantan

Diakui ataupun tidak, nama pondok pesantren terbaik yang ada di Pulau Kalimantan tak terlepas dari adanya sistem pendidikan yang dilakukan. Baik untuk daerah ataupun pulau terpencil kesemuanya memiliki kesamaan, yaitu mempelajari Agama Islam yang baik sebagaimana nama-nama pesantren tertua di Indonesia lainnya.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kalimantan

Berikut inilah informasi terkait dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Pulau Kalimantan. Antara lain;

1. Pesantren Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam adalah salah satu pondok yang paling terkenal yang ada di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pondok pesantren ini didirikan oleh Jamaluddin pada tahun 1914. Darusalam adalah pondok pesantren dengan usia paling tua yang ada di Kalimantan. Di Pondok Pesantren Darussalam ini terdapat beberapa lembaga pendidikan dengan fasilitas yang lengkap.

Selain itu juga di pondok Pesantren Darussalam ini telah menciptakan ulama-ulama yang terkenal di zaman sekarang. Maka dari itu tidak heran jika banyak yang ingin menambah ilmu agama ataupun ilmu umum di pondok Pesantren Darussalam ini.

2. Pesantren Rasyidiah Khalidiah

Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah adalah pondok pesantren yang didirikan oleh KH. Abdurrasyid. Pada awalnya pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah ini hanya berbentuk seperti rumah, namun seiring berkembangnya zaman pondok ini selalu mendapatkan renofasi dan akhirnya semakin luas dan berkembang.

Dahulu nama pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiah ini adalah Arabische School, kemudian di ganti menjadi Rasyidiah Khalidiah. Di pondok pesantren ini tidak hanya mengajar tentang ilmu agama saja, namun juga ilmu umum juga ada di pondok pesantren ini.

3. Pesantren Nurul Jannah

Pondok Pesantren Nurul Jannah adalah salah satu pondok yang paling terkenal pada zaman dahulu, Pondok ini berdiri pada tahun 1990 dan terletak di kota Banjarmasin. Di pondok Pesantren Nurul Jannah ini terdapat sekitar 1010 santri.

Di pondok Pesantren Nurul Jannah bukan hanya mengajar tentang agama islam saja namun juga tentang ilmu umum, Di Pondok ini terdapat beberapa jenjang pendidikan di antaranya adalah TK, SMP, SMA ada di Pondok Pesantren Nurul Jannah ini.

4. Pesantren Darul Amin Sampit

Pondok Pesantren Darul Amin Sampit ini terletak di Jl. H. Moh. Arsyad No. Km 3, Ketapang, Mentawa Baru/ Ketapan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Indonesia. Pondok Pesantren Darul Amin Sampit adalah salah satu pondok yang bukan hanya mempelajari tentang agama saja namun juga ada tentang ilmu umumnya juga.

Maka dari itu pondok pesantren yang ada di Kotawaringin Timur ini terus berkembang karena dapat menyesuaikan dengan keadaan di zaman sekarang dan lingkungan sekitar. Dapat menyediakan apa yang di butuhkan oleh masyarakat.

5. Pesantren Al-Ahqaaf

Pondok pesantren al- ahqaaf adalah pondok pesantren yang terletak di Jl. Tanah Mas, Kel. Baamang Hulu Sampit, Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Jumlah santri yang ada di pondok Pesantren Al- Ahqaaf ini berkisar 47 orang yang tinggal di pondok Pesantren Al- Ahqaaf ini, dan memiliki tenaga pengajar sebanyak 15 orang.

Di dalam pondok pesantren ini juga bukan hanya menyediakan tentan ilmu agama saja, namun juga ada ilmu umum, seperti pontensi di bidang ekonomi, Industri kecil. Seiring dengan berkembangngnya zaman pondok Pesantren Al- Ahqaaf ini terus berkembang sampai pada akhirnya menjadi pondok pesantren yang maju.

6. Pesantren Nurul Yaqin

Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1960 oleh Syekh. H. Ali Imran Hasan. Pondok Pesantren Nurul Yaqin ini terletak di Korong Ringan Ringan Nagari Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.

Di dalam pondok pesantren yang ada di Padang Pariaman ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang lengkap dan jenjang pendidikan mulai dari SMA sampai dengan SMP ada di pesantren ini.

7. Pesantren Al-Marhamah

Pondok pesantren Al-Marhamah adalah pondok pesantren yang terletak di kalimantan tengah. Pondok pesantren Al-Marhamah ini awalnya belum berkembang. Seiring dengan berjalannya waktu Pondok pesantren Al- Marhamah ini semakin berkembang dan menjadi Pondok pesantren yang terkenal di kalimantan. Santri yang ada di pondok ini juga cukup banyak.

Penguru yang ada di Pondok pesantren Al-Marhamah ini juga banyak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pondok.

8. Pesantren Raudhah Salafiyah

Pondok Pesantren Raudhah Salafiyah adalah salah satu pondok yang terletak di Jl. Brigjend. H. Hasan Baseri Desa Pasar Senin Kec. Amuntai Tengah Kab. Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan.

Pondok Pesantren Raudhah Salafiyah adalah salah satu pondok pesanten yang ada di Hulu Sungai Utara dengan menyedikan pendidikan non formal yang bertujuan untuk mempertahankan nilai-nilai pendidikan keagamaannya tersebut. Di daerah sekitar pondok ini juga menyelenggarakan program wajib belajar pada usia 9 tahun.

9. Pesantren Darul Ma’rifah

Pondok pesantren Darul Ma’rifah ini terletak di Jl. Cilik Riwut Km 2,2 Sampit, Baamang Mentawa Baru Hulu, Mentawa Baru atau ketapan, Kabupaten Kotawringin Timur, Kalimantan Tengah.

Di dalam pondok ini tidak hanya menyediakan pendidikan tenatang agama islam saja, namun juga pendidikan umum ada di pondok pesantren Darul Ma’rifah ini. Maka dari itu tidak heran jika banyak yang ingin menambah ilmunya di pondok pesantren ini.

10. Pesantren Nurul Hijrah

Pondok Pesantren Nurul Hijrah adalah salah satu pondok yang terkenal di pulau sumatra. Pondok ini menyediakan keperluan pendidikan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang ada di pondok pesantren tersebut. 

11. Pesantren Al-Fajar

Pondok Pesantren Al-Fajar adalah salah satu pondok yang memiliki keunikan tersendiri, diantaranya adalah pondok ini kerab meraih beberapa prestasi. Memenangkan perlombaan di berbagai daerah, hingga membuat pondok Pesantren Al-Fajar ini menjadi sangat terkenal.

Pondok pesantren ini dahulunya hanya pondok pesantren yang sederhana, namun seiring berkembangnya zaman pondok ini menjadi lebih luas dan santrinya pun menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

12. Pesantren Nurul’Ain

Pondok pesantren Nurul’ Ain adalah adalah salah satu pondok yang menyediakan bukan hanya tentang ilmu agama saja namun juga ilmu umum. Pondok Pesantren Nurul’ Ain ini berada di daerah Kalimantan.

Pondok Pesantren Nurul’ Ain dapat dibilang sebagai salah satu pondok pesantren yang terkenal di sana. Karena banyak sekali warga yang menitipkan anak santrinya agar dapat mencari ilmu di pondok Pesantren Nurul’ Ain ini. Maka dari itu tidak heran jika pondok ini semakin hari dapat di sebut dengan pondok Pesantren yang berkembang.

13. Pesantren Nurul Qomariyah

Pondok Pesantren Nurul Qomariyah adalah salah satu sebutan untuk pondok yang terkenal di pulau Kalimantan ini. Pondok ini menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap sesuai kebutuhan santri.

Pengurus yang ada di pondok pesantren Nurul Qomariyah ini juga cukup banyak sehingga tidak perlu takut jika kekurangan guru pengajar di pondok ini. Di pondok pesantren Nurul Qomariyah ini juga terdapat berbagai macam jenjang pendidikan dari mulai TK sampai dengan SMA ada di pondok pesantren Nurul Qomariyah ini.

14. Pesantren Libasuttaqwa

Pesantren Libasuttaqwa adalah pondok pesantren yang sangat terkenal dari tahun ketahun. Pondok Pesantren Libasuttaqwa ini memiliki berbagai cabang yang ada di pulau Kalimantan. Maka dari itu tidak heran jika pondok Pesantren Libasuttaqwa disebut sebagai pondok Pesantren yang berkembang.

Di dalam pondok ini juga terdapat pendidikan mulai dari jenjang TK sampai SMA jadi bukan hanya tentang pendidikan agama namun juga ada pendidikan umum.

15. Pesantren Ashlinatul Amin

Pondok Pesantren Ashlinatul Amin adalah salah satu pondok yang ada di pulau Kalimantan dan pondok yang ini sendiri telah memiliki banyak santri dan pondok yang semakin berkembang mengikuti adanya zaman yang ada.

16. Pondok Pesantren Darul Ilmi

Daftar lainnya tentang adanya nama pondok pesantren terbaik di Kalimantan ialah PonPes Darul Ilmi yang berlamatkan di Jalan Ahmad Yani, Landasan Ulin Bar., Kecamatan Liang Anggang, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Pesantren di Kabupaten Banjar dengan sistem pendidikan yang modern memberikan peluang baik untuk masa depan putra/putri anda.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai refrensi tentang nama-nama pondok pesantren di Pulau Kalimantan baik yang menrapkan sistem pendidikan modern ataupun salafiyah. Semoga melalui informasi ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan bagi pembaca.

Posting Komentar untuk "16+ Pondok Pesantren Terbaik di Kalimantan yang Modern/Salafiyah"