Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Kotawaringin Timur Yang Bagus

Pesantren di Kotawaringin Timur

Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan daerah yang beribukota di Sampit. Luas kabupaten ini yaitu 16.496 km². 

Wilayah di kabupaten Kotawaringin Timur ini mengunggulan wisata budaya dan keindahan alam agar senantiasa menjadi daya tarik para wisatawan. Selain itu, kabupaten ini juga memiliki sejumlah objek pariwisata diantaranya yaitu rumah betang, arung jeram, pantai ujung pandaran, dan lain-lain. 

Pesantren di Kotawaringin Timur

Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan daerah yang tidak hanya mengembangkan bidang perekonomian saja. Akan tetapi juga memperhatikan bidang pendidikan agar selalu maju dan salah satunya yaitu lembaga pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren.

Ponpes di kabupaten Kotawaringin Timur yaitu ada 22 pesantren yang menempati beberapa kecamatan seperti kecamatan tualan hulu, mentaya hilir selatan, mentaya hilir utara, teluk sampit, dan sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kotawaringin Timur

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Kotawaringin Timur adalah;

1. Darul Amin

Pondok Pesantren Darul Amin beralamat di Jl. H.M Arsyad Km 3,5 Sampit Kalteng. Santri yang ada di pondok pesantren Darul Amin jumlahnya telah mencapai ratusan yaitu sekitar 545 santri dengan adanya 27 ustadz yang membimbing. 

2. Darul Aitam 

Pondok Pesantren Darul Aitam beralamat di Jl. H.M. Arsyad (Teratai 4) Sampit. Jumlah santri yang belajar di ponpes Darul Aitam yaitu ada sekitar 65 orang. Sedangkan untuk jumlah tenaga pengajarnya sendiri yaitu ada 5 orang. 

3. Zainul Amin

Pondok Pesantren Zainul Amin beralamat di Jl. D.I. Panjaitan Gg. Delima 8. Pondok pesantren Zainul Amin mempunyai santri yang berjumlah 22 orang dengan 6 guru yang mengajar. 

4. Nurul Yaqin 

Pondok Pesantren Nurul Yaqin beralamat di Jl. Suka Bumi Barat No. 122 Rt. 23. Pesantren Nurul Yaqin diketahui telah memiliki 73 santri dengan 7 orang guru yang membimbing. 

5. Al Marhamah

Pondok Pesantren Al Marhamah beralamat di Jl. Tjilik Riwut Km. 2,5 Sampit. Jumlah santri yang berada di pondok pesantren Al Marhamah yaitu ada sekitar 228 orang. Sedangkan untuk jumlah ustadz yang mengaar yaitu ada 14 orang. 

6. Raudah Salafiah

Pondok Pesantren Raudah Salafiah beralamat di Jl. Cristopel Mihing, Rt 55 Rw 5 Baamang Tengah. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Raudah Salafiah yaitu ada sebanyak 67 orang dengan 7 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut. 

7. PP. Darul Ma`rifah 

Pondok Pesantren PP. Darul Ma`rifah beralamat di Jl. Tjilik Riwut Km.2,2 Sampit. Pesantren ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 341 orang dengan 19 guru yang membimbing. 

8. Nurul `Ain

Pondok Pesantren Nurul `Ain beralamat di Jl. Muchran Ali No.18 Rt.21 Rw.06 Kel. Baamang Tengah. Ponpes Nurul ‘Ain mempunyai santri yang berjumlah 33 orang dengan 6 guru yang mengajar. 

9. Al Fajar Parenggean

Pondok Pesantren Al Fajar Parenggean lokasinya berada di di Jl.Sabrani. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes Al Fajar Parenggean mencapai ribuan orang atau sekitar 1.967 santri. Sedangkan tenaga pendidik di ponpes ini jumlahnya ada sebanyak 85 orang. 

10. Nurul Hijrah

Pondok Pesantren Nurul Hijrah beralamat di Jl. Padat Karya Rw. 20 Basirih Hilir Samuda. Pondok pesantren Nurul Hijrah diketahui telah memiliki santri yang berjumlah 36 orang dengan 6 guru yang mendidik.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Semoga bisa berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Kotawaringin Timur Yang Bagus"