Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Hulu Sungai Utara

Pondok Pesantren di Hulu Sungai Utara

Luas wilayah kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu mencapai 915,05 km². Pada catatan sejarah, kabupaten Hulu Sungai Utara ini dikenal sebagai pusat Kerajaan Negara Dipa. Selain itu kabupaten Hulu Sungai Utara juga memiliki fauna khas yang menjadi ikonik di wilayah ini. Nama fauna tersebut yaitu itik mamar dan kerbau rawa. 

Pesantren di Kabupaten Hulu Sungai Utara

Kabupaten Hulu Sungai Utara juga merupakan daerah yang memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren.

Masing-masing ponpes di kabupaten ini tersebar di beberapa kecamatan seperti pada kecamatan Sungai Pandan, kecamatan Amuntai Selatan, kecamatan Amuntai Tengah, kecamatan Amuntai Utara, kecamatan Paminggir dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Hulu Sungai Utara

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Hulu Sungai Utara adalah; 

1. Al-Abadiyah

Pondok Pesantren Al-Abadiyah beralamat di Jln Kali Sambujur RT.001. Jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Al-Abadiyah yaitu ada sekitar 224 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidik yang mengajar ada 9 orang.

2. Al-Karamah

Pondok Pesantren Al-Karamah beralamat di Gang Al-Karamah Rt 02. Ponpes yang satu ini telah memiliki 245 santri dan 12 ustadz yang membimbing. 

3. Shalatiyah

Pondok Pesantren Shalatiyah beralamat di Jl. Keramat No. 137. Santri yang belajar di ponpes Shalatiyah jumlahnya mencapai 395 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing ada sekitar 21 orang. 

4. Kasypul Anwar 

Pondok Pesantren Kasypul Anwar beralamat di Jln. Jermani Husin Desa Rantau Bujur. Selain itu ponpes ini juga telah memiliki 420 santri yang belajar di pesantren dan ada sebanyak 22 ustadz yang mengajar. 

5. Rasyidiyah Khalidiyah 

Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah beralamat di Jl. Rakha Po.Box. 102. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren Rasyidiyah Khalidiyah yaitu ada 129 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada sebanyak 7 orang. 

6. Nurul Fajeri

Pondok Pesantren Nurul Fajeri beralamat di Jl. Sirajul Huda Rt. 01 No. 13. Ponpes Nurul Fajeri memiliki jumlah santri laki-laki sebanyak 139 orang dan santriwatinya mencapai 166 orang. Sedangkan tokoh pendiri ponpes ini yaitu bernama KH Moh Janawue. 

7. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum beralamat di Jl. Brigjend H. Hasan Basri Rt.01 No.031 Kembang Kuning. Tokoh pendiri pondok pesantren ini bernama KH Sutera Ali. Sedangkan jumlah santri yang belajar di ponpes yaitu ada sebanyak 936 santri dengan pembagian 378 santri laki – laki dan 558 santri perempuan. 

8. Ar-Raudhah

Pondok Pesantren Ar-Raudhah beralamat di Jl. Brigjend H. Hasan Baseri Km.03 No. B37 Rt. 06 Desa Pasar Senin. Ponpes ini diketahui sudah memiliki 693 santri dan 34 ustadz yang mengajar di pesantren. 

9. Asy-Syafiiyah

Pondok Pesantren Asy-Syafiiyah beralamat di Jl. Istirahat No. 51 Sungai Pandan Hilir. Pesantren ini berhasil didirikan oleh seorang tokoh yang bernama H. Baderun. Kemudian untuk santrinya sendiri yaitu telah mencapai ratusan orang yang terdiri dari 300 santri laki-laki dan 336 santri perempuan. 

10. Mathlaul Anwar

Pondok Pesantren Mathlaul Anwar beralamat di Jl.Rantau Bujur Hilir. Tokoh pendiri pondok pesantren Mathlaul Anwar yaitu bernama KH Muhammad. Sedangkan jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini yaitu ada sekitar 495 santri laki-laki dan 289 santri perempuan.

Hanya itu saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan. Semopga berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Hulu Sungai Utara"