Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Banjar

 

Pesantren di Kabupaten Banjar

Ibu Kota kabupaten Banjar yaitu berada di Martapura. Kabupaten Banjar dalam bidang perekonomian sebagian besar masyarakatnya bekerja di sektor pertanian. Selain itu di kabupaten Banjar juga ada beberapa lagu daerah yang berjudul sungai martapura, hura ahui, dan kembang barenteng. 

Masyarakat di kabupaten Banjar ini mayoritas berasal dari suku etnis Banjar. Akan tetapi ada pula beberapa masyarakat yang berasal dari suku lain seperti suku Madura, suku Jawa, dan suku Sunda. 

Pondok Pesantren di Banjar

Pondok pesantren di kabupaten Banjar umumnya memiliki ciri dan karakternya masing-masing. Akan tetapi secara keseluruhan, ponpes di Banjar memiliki tujuan yang sama yaitu mencetak generasi muda yang paham ilmu agama, berakhlak mulia, dan berwawasan luas. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Banjar

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kalimantan selatan, khususnya Kabupaten Banjar adalah:

1. Pondok Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran 8

Pondok Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran 8 beralamat di Jl. Muslim gg. Sa'adah III Rt.19 Rw.05. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan agama islam yang menggabungkan pendidikan atau pengetahuan umum dengan pengetahuan agama islam agar para santri memperoleh wawasan pengetahuan secara lebih luas.

Selain itu jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada sekitar 148 orang dengan 11 tenaga pendidik yang mengajar di pesantren. 

2. Pondok Pesantren Tahfizh Amanah Umat

Pondok Pesantren Tahfizh Amanah Umat beralamat di Jl. Ahmad Yani Km.10 No.58. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren ini yaitu ada sebanyak 123 orang dengan 7 guru yang membimbing.  

3. Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah beralamat di Desa Keladan Baru. Pesantren Darul Falah diketahui telah memiliki ribuan santri yaitu mencapai 1.092 santri. Sedangkan untuk jumlah tenaga pendidiknya yaitu ada sebanyak 46 orang.

4. Ahsanul Insan

Pondok Pesantren Ahsanul Insan beralamat di Jl Handil Lima. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren Ahsanul Insan yaitu sekitar 501 santri, sedangkan jumlah guru yang membimbing ada 25 orang. 

5. Manbau`ul `Ulum

Pondok Pesantren Manbau`ul `Ulum berdiri pada tanggal 28 Agustus 1985 dan beralamat di Jl.Mahligai Km 7.200. Pondok pesantren ini diketahui memiliki 427 santri dengan 22 guru yang membimbing. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti para santri di ponpes ini antara lain yaitu kajian kitab kuning, pramuka, beladiri, kaligrafi, hadrah dan lain sebagainya. 

6. Asshirotol Mustaqim 

Pondok Pesantren Asshirotol Mustaqim beralamat di Jl. Transmigrasi Rt.3 Cintapuri. Santri yang ada di pesantren ini yaitu berjumlah 393 orang. Sedangkan jumlah gurunya yaitu ada sebanyak 21 orang. 

7. Miftahul Khair

Pondok Pesantren Miftahul Khair beralamat di Desa Kupang Rejo. Pondok pesantren Miftahul Khair diketahui memiliki 232 santri dengan 14 ustadz yang mengajar. 

8. Raudhatul Athfal Al-Ihsaniyah

Pondok Pesantren Raudhatul Athfal Al-Ihsaniyah beralamat di Jl. Gunung Padi Sungkai Baru Rt .03. Santri yang belajar di pondok pesantren Raudhatul Athfal Al-Ihsaniyah yaitu ada sekitar 222 orang. Sedangkan untuk jumlah guru yang membimbing yaitu ada sebanyak 9 orang.  

9. Raudhatul Ulum

Pondok Pesantren Raudhatul Ulum beralamat di Padang Luas Desa Mangkauk. Pesantren ini diketahui telah mempunyai 259 santri dengan 16 ustadz yang membimbing. 

10. Muro''atushshibyan

Pondok Pesantren Muro''atushshibyan beralamat di Jln. Dalam Pagar Kamasan RT. 01 NO. 43 Desa Dalam Pagar 70617. Santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Muro’atushshibyan jumlahnya ada 333 orang dengan 16 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga saja mampu memberikan wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Banjar"