10 Pondok Pesantren di Kabupaten Padang Pariaman yang Terbaik

Pesantren di Kabupaten Padang Pariaman

Orangtua merupakan seseorang yang telah melahirkan dan membesarkan seorang anak dengan penuh kasih tanpa rasa pamrih sedikitpun. Justru orangtualah yang selalu mendoakan kebaikan dan kebahagiaan seorang anak. Kadang kala harapan orangtua hanyalah ingin melihat anak-anaknya sukses baik didunia maupun diakhirat. 

Sehingga ada sebagain kalangan orangtua yang lebih menekankan pendidikan agama agar anak memiliki pemahaman agama islam lebih baik dan mengerti tujuan hidup yang sesungguhnya ialah kembali kepada Sang Kuasa. Pondok pesantren merupakan salah satu cara yang dipilih orangtua untuk mendidik dan membentuk anak-anaknya agar memiliki bekal ilmu dunia maupun akhirat dengan baik. 

Pesantren di Kabupaten Padang Pariaman

Salah satu pondok pesantren yang sudah dikenal oleh masyarakat luas adalah ponpes di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini beribu kota di Kota Pariaman. Sedangkan jumlah pesantren di wilayah ini ada sebanyak 31 pesantren dengan jumlah santri sekitar 2.756 berasal asli dari kabupaten tersebut, sedangkan sebanyak 543 berasal dari luar daerah. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Padang Pariaman

Berikut dibawah ini daftar pesantren di Kabupaten Padang Pariaman adalah :

1. Subulussalam

Pondok Pesantren Subulussalam berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Subulussalam beralamat di Lubuk Pandan Kampung Panyalai. Santri yang ada di pesantren Subulussalam yaitu ada sebanyak 104 orang dengan 7 ustdz yang membimbing. Selain itu fokus dari pondok pesantren ini yaitu mencetak generasi tahfidz quran. 

2. Nurul Yaqin Ambung Kapur

Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapur berdiri pada tahun 1996. Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapur beralamat di Jl. Ampalu Padang Sago Ambung Kapur. Pesantren ini memiliki jumlah santri yang cukup banyak yaitu ada sekitar 329 santri dengan 18 ustadz yang mengajar. 

3. Pend. Luhur Mata Air 

Pondok Pesantren Pend. Luhur Mata Air berdiri pada tahun 1950. Pondok Pesantren Pend. Luhur Mata Air beralamat di Sarang Gagak dan mempunyai jumlah santri sebanyak 92 santri. Sedangkan guru atau ustadz yang mengajar ada sebanyak 6 orang. 

4. Hidayatul Islam

Pondok Pesantren Hidayatul Islam berdiri pada tahun 1983. Pondok Pesantren Hidayatul Islam beralamat di Jl. Raya Sei Geringging. Jumlah santri yang ada di pesantren Hidayatul Islam kurang dari 100 orang yaitu hanya sekiytar 55 santri dengan 6 ustadz atau pengajar.

Kemudian visi dari ponpes ini yaitu mewujudkan pusat pendidikan Islam panutan yang bisa melahirkan generasi rabbani sebagai khalifah di bumi.

5. Bustanul Muhaqiqin

Pondok Pesantren Bustanul Muhaqiqin berdiri pada tahun 1995. Pondok Pesantren Bustanul Muhaqiqin beralamat di Pulau Air Sikucur. Selain itu ponpes ini juga memiliki santri sebanyak 110 orang dan pengajar atau ustadz berjumlah 7 orang. 

6. Darul Hidayah 

Pondok Pesantren Darul Hidayah berdiri pada tahun 1985. Pondok Pesantren Darul Hidayah beralamat di Kampung Tangah Barangan. Sedangkan jumlah santri yang ada di ponpes Darul Hidayah yaitu ada sekitar 97 santri dengan 6 ustadz atau pengajar. 

7. Darul Ulum Kp. Panas

Pondok Pesantren Darul Ulum Kp. Panas berdiri pada tahun 1968. Pondok Pesantren Darul Ulum Kp. Panas beralamat di Simp. Tiga Kampung Panas Pakandangan. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sebanyak 86 orang dengan 6 ustadz yang menjadi pengajar. 

8. Jamiatul Mukminin 

Pondok Pesantren Jamiatul Mukminin berdiri pada tahun 1984 dan loaksinya berada di Simpang Tiga Sintuk. Sedangkan jumlah santrinya ada sekitar 64 santri dan jumlah ustadz yang mengajar ada 6 ustadz.

Selain itu didirikannya pesantren ini salah satu tujuannya yaitu untuk melakukan pembangunan moral generasi masa depan bangsa. 

9. Madrasatul Ulum Kampung Guci

Pondok Pesantren Madrasatul Ulum Kampung Guci berdiri pada tahun 1945. Pondok Pesantren Madrasatul Ulum Kampung Guci beralamat di Kampung Guci Lubuk Pandan. Santri yang ada di ponpes ini berjumlah 88 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

10. Madrasah Miftahul Istiqamah

Pondok Pesantren Madrasah Miftahul Istiqamah berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Madrasah Miftahul Istiqamah beralamat di Sungai Asam Sicincin. Sedangkan untuk jumlah santrinya sendiri, ponpes ini mempunyai santri sebanyak 85 orang dengan 6 ustadz yang mengajar.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatra Barat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Padang Pariaman yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel