6+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tangerang yang Terkenal


Kabupaten Tangerang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten yang terletak di sebelah barat Provinsi DKI Jakarta. Beribukota di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang ini sejatinya memiliki lembaga pendidikan yang cukup lengkap, termasuk pondok pesantren. Nah, berikut ini daftar nama pondok pesantren di Banten, khususnya wilayah Kabupaten Tangerang yang perlu Anda ketahui.

Pesantren di Tangerang


Pondok pesantren yang ada di Tangerang cukup banyak dan tersebar di seluruh wilayah di Tangerang. Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, pesantren di Kabupaten Tangerang juga menyediakan lembaga pendidikan formal untuk para santri dan masyarakat sekitar.

Selain fasilitas yang lengkap, beragam kegiatan ekstrakurikuler juga disediakan untuk mengembangkan ketrampilan santri.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tangerang


Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tangerang dapat membantu Anda dalam memilih pesantren. Info mengenai alamat pesantren serta pendidikan yang akan diperoleh bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih pesantren di Tangerang.

Pondok Pesantren Al Fattah

Pondok Pesantren Al Fattah merupakan pondok pesantren yang menerapkan sistem islamic boarding school. Pesantren ini terletak di Jalan Arya Jaya Sentika, Pasir Bolang, Tigaraksa, Tangerang. Selain santri belajar ilmu agama, santri juga bisa melanjutkan pendidikan formal di tingkat pendidikan SMP, SMA, dan SMK.

Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqien Tangerang

Pesantren Darul Muttaqien Tangerang memiliki 2 cabang pesantren yang ada di Kabupaten Tangerang.

Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqien 1 terletak di Cadas Sepatan Tangerang. Sedangkan Pondok Pesantren Darul Muttaqien 2 terletak di Jalan Raya Cadas-Kukun, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Pesantren ini dimulai bagi santri yang telah lulus SD yang akan memasuki jenjang pendidikan SMP.

Jenjang pendidikan formal di pesantren ini ada 2, yaitu SMP dan SMA. Sedangkan untuk kurikulum yang dianut mengacu pada kurikulum pesantren salafiyah dan modern, serta kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan.

Selain fasilitas yang cukup lengkap, santri juga bisa mengembangkan diri melalui beragam kegiatan ekstrakurikuler yang ada, seperti olahraga, pramuka, komputer, beladiri, pidato 3 bahasa, multimedia, dan kesenian.

Pondok Pesantren Al Mansyuriyah

Pondok Pesantren Al Mansyuriyah merupakan pondok pesantren di Kabupaten Tangerang yang terletak di Mekarjaya, Sepatan, Tangerang.

Menggabungkan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional menjadikan santri tak hanya paham dengan ilmu agama islam saja, tetapi juga bisa melanjutkan pendidikan formal tingkat SMP dan SMA yang ada di wilayah pesantren.

Pondok Pesantren Al Hasaniyah

Pondok Pesantren Al Hasaniyah telah berdiri sejak tahun 1968 yang terletak di Jalan KH Muhammad Hasan No. 24, Rawalini, Teluknaga, Tangerang. Selain untuk memperdalam ilmu agama, santri juga dibekali pendidikan formal melalui lembaga pendidikan MTs dan MA yang ada di lingkungan pesantren.

Selain memiliki fasilitas dalam pesantren maupun sekolah yang cukup lengkap, pesantren juga memiliki pusat bahasa dan komputer serta perguruan tinggi yang bernama STISNU Nusantara. Tak hanya santri saja yang bisa memanfaatkan beragam lembaga pendidikan di kawasan pesantren, masyarakat sekitar juga bisa memperoleh fasilitas dengan mendaftar sebagai santri lau di Pesantren Al Hasaniyah.

Beragam kegiatan ekstrakurikuler juga tersedia untuk pengembangan diri santri, seperti bahasa asing, pramuka, ketrampilan wirausaha, jurnalistik, rebana, dan penelitian ilmiah.

Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Iman Ashopi (NIAS)

Pondok Pesantren NIAS merupakan pondok pesantren salafiyah di Kabupaten Tangerang, tepatnya di Jalan Sultan Hasanudin KM 1, Sarakan, Sepatan, Tangerang.

Selain santri bisa belajar memperdalam agama islam, disediakan pula beragam pendidikan formal maupun nonformal yang juga bisa diakses oleh masyarakat sekitar, seperti SD, TPQ, PAUD, SMP, serta program kesetaraan paket A, B, dan C.

Pondok Pesantren Al Hikmah

Pondok Pesantren Al Hikmah terletak di Kadu Jaya, Curug, Kabupaten Tangerang. Pesantren ini menggunakan kurikulum salafiyah yang mengedepankan ilmu nahwu dan shorof. Selain itu, Pesantren Al Hikmah juga fokus pada pendidikan Bahasa Arab, sehingga santri mampu menguasai Bahasa Arab sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tangerang dapat mempermudah Anda mencari referensi pesantren modern maupun pesantren salafiyah. Mengetahui fasilitas dan pendidikan yang ada di dalam pesantren bisa menjadi referensi untuk bahan pertimbangan Anda memilih pesantren di Tangerang.

Belum ada Komentar untuk "6+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tangerang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel