Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Terbaik Wilayah Tigaraksa di Kabupaten Tangerang

Pesantren di Wilayah Tigaraksa

Tigaraksa merupakan sebuah ibukota dari Kabupaten Tangerang. Kabupaten ini termasuk salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Banten dan letaknya berada di sebelah barat Provinsi DKI Jakarta. Beribukota di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang ini pada dasarnya mempunyai lembaga pendidikan yang cukup lengkap dan salah satu diantaranya yaitu pondok pesantren.

Pesantren di Tigaraksa

Pondok pesantren yang ada di daerah Tigaraksa atau kabupaten Tangerang ini jumlahnya cukup banyak dan tersebar di berbagai daerah di Tangerang. Pondok pesantren yang ada di Tigaraksa ini selain digunakan untuk memperdalam ilmu agama islam, ternyata juga menyediakan lembaga pendidikan formal yang memberikan ilmu pengetahuan umum lainnya kepada para santri.

Daftar Pondok Pesantren di Tigaraksa

Daftar pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tanggerang, khususnya daerah Tigaraksa antara lain ialah;

1. Pondok Pesantren Al Fattah

Daftar pertama pondok pesantren yang ada di Tigaraksa ialah Pondok Pesantren Al Fattah. Pesantren yang satu ini termasuk jenis pondok pesantren yang menerapkan sistem islamic boarding school. Lokasi atau alamat pesantren Al Fatah yaitu berada di Jalan Arya Jaya Sentika, Pasir Bolang, Tigaraksa, Tangerang.

Santri di ponpes ini selain memperoleh ilmu agama, ternyata juga dapat melanjutkan pendidikan formalnya dijenjang pesantren SMP, pesantren SMA, dan SMK.

2. Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqien mempunyai 2 cabang pesantren yang ada di Kabupaten Tangerang. Cabang pertama ialah Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqien 1 yang letaknya berada di Cadas Sepatan Tangerang.

Sedangkan cabang yang kedua adalah Pondok Pesantren Darul Muttaqien 2 yang beralamat di Jalan Raya Cadas-Kukun, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Pondok pesantren yang satu ini pada umumnya diikuti oleh santri yang telah lulus SD dan akan memasuki jenjang pendidikan SMP.

Selanjutnya, untuk jenjang pendidikan formalnay sendiri, pesantren ini memiliki 2 jenjang yaitu SMP dan SMA. Sedangkan mengenai kurikulumnya yaitu mengacu pada kurikulum pesantren salafiyah dan modern, beserta dengan kurikulum Departemen Agama dan Departemen Pendidikan.

3. Pondok Pesantren Al Mansyuriyah 

Pondok Pesantren Al Mansyuriyah lokasinya berada di di Mekarjaya, Sepatan, Tangerang. Kurikulum yang digunakan pada pondok pesantren Al Mansyuriyah yaitu penggabungan antara kurikulum pesantren dan kurikulum nasional menjadikan santri tak hanya paham dengan ilmu agama islam saja, tetapi juga bisa melanjutkan pendidikan formal baik di jenjang SMP maupun SMA.

4. Pondok Pesantren Al Hasaniyah

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Al Hasaniyah yang didirikan sejak tahun 1968. Alamat lengkap pondok pesantren yang satu ini yaitu berada di Jalan KH Muhammad Hasan No. 24, Rawalini, Teluknaga, Tangerang.

Para santri yang ada di pondok pesantren ini tidak hanya dibekali oleh ilmu agama saja, akan tetapi santri juga dibekali pendidikan formal meliputi lembaga pendidikan MTs dan MA yang ada di lingkungan pesantren.

Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di pondok pesantren ini diantaranya yaitu seperti bahasa asing, pramuka, ketrampilan wirausaha, jurnalistik, rebana, dan penelitian ilmiah.

5. Pondok Pesantren Salafiyah Nurul Iman Ashopi (NIAS) 

Pondok Pesantren NIAS merupakan pondok pesantren salafiyah yang berada di Tigaraksa, kabupaten Tangerang. Alamat lengkap ponpes ini berada di Jalan Sultan Hasanudin KM 1, Sarakan, Sepatan, Tangerang.

Pada pondok pesantren NIAS ini para santri juga bisa memperoleh pendidikan formal maupun nonformal yang dapat diakses oleh masyarakat sekitar, seperti SD, TPQ, PAUD, SMP, serta program kesetaraan paket A, B, dan C.

6. Pondok Pesantren Al Hikmah 

Daftar pondok pesantren di Banten, Tanggerang, khususnya Tigaraksa yang terakhir yaitu Pondok Pesantren Al Hikmah. Kurikulum yang digunakan pada pondok pesantren Al Hikmah yaitu kurikulum salafiyah yang mengedepankan ilmu nahwu dan shorof.

Pendidikan yang ada di Pesantren Al Hikmah ini juga memfokuskan pada pengajaran Bahasa Arab. Tujuannya agar para santri mampu menguasai Bahasa Arab yang nantinya dapat digunakan untuk melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pesantren yang berada di wilayah Tigaraksa di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Terbaik Wilayah Tigaraksa di Kabupaten Tangerang"