Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Ketapang yang Keren

 

Pesantren di Kabupaten Ketapang

Kabupaten Ketapang memiliki luas wilayah 31.240,74 km² dan beribukota di Kota Ketapang. Masyarakat yang ada di kabupaten Ketapang pada umumnya memperoleh penghasilan dari berbagai kegiatan ekonomi yang asalnya dari bisnis kayu, sarang burung walet, kelapa sawit, jasa perdagangan dan sebagainya. 

Selain itu Kabupaten Ketapang juga memiliki beberapa tempat pariwisata antara lain seperti kelenteng tua pek kong, tugu tolak bala, dan tugu ale-ale. Nama-nama kecamatan yang ada di kabupaten Ketapang diantaranya adalah kecamatan hulu sungai, marau, matan hilir selatan, dan lain-lain.

Pesantren di Ketapang

Pondok pesantren di Kalimantan Barat, terkhusus Kabupaten Ketapang pada dasarnya memiliki ciri khas masing-masing.

Selain itu setiap ponpes yang ada dikabupaten ini juga selalu meningkatkan kualitasnya agar dapat membentuk generasi muda yang berjiwa islam dengan wawasan pengetahuan yang lebih luas dan berakhlak karimah.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Ketapang

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Ketang antara lain adalah sebagai berikut ini : 

1. Nur Ilahi

Pondok Pesantren Nur Ilahi beralamat di Jl. Tunas Harapan RT.03/RW.01 Dusun Kinjil Desa Sei Kinjil.

2. Al-Baitul Atiiq

Pondok Pesantren Al-Baitul Atiiq didirikan pad ataun 1987 oleh KH. Hadrai. Alamat ponpes Al baitul Atiiq yaitu berada di Jalan Rahadi Isma'il. Pada awalnya tujuan didirikannya ponpes ini yaitu untuk mengajarkan kepada pada generasi muda mengenai agama dan pengetahuan umum lainnya.

Hingga saat ini pesantren semakin berkembang dan mempunyai beberapa kegiatan ekstrakurikuler seperti khitobah, kursus kaligrafi, madding, English club dan lain sebagainya.  

3. Raudhatul `Ulum

Pondok Pesantren Raudhatul `Ulum beralamat di Jl. Tamat Pematang Naning.

4. Nur Ilahi Sukaharja

Pondok Pesantren Nur Ilahi Sukaharja beralamat di Jl.Kapten Piere Tendean Kel.Sukaharja Kec.Delta Pawan 78851.

5. Hidayatul Muhajirin 

Pondok Pesantren Hidayatul Muhajirin beralamat di Jl Tanjung Pura Rrt/Rw,005/002.Ds Sungai Melayu Baru.

6. Hidayatul Muhajirin

Pondok Pesantren Hidayatul Muhajirin beralamat di Jl. Merdeka Desa Membuluh Baru.

7. Hidayatullah 

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Gajah Mada Dalam Gg. Sosial No.1 Rt/Rw. 029/005.

8. Al-Hidayah

Pondok Pesantren Al-Hidayah beralamat di Jl. Poros.

9. Al-Mujahidin 

Pondok Pesantren Al-Mujahidin didirikan pada taun 1999. Ponpes ini beralamat di Jl. Pinang Jaya Dusun Pematang Pinang. Lembaga pendidikan yang dijalankan antara lain yaitu TPA/TPQ, Madin Salafiyah, MI, SMP, dan Majlis Ta’lim.

Selain itu pesantren ini juga memiliki beberapa sarana prasarana seperti perpustakaan, ruang belajar, ruang kantor, masjid, dan lain-lain.

Visi pesantren Al-Mujahidin yaitu menciptakan generasi islam yang tangguh berakhlak dan mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin maju sekaligus menciptakan generasi muda pencipta dan pengabdi yang bertanggung jawab.

10. Mambaul Khairat

Pondok Pesantren Mambaul Khairat beralamat di Jalan Pulau Seribu Gang Pontren Kelurahan Kauman. Ponpes ini memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler antara lain seperti tahfidz al quran, diskusi ilmiah, hadrah, ketrampilan wirausaha dan lain sebagainya.

Selain itu para santri yang mondok di pesantren ini juga memperoleh fasilitas seperti masjid, aula, kantin, asrama, gedung sekolah, perpustakaan, dan lain-lain.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Ketapang yang Keren"