Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Mempawah

 

Pesantren di Mempawah

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di negara Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah. Selain itu daerah ini juga terdiri dari beberapa kabupaten salah satunya yaitu kabupaten Mempawah. 

Kabupaten Mempawah, diketahui pada awalnya bernama kabupaten Pontianak. Akan tetapi sekitar tahun 2011 nama kabupaten tersebut diubah menjadi kabupaten Mempawah karena memiliki nama yang persis dengan kota Pontianak. 

Pesantren di Mempawah

Kabupaten Mempawah memiliki pondok pesantren yang jumlahnya ada sebanyak 76 pesantren. Masing-masing pondok pesantren tersebut menempati beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Mempawah diantaranya seperti kecamatan Anjongan, Mempawah Hilir, Sadaniang, Sungai Pinyuh, Toho dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Mempawah

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Mempawah adalah :

1. Darut Tahid Iv 

Pondok Pesantren Darut Tahid Iv beralamat di Jl. Aswar Ulu Sungai Rt. 06 / Rw. 03 Sungai Bakau Besar Darat. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 101 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

2. Ahmad Dahlan Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Ahmad Dahlan Miftahul Ulum beralamat di Jln.Djohansyah Bakri. Pesantren Ahmad Dahlan Miftahul Ulum diketahui mempunyai santri sebanyak 176 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sekitar 9 orang. 

3. Babussalam

Pondok Pesantren Babussalam beralamat di Jl. Raya Peniraman Rt 07 Rw 04. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren ini jumlahnya mencapai 118 orang dengan 7 guru yang mengajar. 

4. PPS Dikdas Baiturrahim 

Pondok Pesantren PPS Dikdas Baiturrahim beralamat di Jl. Tengah RT. 06 RW. 03. Pesantren ini memiliki jumlah santri sebanyak 113 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sekitar 5 orang. 

5. Uswatun Hasanah

Pondok Pesantren Uswatun Hasanah beralamat di Jl. Panca Usaha Dusun Danau Peniraman. Santri yang belajar di pondok pesantren Uswatun Hasanah jumlahnya mencapai 124 orang. Sedangkan jumlah guru yang membimbing yaitu ada 7 orang. 

6. Babul Ulum 

Pondok Pesantren Babul Ulum beralamat di Jl. Simpang Empat Wajok Hilir Rt.002/Rw.009. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 98 orang dengan 6 tenaga pendidik yang ada disana.  

7. Ash-Sholihiyyah

Pondok Pesantren Ash-Sholihiyyah beralamat di Jalan Raya Anjungan. Selain itu pesantren ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 256 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

8. Darul Amal 

Pondok Pesantren Darul Amal beralamat di Parit Senambang. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Darul Amal yaitu ada sekitar 104 orang dengan 7 ustadz yang mengajar di pondok tersebut. 

9. Al Ishlah 

Pondok Pesantren Al Ishlah beralamat di Parit Wk Paik Rt.012 Rw.003. Sedangkan untuk santrinya sendiri, jumlahnya ada sebanyak 156 orang dengan 9 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut. 

10. Darut Tauhid III

Pondok Pesantren Darut Tauhid III beralamat di Parit Suka Maju. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 229 orang dengan 12 ustadz yang membimbing.

Nah, demikiahlah daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Mempawah"