5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Serang yang Terkenal


Kabupaten Serang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Banten dengan ibukota berada di Ciruas. Dengan penduduk mayoritas beragama islam, keadaan penduduk Serang hidup dalam kondisi yang agamis. Inilah yang membuat pertumbuhan pondok pesantren di Kabupaten Serang berkembang. Berikut daftar nama pondok pesantren di Banten, khususnya untuk wilayah yang ada di Kabupaten Serang sebagai rujukan tempat nyantri.

Pesantren di Serang


Perkembangan pesantren di Serang cukup banyak dan menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Serang. Dengan fasilitas yang ditawarkan dapat membantu Anda memilih pesantren yang juga tergantung pada biaya pendidikan yang harus dibayarkan. Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, di pesantren tetap diberikan pendidikan formal bagi yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Serang


Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Serang bisa membantu Anda untuk memilih pesantren dengan berbagai pertimbangan. Selain informasi mengenai alamat pesantren, ada juga informasi mengenai pendidikan di pesantren beserta kegiatannya.

Pondok Pesantren Al Mubarok

Pondok Pesantren Al Mubarok merupakan salah satu pondok pesantren di Kabupaten Serang, tepatnya di Jalan KH Ahmad Latif No.07, Cimuncangm Sumur Pecung. Pesantren ini menggunakan sistem pembinaan 24 jam dnegan mengkombinasikan kurikulum pesantren dengan kurikulum nasional.

Tidak hanya belajar tentang agama islam saja, pesantren juga menyediakan lembaga pendidikan formal, seperti SMP. Selain itu, ada juga panti asuhan untuk anak yatim/piatu dan koperasi pesantren dan TPQ yang bisa diakses oleh masyarakat sekitar.

Pondok Pesantren Modern Assa’adah

Terletak di Pasirmangu, Cikeusal, Kabupaten Serang, Pondok Pesantren Assa’adah telah berdiri sekitar tahun 1960-an.  Dibangun untuk mempersiapkan cendekiawan muslim yang berakhlakul karimah, Pondok Pesantren Assa’adah mengintegrasikan kurikulum Pondok Pesantren Gontor dan kurikulum nasional.

Hal ini tidak hanya membuat santri mendapatkan ilmu agama saja, tetapi juga bisa melanjutkan pendidikan di jenjang SMP dan SMA.

Fasilitas yang tersedia pada pesantren juga cukup lengkap. Selain adanya gedung asrama yang nyaman, ada juga berbagai fasilitas olahraga untuk kegiatan pengembangan diri santri.

Santri juga bisa mengikuti beragam kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, muhadoroh, pengembangan sains, pengembangan seni dan olahraga, serta pengembangan diri  mengenai bahasa.

Pondok Pesanten Nur El Falah

Pondok Pesantren Nur EL Falah berlokasi di Kubang Jaya, Petir, Kabupaten Serang. Didirikan sejak tahun 1943, Pondok Pesantren Nur El Falah menggunakan sistem berbasis teknologi untuk memberikan informasi kepada orangtua santri agar bisa memantau kegiatan dengan cara online.

Menariknya, di pesantren ini santri terlebih dahulu akan dites sidik jarinya untuk mengetahui potensi dan cara belajar santri.

Selain memperdalam ilmu agama islam, pesantren juga menyediakan lembaga pendidikan formal. Pendidikan formal yang ada di pesantren ini mulai dari tingkat MI, MTs, SMP, MA, SMA, SMK, dan perguruan tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Agama Islam KH Abdul Kabier (STAIKHA).

Selain itu, santri juga bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan diri, seperti olahraga, rebana, kaligrafi, jurnalistik, dan ketrampilan wirausaha.

Pondok Pesantren Ardaniah

Terletak di Jalan Pesantren, Panggung Jati, Taktakan, Serang. Pesantren ini merupakan perpaduan antara pesantren salafiyah dan pesantren modern yang mengakidahkan pada ahlus sunnah wal jamaah.

Tak hanya untuk memperdalam ilmu agama islam saja, pesantren ini juga mendirikan lembaga pendidikan formal, mulai dari MTs, SMP, MA, SMA, dan SMK.

Selain adanya program tahfidz Quran dan pengembangan kitab kuning, santri juga bisa mengembangkan ketrampilan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Adapun kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih santri adalah olahraga, marching band, nasyid, dan marawis.

Pondok Pesantren Al Manshur Darunnajah 3

Pondok Pesantren Al Manshur Darunnajah 3 terletak di Jalan Raya Palika KM.3, Pabuaran, Serang. Pesantren ini memiliki program 6 tahun mulai dari lulusan SD hingga santri bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan SMP dan SMA.

Selain fasilitas yang nyaman, ada juga BMT, pusat kesehatan pesantren, dan koperasi pesantren untuk memenuhi kebutuhan santri dan masyarakat sekitar. Selain itu, santri juga bisa memilih kegiatan ekstrakurikuler sebagai kegiatan pengembangan diri.

Dengan mengetahui informasi daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Serang dapat membantu memilih pesantren terbaik versi Anda. Melihat informasi fasilitas dan sistem pendidikan dapat menjadi pertimbangan memilih pesantren di Kabupaten Serang.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Serang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel