Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Daftar Kampus yang Ada Pondok Pesantrennya

Kampus yang Ada Pondok Pesantren

Pada umumnya menjadi mahasiswa akan melakukan rutinitas kuliah di dalam kelas. Akan tetapi ketika menjadi mahasiswa dengan berbagai aktivitas lain sambil kuliah adalah pilihan. Beberapa orang ada yang memilih menjadi mahasiswa dengan berwirausaha, ada pula yang mengikuti kegiatan komunitas atau organisasi. Namun jangan salah, bahwa mahasiswa juga bisa memilih melakukan kegiatan kuliah sambil nyantri di pesantren mahasiswa.

Oleh karena itulah sejatinya banyak universitas ataupun kampus yang tersedia pondok pesantren. Tentusaja hal ini difungsikan agar lulusannya bukan hanya siap bekerja namun memiliki akhlak yang baik.

Universitas yang Ada Pondok Pesantren

Di Indonesia sendiri, universitas atau kampus yang memiliki program ponpes memang belum terlalu banyak jumlahnya. Akan tetapi sudah ada beberapa instasi yang memiliki program pondok pesantren bagi mahasiswa.

Sehingga kegiatan kuliah sambil mondok bukanlah hal yang asing di sebagian besar kalangan masyarakat kita. Untuk lebih jelasnya mengenai kampus mana yang ada pondok pesantren mahasiswa di Indonesia, maka simak lebih lanjut artikel dibawah ini. 

Daftar Kampus yang Ada Pondok Pesantren

Berikut dibawah ini yang termasuk universitas atau kampus yang ada pondok pesantrennya adalah: 

1. Institut Agama Islam Cipasung (IAIC) Tasikmalaya

Institut agama islam cipasung atau IAIC yang ada di Tasimalaya. Perguruan Tinggi Islam ini merupakan kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Cipasung dan didirikan oleh KH. Ruhiat.

Perlu diketahui bahwa kampus ini termasuk salah satu kampus yang menjadi referensi untuk siapapun yang ingin belajar di bangku perkuliahan sambil menjadi santri di Pesantren Tasikmalaya, khususnya bernama Cipasung. Selain itu pesantren yang satu ini termasuk pesantren salafi dan alamat lengkapnya berada di Jl. Mukhtamar NU XXIX No.1, Cipasung, Tasikmalaya.

2. Universitas Negeri Siliwangi (UNISIL) 

Kedua yaitu Universitas Negeri Siliwangi atau UNISIL yang ada di kota Tasikamalaya. Pada awalnya kampus ini merupakan kampus swasta yang mempunyai berbagai fakultas. Akan tetapi, pada tahun 2015 Universitas Negeri Siliwangi berubah status dari swasta ke negeri.

Selain itu, para mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus ini juga bisa sambil mondok di pondok pesantren Ibnu Siena Tasikmalaya. Pondok pesantren tersebut lokasinya tepat berada di depan Universitas Negeri Siliwangi. 

3. STIABI Riyadlul Ulum

Ketiga yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Adab dan Budaya Islam atau STIABI berada di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum Wa da’wahh yang dikenal dengan pesantren Condong.

Kampus dan pondok pesantren ini beralamat di Kampung Condong, Kelurahan Setianegara, Kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya. Pondok pesantren ini meminta mahasiswanya untuk kuliah dan wajib mondok di pesantren. Selain itu prodi yang ada di Kampus STIABI yaitu baru ada dua seperti Sejarah Peradaban Islam dan Sastra Arab.

4. Universitas Cipasung Tasikmalaya (UNCITAS)

Keempat yaitu Pondok pesantren cipasung yang mempunyai kampus umum yaitu UNCITAS atau awal mulanya bernama STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi). Umumnya para mahasiswa yang kuliah di universitas cipasung Tasikmalaya dapat mondok di pesantren cipasung.

Alasannya karena jarak kampus dan pondok pesantren sangat dekat. Oleh karena itu, mahasiswa selain bisa memperoleh pengetahuan umum juga dapat memperdalam ilmu agamanya. 

5. Ma'had 'Aly Pesantren Maslakul Huda fi Ushul Al Fiqh

Pondok Pesantren Maslakul Huda yang berada di daerah Kajen, Pati, Jawa Tengah. Program pendidikan yang ada di kampus dan ponpes di Pati ini ialah  program takhasus Fiqh wa Ushuluhu (Fiqh dan Ushul Fiqh).

6. Pondok Pesantren Al Anwar Sarang 

Pondok pesantren ini berada di dareah Rembang, Jawa Tengah. Sedangkan program pendidikannya yaitu berupa takhasus Tasawwuf wa Thariqatuhu (Tasawwuf dan Tarekat). Oleh karena itulah untuk kalangan pelajar yang ingin tinggal di pesantren rembang sekaligus kuliah bisa di pendidikan ini.

7. Ma'had 'Aly Al Hikamussalafiyah

Ketujuh yaitu Pondok Pesantren di Cirebon, khususnya bernama Madrasah Hikamussalafiyah (MHS) yang berada di daerah Cirebon, Jawa Barat. Program pendidikan  dengan program takhasus Fiqh wa Ushuluhu (Fiqh dan Ushul Fiqh),

8. Pondok Pesantren Manonjaya

Kedelapan yaitu pondok pesantren Manonjaya yang berada di Ciamis, Jawa Barat. Program pendidikan di pesantren Ciamis ini sendiri yaitu takhasus Aqidah wa Falsafatuhu (Aqidah dan Filsafat Islam).

9. Ma'had 'Aly Salafiyah Syafi’iyah 

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah yang terletak di Situbondo, Jawa Timur, dengan program takhasus Fiqh wa Ushuluhu (Fiqh dan Ushul Fiqh). Oleh karena itulah bagi masyarakat yang ingin tinggal di pesantren wilayah Situbondo sekaligus kuliah bisa di Pesantren Salafiyah Syafi'iyah.

10. Pondok Pesantren Tebuireng

Terakhir adalah pondok pesantren Tebuireng yang berada di Jombang, Jawa Timur, dengan program takhasus Hadits wa Ulumuhu (Hadits dan Ilmu Hadits). Bahkan untuk lulusan dari pesantren di wilayah Jombang yang juga kuliah juga banyak menjadi tokoh nasional. Seperi halnya dengan Agus Herlambang mantan ketua Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII).

11. Pondok Pesantren Darul A'mal Lampung

Informasi tentang adanya universitas yang ada pondok pesantrennya di Provinsi Lampung ialah PonPes Darul A'mal Kota Metro yang memiliki kampus dengan nama Institut Agama Islam Darul A'mal (IAIDA) Lampung. Pondok pesantren terbaik di Metro ini juga mememiliki beberapa jurusan untuk urusan kampusnya dari yang berbasis keagamaan sampai umum.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantern yang memiliki perguruan tinggi ataupun universitas baik negeri ataupun swasta. Semoga saja bisa berguna ya.

Posting Komentar untuk "11+ Daftar Kampus yang Ada Pondok Pesantrennya"