5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tasikmalaya yang Terbaik

Pesantren di Tasikmalaya

Sebagian orang mungkin belum mengetahui jika tidak sedikit pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal dan membekali para santrinya dengan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Namun, pesantren yang tetap mempertahankan metode klasik pun tidak sedikit.

Semua pesantren tentu memiliki visi dan misi berbeda namun dengan satu tujuan yang sama yaitu menghasilkan sumber daya manusia yang beriman, berilmu dan berakhlak baik. Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tasikmalaya pun terdiri dari berbagai jenis pesantren dan metode pembelajaran.

Pesantren di Tasikmalaya


Jumlah pesantren di Tasikmalaya sekitar 100 lebih baik pesantren salafiyah, ashriyah, dan lainnya. Jika Anda ingin putra atau putrinya fokus pada pengkajian kitab-kitab klasik dengan kiai sebagai figur utama, maka Anda dapat mendaftarkannya di pesantren salafiyah.

Namun, untuk yang ingin putra atau putrinya mendapatkan pendidikan pesantren dan sekolah formal dalam satu yayasan, maka dapat mendaftar di pesantren modern.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tasikmalaya


Untuk lebih jelasnya, simak beberapa profil pesantren yang ada di Kabupaten Tasikmalaya berikut ini.

Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya

Pesantren yang terletak di Jalan Desa Tanjungkerta, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya ini didirikan oleh Abah Sepuh yang memiliki nama asli Syaikh Abdullah bin Nur Muhammad.

Pesantren yang cukup tua di Tasikmalaya ini berdiri pada tahun 1905 yang mengalami berbagai rintangan serta hambatan pada awal pendiriannya. Seiring waktu berjalan, pesantren ini sangat berkembang dan memiliki berbagai lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal.

Pendidikan formal umum Pesantren Suryalaya Tasikmalaya yaitu TK, SMP, SMA, SMK, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah, dan Pengajian Tradisional.

Sedangkan pendidikan formal keagamaan meliputi Madrasah Aliyah Keagamaan, MA, MTs, dan Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah.

Untuk keterangan lebih lanjut dan informasi pendaftaran, Anda dapat menghubungi 0265 – 454830, 455801 atau mengunjungi situs http://www.suryalaya.org.

Pondok Pesantren Cintawana

Berikutnya ada Pesantren Cintawana yang didirikan pada masa kolonial Belanda yaitu pada tahun 1917. Kini, pesantren ini diasuh oleh KH. Asep Sujai Farid yang merupakan cucu dari pendiri pesantren.

Nama pesantren sendiri cukup unik yaitu wana yang berarti hutan, sedangkan jika digabung cintawana artinya adalah cinta hutan.

Hal tersebut dikarenakan pada saat itu lokasi dimana pesantren berada merupakan hutan belantara dan dijadikan sebagai tempat persembunyian para pejuang Indonesia dari tentara kolonial. Pondok Pesantren Cintawana juga mendirikan lembaga pendidikan formal, yaitu SMP, SMA, dan SMK.

Pesantren ini beralamat di Jalan Garut – Tasikmalaya, Desa Singaparna, Kecamatan Tasikmalaya, nomor telepon +62 265 545414.

Pondok Pesantren Sukahideng

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tasikmalaya selanjutnya terletak di Bageur RT 16/04, Desa Sukarapih, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya.

Sebenarnya nama pesantren ini aslinya lumayan panjang, yaitu Pondok Pesantren Perguruan KH Z. Musthafa Sukahideng yang didirikan oleh KH Zainal Muhsin pada tahun 1922.

Sepeninggal beliau, kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh putra, putri, dan menantu beliau hingga saat ini. Pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pesantren ini terdiri dari MTs dan MA, sedangkan lembaga non formal meliputi madrasah diniyah, tahassus pendalaman kitab kuning, dan tahfidzil qur'an.

Pondok Pesantren Cipasung

Pesantren yang beralamat di Jalan Kyai Haji Rukhyat, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Tasikmalaya ini didirikan oleh KH. Ruhiat pada tahun 1931.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Cipasung membangun berbagai lembaga pendidikan non formal seperti madrasah diniyah dan kaderisasi pendakwah (muballigh).

Sedangkan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pesantren ini meliputi jenjang pendidikan TK hingga perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Bahrul Ulum

Pesantren satu ini didirikan pada tahun 1920 oleh KH Masduki dengan nama Pondok Pesantren Awipari.

Nama pesantren diganti dengan Bahrul Ulum pada tahun 1970an. Selain itu, sistem pembelajarannya pun diubah yang awalnya hanya menggunakan sistem salafiyah, kini juga menggunakan sistem pembelajaran kholafiyah.

PP Bahrul Ulum saat ini diasuh oleh KH Cecep Ridwan Busthomi yang beralamat di Jalan Awipari, Kecamatan Cibeureum, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Demikian informasi mengenai 5 daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tasikmalaya, sudahkah Anda menentukan pilihan untuk mendaftarkan putra/ putrinya belajar di pesantren mana?. Semoga ulasan ini bermanfaat. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tasikmalaya yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel