6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Situbondo yang Bagus


Kabupaten Situbondo merupakan salah satu daerah yang ada di Provinsi Jawa Timur yang pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Situbondo. Jawa Timur memang salah satu provinsi dimana terdapat pesantren-pesantren besar dan sangat populer di Indonesia.

Kabupaten Situbondo juga menjadi kabupaten yang memiliki banyak pondok pesantren sama seperti daerah-daerah lain di Jawa Timur. Untuk daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Situbondo, informasi detailnya berikut ini.

Pesantren di Kabupaten Situbondo


Alamat pondok pesantren di Kabupaten Situbondo dapat ditemukan dengan mudah di 17 kecamatan yang ada di kabupaten ini. Contohnya seperti Kecamatan Panarukan, Situbondo, Bungatan, Banyuputih, Banyuglugur, Jatibanteng, Panji, Mangaran, Besuki, Suboh, Mlandingan, Sumber Malang, Kendit, Kapongan, Arjasa, Jangkar, dan Asembagus.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Situbondo


Di bawah ini deretan daftar pesantren di Jawa Timur, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Situbondo Jawa Timur, yaitu:

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah

Ini merupakan salah satu pondok yang sangat populer di Kabupaten Situbondo, tepatnya terletak di Sukorejo, Sumberejo, Kecamatan Banyuputih 68374, dengan nomor telepon (0338) 562666. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo telah ada sejak tahun 1908 yang didirikan oleh K. Syamsul Arifin. Saat ini, PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo diasuh oleh KH R. Achmad Azaim Ibrahimy sejak tahun 2012.

Berikut ini daftar lembaga pendidikan yang ada di PP Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo baik formal maupun non-formal, antara lain:

  1. Lembaga Pendidikan Islami, terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Madrasatul Qur’an, serta Madrasah I'dadiyah.
  2. Lembaga Pendidikan Umum, terdiri dari Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan SMK.
  3. Perguruan tinggi, terdiri dari Institut Agama Islam, Ma’had Aly, Akademi Perikanan, Akademi Komputer dan Informatika, Akademi Kebidanan, dan Program Pascasarjana.


Pondok Pesantren Wali Songo

Pondok Pesantren selanjutnya terletak di Jalan Basuki Rahmat No. 7 Kecamatan Panji, nomor telepon (0338) 670723, bernama ponpes Wali Songo.

Pondok pesantren yang dibangun di atas lahan seluas 10 hektar ini berdiri sejak tahun 1993 oleh KH. Kholil As’ad.

Jumlah santri yang ada di PP Wali Songo sekitar 5000an orang. Pondok pesantren ini memiliki program pendidikan formal yaitu dari MI hingga MA, dan non-formal brupak Madrasah Dinniyah dan Tahfidz Qur'an.

Pondok Pesantren Tanjung Rejo

Pondok Pesantren Tanjung Rejo adalah salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Situbondo yang populer. Pondok Pesantren Tanjung Rejo didirikan oleh KH Ghufron Ali Imrony dengan Nyai Siti Robi’ah pada 29 Maret 1960.

Pondok pesantren yang beralamat di Desa Tanjung Glugur RT 01 RW 02, Mangaran, Situbondo ini juga menyelenggarakan sejumlah pendidikan formal. Lembaga pendidikan tersebut, seperti RA Fathus Salafi, MI Fathus Salafi, MTs Fathus Salafi, MTs Fathus Salafi Putri, serta MA Fathus Salafi.

Pondok Pesantren Salafiyah Dawuhan

Pondok pesantren berikutnya adalah PP. Salafiyah Dawuhan yang didirikan oleh KH. Abd Rasyid pada awal tahun 2012 atas desakan para jama’ah pengajiannya. Pada saat awal berdiri, sekitar 11 santri yang mondok di sini dan semakin lama jumlah tersebut meningkat hingga 100 lebih hanya dalam hitungan bulan.

Pondok Pesantren Salafiyah Dawuhan berada di Jalan Sucipto RT 05 RW 04, Dawuhan, Kabupaten Situbondo 68311, Provinsi Jawa Timur.

Pondok Pesantren Nurul Huda

Pondok pesantren di Situbondo selanjutnya adalah Ponpes Nurul Huda yang didirikan sejak tahun 1974 oleh Habib Musthafa Al-Jufri di Desa Peleyan Kecamatan Kapongan. Asrama para santri dan gedung sekolah di ponpes ini berdiri kokoh di atas lahan seluas 17 hektar.

Letak gerbang pesantren di sebelah timur asrama santri putra dan berada di luarnya gedung sekolah TK, Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda, serta Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda.

Pondok Pesantren Nurul Hikam

Selain sebagai pondok pesantren, Nurul Hikam merupakan sebuah yayasan pendidikan yang meliputi lembaga sosial, dakwah, dan pengembangan masyarakat.

Yayasan PP. Nurul Hikam didirikan pada tahun 1984 yang terletak di Desa Kesambirampak, Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Beberapa lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikam, yaitu RA, MI, MTs, MA, MDA, LPABA, serta Thoriqoh.

Itulah beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Situbondo, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi terkait. Anda berminat mendaftarkan putra atau putrinya mondok di pesantren?

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Situbondo yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel