4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Rembang yang Terkenal

Pesantren di Rembang

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mendidik para generasi penerus bangsa menjadi manusia yang bertaqwa, berilmu, dan berakhlak baik. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal memiliki banyak pondok pesantren ternama adalah Rembang.

Rembang sendiri merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Apa saja daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Rembang, berikut informasi selengkanya.

Pesantren di Rembang


Di Kabupaten Rembang, ada banyak pondok pesantren yang tidak hanya terkenal di Jawa tengah, melainkan seluruh Indonesia. Para kiai pemimpin pondok pesantren di kabupaten ini tidak jarang didatangi para petinggi negara untuk dimintai nasehat dan petuah.

Rembang adalah salah satu kabupaten di Jawa tengah yang menjadi tujuan banyak orang yang ingin menuntut ilmu di pesantren.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Rembang


Berikut ini beberapa profil pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Rembang, baik salafiyah, khalafiyah, maupun kombinasi, yaitu:

Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang

Siapa yang tidak kenal dengan Mbah Maimoen, ulama serta kiai besar yang mendirikan Pesantren Sarang atau PP Al Anwar. KH. Maimoen Zubair atau yang akrab dipanggil Mbah Moen selalu mendapat kunjungan dari berbagai petinggi negara bahkan bapak presiden.

Pendiri Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang dan sekaligus ulama NU panutan ini baru saja wafat dan membuat sebagian besar masyarakat Indonesia berduka.

Pondok Pesantren Al-Anwar menggunakan metode salaf meskipun kini sudah tidak banyak pesantren yang masih menggunakan metode klasik tersebut. Terdapat 10 jenjang pendidikan untuk para santri yang mondok di Pesantren Sarang.

Ribuan santri yang belajar di sini berasal dari berbagai daerah di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Pesantren Al Anwar terletak di Karangmangu, Kabupaten Rembang, nomor telepon (62) 0356-411321. Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mengunjungi situs http://ppalanwar.com.

Pondok Pesantren Kauman

Pondok Pesantren Kauman didirikan pada tanggal 21 November 2003 oleh KH. M. Za'im Ahmad Ma'shoem. Pada awal pendirian, pesantren ini hanya memiliki 5 santri, yaitu 2 santri putra dan 3 santri putri.

Namun, seiring berjalannya waktu jumlah santri meningkat tajam. Pesantren yang berlokasi di Kauman Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang ini menyelenggarakan pendidikan formal dan non-formal. Pendidikan formal tersebut meliputi MA Al Hidayat Lasem dan STAISA Kampus “U” Lasem.

Sedangkan pendidikan non-formal di PP Kauman Rembang meliputi TPQ Kumala dan Madin Al Qawmaniyyah.

Pondok Pesantren Raudlatut Tholibin

PP Raudlatut Tholibin adalah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Rembang yang akan diulas berikutnya. Pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1942 oleh KH. Bisri Mustofa ini memiliki ciri khas yaitu nahwu shorof.

Pada awalnya, pondok pesantren ini menggunakan sistem tradisional dimana kiai menjadi figur sentral. Namun, saat diasuh oleh KH Cholil Bisri serta KH Mustofa Bisri, sistem manajemen PP Raudlatut Tholibin berkembang dengan membuat yayasan bernama ‘Al Ibriz’.

Meski manejemen pesantren dikelola di bawah yayasan, kiai tetap berfungsi sebagai figur sentral yang memimpin serta mengambil keputusan.

Materi kajian kitab yang wajib diikuti semua santri PP Raudlatut Tholibin diantaranya tauhid, nahwu, sharaf, fiqh, ushul fiqh, balaghah, tafsir alqur’an, hadits, ahlak/tasawuf, dan banyak lainnya.

Pesantren ini berlokasi di tengah-tengah perkampungan warga dan tidak jauh dari pusat kota Kabupaten Rembang tepatnya di Desa Leteh, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Pondok Pesantren Alhamdulillah

Pesantren selanjutnya merupakan salah satu pesantren ternama di Rembang yang terletak di Desa Kemadu, Kecamatan Sulang atau di Jln. Rembang-Blora 14 km. Pesantren ini didirikan oleh K.H Ahmad Syahid bin Sholihun yang memiliki dua lokasi pesantren, yaitu pesantren putra di sebelah barat ndalem (rumah kiai). Sedangkan lokasi pesantren putri di sebelah timur ndalem.

Nama Pesantren Alhamdulillah konon karena beliau gemar sekali mengucapkan lafadz tersebut sehingga pesantren pun dinamai demikian.

Para santri yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren Alhamdulillah tidak hanya dibekali berbagai ilmu tentang Agama Islam melainkan berwirauaha. PP Alhamdulillah menyediakan berbagai kegiatan usaha dan keterampilan seperti konfeksi, peternakan sapi, budi daya jamur, tempat pembuatan tahu, mesin jahit dan bordir.

Selain keempat daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Rembang, masih ada puluhan pondok pesantren lainnya di kabupaten ini. Semoga hadirnya artikel yang memberikan kelengekapakn informasi ini bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Rembang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel