5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Cirebon yang Terkenal

Pesantren di Cirebon

Kabupaten Cirebon adalah pintu gerbang Jawa Barat. Di sini banyak petani beras yang menjadikan wilayah sebagai penghasil beras terbesar di kawasan pantura. Tak hanya itu, Cirebon juga disebut gudang pondok pesantren. Ini bisa dilihat dari daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cirebon yang cukup banyak.

Pesantren di Kabupaten Cirebon


Di Cirebon ada ribuan santri yang tersebar di ratusan ponpes. Mereka tidak hanya belajar ilmu agama islam tetapi juga ilmu umum. Bahkan latihan komputer dan bela diri menjadi eskul rutin di pondok.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Cirebon


Pondok pesantren di Kabupaten Cirebon dibangun untuk mencetak santri berilmu, beradap dan berakhlak. Maka dari itu, kurikulum pendidikan yang diampu tidak keluar dari basis ajar tersebut. Berikut nama pondok pesantren di kabupaten Cirebon yang bisa dikunjungi:

Ponpes Mambaul Ulum Cirebon

Pondok pesantren Mambaul Ulum adalah pondok klasik di Cirebon. Sebab lembaga ini diresmikan tahun 1970 beberapa saat pasca transisi orde lama ke orde baru.

Di pondok ini ada Tarbiyatul Mu’allimien Al Islamiyah yang dibangun bersamaan dengan MI, MTS dan Aliyah. Jangan  khawatir lembaga diperkuat fasilitas pembelajaran lengkap seperti laboratorium komputer dan kopotren.

Program unggulan pesantren Mambaul Ulum adalah kewirausahaan dan tahfidz Al Quran. Selain itu, para santri juga dilatih jurnalistik dan drumb band. Pondok ada di Jl. Nyi Ageng Serang Sindangmekar Kec. Dukupuntang Kab. Cirebon.

Ponpes Al Mubarokah

Pondok pesantren Al Mubarokah dibangun di area publik. Bahkan jalan depan pondok adalah jalur lintas kabupaten yang menghubungkan Cirebon dengan Ciledug.

Pesantren ini berdiri 15 Juni 1987 dengan santri sebanyak 40 orang. Di tahun 2014 santri bertambah menjadi 188 orang. Sekarang jumlah santri dan santriwati tentu lebih banyak.

Pondok yang bervisi melahirkan generasi muda berilmu dan berakhlak ini berada di Jalan Mbah Buyut Dalam Tapa Desa Karangmangu Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon. Jadi, jika ingin memondokkan putra putrinya bisa datangi alamat tersebut.

Pesantren Tarbiyatul Banin

Pesantren Tarbiyatul Banin mendidik santri menghafal Al Quran dan bahasa arab. Sehingga mereka bisa menjadi generasi penjaga kemurnian kitab suci yang berahlakul karimah.

Lembaga pendidikan yang dikelola di pesantren adalah MI, MTS, MA dan Madrasah Diniyah. Di luar itu juga dibangun Akademi Analisis Kesehatan yang diberi nama AAK An Nasher.

Di pondok pesantren Tarbiyatul Banin para santri diaktifkan dalam organisasi. Banyak dari mereka menjadi anggota osis dan didaftarkan di IPNU/IPPNU. Diharapkan dengan program ini santri tidak hanya berilmu tetapi juga memiliki kemampuan memanajemen diri dan keluarganya.

Pondok yang mengajarkan Marawis dan Qosidah ini berada di Kel. Kaliwadas, Sumber 45611, Cirebon.

Pondok An Nidhom

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cirebon yang ke lima adalah Pondok An Nidhom. Lembaga pendidikan islam yang didirikan ulama kharismatik Cirebon KH. Ja’far Shodiq.

Kajian utama di pesantren ialah bab-bab amaliyah islam sesuai syariah dipadukan dengan pendidikan akhlak dan adab. Maka dari itu, para santrinya santun serta menghormati para ulama dan kyai.
Pondok pesantren An Nidhom dibangun di area publik. Bahkan di sampingnya terdapat kampus IAIN Sjekh Nurjati yang terkenal di Cirebon. Jadi Anda bisa mengakses lembaga pendidikan islam ini dengan mudah.

Pondok yang rutin mengadakan kuliah subuh bersama masyarakat setempat ini berada di Sekarkemuning Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Ponpes Ulumuddin

Ponpes Ulumuddin adalah pesantren klasik di Kabupaten Cirebon. Pasalnya, lembaga ini berdiri tahun 1967 yang masih terus berjuang mendidik santri hingga sekarang.

Pesantren bisa dibilang besar. Bahkan sudah di bangun Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Shalahuddin Al Ayyubi untuk masyarakat. Jadi, jika santri ingin melanjutkan pendidikan tidak perlu keluar dari kawasan pondok.

Pesantren yang memiliki laboratorium dan klinik kesehatan ini berlokasi di Jl. KH. Bunyamin no 3 susukan, susukan Cirebon.

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Cirebon di atas dikemas dengan pola ajar salaf dan khalaf. Maka dari itu, alumninya tidak hanya beriman tetapi juga berwawasan. Semoga saja bermanfaat ya. Trimakasih,

1 Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Cirebon yang Terkenal"

  1. mohon maaf admin kami tidak sesuai dengan yang diberitakan diatas kami fokus pada pembelajaran intensif bahasa arab dan bahasa inggris

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel