Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Bekasi

Pondok Pesantren Tahfidz di Bekasi

Pada zaman seperti sekarang ini orangtua dapat memilihkan fasilitas terbaik bagi pendidikan anak – anaknya mulai dari sekolah formal hingga non formal sekalipun. Sekolah non formal sendiri salah satunya yaitu pondok pesantren dengan basis ilmu agama islam yang justru saat ini memiliki banyak peminatnya tersendiri.

Hal ini dikarenakan agar anak-anak selain mendapatkan bekal pendidikan ilmu secara umum, juga memperoleh pendidikan agama islam yang dapat digunakan dalam praktek kehidupan sehari-harinya di sekolah.

Pesantren Tahfidz Qur’an di Bekasi

Bekasi adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat dengan memiliki sentra industri yang sangat baik.

Selain sentra industri yang baik, kota ini juga dikenal mempunyai lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren dengan program-program tahfidz quran yang mampu mencetak hafidz maupun hafidzoh secara baik.

Daftar Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Bekasi

Berbicara mengenai pondok pesantren dengan program tahfidz quran, Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang mempunyai pondok pesantren tahfidz quran dengan kualitas yang cukup baik dan diminati oleh banyak masyarakat.

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Bekasi, yang khusus pada program tahfidz quran. Antara lain;

1. Pondok Pesantren An Nida Al Islamy

Daftar pondok pesantren tahfidz quran pertama yang ada di Bekasi adalah pondok pesantren an nida al islamy. Pesantren ini merupakan lembaga pendidikan agama islam yang didirikan oleh seorang ulama bernama Syekh Muhammad Muhadirin Amsar Addary.

Jenjang pendidikan pondok pesantren ini yaitu mulai dari TPA, MTs, MA, hingga STIT. Sedangkan untuk pendidikan non formalnya meliputi madarasah diniyah dan tahfidz quran.

Pesantren an nida islamy juga telah memiliki beberapa fasilitas yang mampu menunjang pendidikan para santri antara lain seperti asrama, lapangan, koperasi, laboratorium, perpustakaan, gudang, klinik kesehatan dan lain-lain. Alamat ponpes ini berada di Jl. Ir. H. Juanda Margahayu, Bekasi Timur Rt 01 Rw 07.

2. Pondok Pesantren An Nur Yapink

Daftar kedua pondok pesantren tahfidz quran di Bekasi adalah pondok pesantren an nur yapink yang alamatnya berada di Jl. Sultan Hasanudin No226, Bekasi, Jawa Barat.

Pondok pesantren an nur yapink didirikan sejak tanggal 20 Februari 1969 dan mempunyai jenis pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan formalnya meliputi TK, SMP, SMA, sedangkan untuk pendidikan non formalnya yaitu madrasah diniyah, tahfidzil quran, dan lain-lain. 

3. Pondok Pesantren Al Hidayah Al Mumtazah

Ketiga yaitu ada pondok pesantren al hidayah al mumtazah yang beralamat di Jl. Wibawa Mukti II Gg. H. Longkot Rt 05 Rw 01, Jatiluhur Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Pondok pesantren ini memiliki beragam kegiatan yang dapat diikuti oleh santri sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Kegiatan tersebut antara lain adalah pidata bahasa arab, bahsa inggris, bahasa indonesia, pengkajian kitab kuning, tahsin, tahfidz, marawis, hadrah, dan lain-lain.

4. Pondok Pesantren Tahfizh Al Hunafa

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren tahfizh al hunafa yang merupakan pesantren dengan manhaj ahlusunnah wal jamaah.

Alamat pondok pesantren ini berada di Serang Rt 03 Rw 06, Kecamatan Setu, Bekasi. Program khusus pada pesantren ini adalah tahfizh al quran 30 juz. Selain itu, pondok pesantren tahfizh al hunafa didirikan sejak tahun 2014 dengan jumlah santri yang mencapai ratusan orang.  

5. Pondok Pesantren Tahfizh Quran Abas

Berikutnya yaitu ada pondok pesantren tahfizh quran abas yang merupakan pesantren untuk lulusan SD/ MI. Pesantren ini pada dasarnya memiliki beberapa program unggulan yang salah satunya ialah tahfiz quran.

Sedangkan program-program unggulan tersebut dibuat agar mampu mencetak generasi yang memiliki karakter qurani, mandiri, dan unggul.

6. Pondok Pesantren Bustanul Quran Assuryaniyah

Terakhir yaitu ada pondok pesantren bustanul quran assuryaniyah yang merupakan pesantren dengan manhaj ahlussunnah waljamaah.

Program pendidikan di ponpes ini mengkombinasikan model pendidikan antara tsaqofah islam, sains, dan teknologi. Sedangkan untuk tingkat pendidikannya sendiri sudah diselenggarakan pada jenjang SD, SMP, dan khusus untuk menghafal quran atau takhoshshush.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren Tahfidz Qur’an yang berada di wilayah Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Semoga saja bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Bekasi"