5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi yang Terbaik

Pesantren di Bekasi

Kabupaten Bekasi termasuk kawasan propinsi Jawa Barat. Wilayah bersejarah ini memiliki kota administratif di Cikarang. Oleh karena itu, di kawasan inilah lembaga yang ada dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bekasi didirikan.

Pesantren di Bekasi


Pondok pesantren di Jawa Barat, khususnya Bekasi mengusung pendidikan salaf dan modern. Sedangkan Tahfidz Quran merupakan program wajib semua pesantren. Hal ini selaras dengan visi pondok yaitu mencetak santri cerdas dan berjiwa qurani.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi


Fasilitas di pondok pesantren Bekasi sangat lengkap. Semuanya disediakan untuk mempermudah para santri menyerap pelajaran. Makanya, hasil lulusannya benar-benar mumpuni. Bahkan mereka membuka pondok serupa di tempat tinggalnya. Ini dia pondok pesantren bermutu di Bekasi:

Pesantren Al Istighotsah Setu

Pesantren Al Istighotsah Setu merupakan lembaga islam terbaik di Bekasi. Pasalnya, pondok ini menggabungkan sistem ajar salaf dengan modern secara baik. Bahkan fasilitas yang disediakan juga lengkap.

Di pesantren sudah dibangun MI hingga Aliyah. Sedangkan pendidikan non formalnya hanya Majelis Taklim dan Tahfidz Quran. Ini dipadukan dengan kajian rutin sehabis subuh bersama masyarakat sekitar.

Di pondok ini para santri dididik wirausaha dan seni. Di antaranya koperasi santri serta latihan hadrah dan qiroah. Program lengkap inilah yang membuat pondok layak dijadikan pilihan. Pesantren yang melatih jurnalistik ini berada di Gardu Sawah Kali Jaya Cikarang Barat Bekasi.

Pesantren Yapink Bekasi

Pesantren Yapink adalah nama keren dari lembaga islam El Nur El Kasysyaf. Ini merupakan pondok tradisional yang berdiri tahun 1969.

Sekalipun sudah lama berdiri pihak pengasuh tetap eksis mencetak santri berkualitas. Bahkan beberapa lembaga baru dibangun untuk menampung santri yang tiap tahun bertambah.

Saat ini di pesantren dibangun lembaga formal yang lengkap. Bahkan perguruan tinggi islam juga ada dan diberi nama INISA. Di lembaga inilah para santri menimba ilmu lebih detail.

Fasilitas pembelajaran juga diperlengkap. Bahkan telah dibangun cafetaria untuk santri yang ingin makan-makan sehabis sekolah atau kuliah.

Pesantren yang memiliki laboratorium bahasa ini berada di Jl. Sultan Hasanudin 220 Tambun Sel Bekasi

Pesantren Nurul Huda Bekasi

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bekasi yang ke tiga adalah pesantren Nurul Huda. Ini merupakan pesantren modern yang memiliki RA dan MI.

Tak hanya itu, pada tahun 2012, pihak pengelola juga telah membangun SMK jurusan teknik dan Komputer. Ini semata untuk mencetak santri terampil dan memiliki wawasan teknologi.

Pondok dibangun di tanah seluas 2 hektar. Maka dari itu, di dalamnya dibangun fasilitas yang lengkap. Diantaranya lapangan futsal dan bola volly.

Bahkan sudah ada aula khusus membaca sholawat Ad Dibai secara berjamaah. Pesantren yang memiliki kopontren ini berlokasi di Jl Kojengkang Cikaregeman Setu Bekasi.

Pesantren Nur El Fadilah

Pesantren Nur El Fadilah adalah pondok yang berafiliasi ke NU. Dari sinilah kaderisasi nahdiyin Bekasi digalakkan untuk menemukan santri beriman sekaligus patriotis.

Di pesantren ini santri dididik ilmu agama sekaligus adab. Termasuk cara memperlakukan kedua orang tua dan guru. Karena falsafah pondok adalah santri yang baik adalah santri yang santun kepada kedua orang tua, para guru serta alim ulama.

Pondok ini mengusung sistem ajar terpadu antara salaf dan khalaf. Maka dari itu, yang diajarkan tidak hanya kitab kuning dan bahasa arab saja, biologi dan bahasa Inggris juga diajarkan.

Selain itu, juga ada pendidikan kewirausahaan seperti pertanian dan pertukangan. Ini untuk mencetak santri agar berbakat dan terampil.

Pesantren yang rutin ikut Bahtsul Masail dan taklim ini berada di Jalan HOS Cokroaminoto Kalijeruk Desa Kalijaya Kecamatan Cikarang Barat Bekasi.

Pesantren An Nida Al Islami

Pesantren An Nida Al Islami dulunya adalah pondok salaf. Karena perintisnya adalah ulama kharismatik Bekasi Syekh Muhammad Muhadjirin Amsar Addary yang telah menghasilkan kitab-kitab berbahasa arab.

Kini pesantren An Nida Al Islami menerapkan sistem pendidikan terpadu. Pendidikan formalnya saja sudah lengkap dari MI hingga Aliyah. Bahkan dibangun perguruan tinggi islam.

Pesantren yang menggodok pembelajaran tiga bahasa ini ada di jalan Ir. H. Juanda 124 A Kota Bekasi.

Dengan adanya daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bekasi di atas, kabupaten ini layak disebut wilayah religius di Jawa Barat. Oleh sebab itu, silakan dipilih yang terbaik jika ingin memondokkan putra-putrinya.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bekasi yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel