25+ Pondok Pesantren di Jawa [Terbaik & Terlengkap]


Pulau jawa adalah sebuah pulau yang terkenal memiliki banyak sekali pondok pesantren yang unggul, bahkan banyak juga masyarakat yang sengaja datang ke pulau jawa untuk mecari ilmu dan menjadi bagian didalamnya.

Pondok di Jawa


Pulau jawa ini terdapat beberapa pondok, diantaranya adalah pondok salafi dan juga pondok moderen. Yang di dalam pondok pesantrean tersebut telah memiliki sejumlah keunggulannya masing- masing.

Daftar Pondok Pesantren di Jawa


Adapun nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di pulau Jawa adalah sebagai berikut:

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep

Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep adalah salah satu bukti terbentuknya agama islam di daerah tersebut. Awal terbentuknya Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep ini adalah dari usaha pembangunan pendidikan agama islam yang telah di buat oleh Kiai Chotib yaitu kakek dari pembangunan lembaga pendidikan Islam yang ada di daerah peraduan tersebut. Kiai Chotib ini kurang lebih telah memimpin dan mengembangkan Pesantren Al Amien Prenduan Sumenep selama 14 tahun sampai pada akhirnya beliau wafat.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Alfalah Kediri

Pesantren Alfalah Kediri ini didirikan oleh KH Ahmad Djazuli Usman dan telah dibantu oleh Muhammad Qomar pada tahun 1925. Pesantren Alfalah ini berada di desa Karangkates Kecamatan Ploso Kabupaten Kediri.

Hingga samapai saat ini Pesantren Alfalah ini terus berkembang, bahkan dari luar Jawa pun ada yang memilih pesantren ini untuk menambah ilmu yang telah di milikinya tersebut.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Al Fatah Temboro Magetan

Sebelum Pesantren Al Fatah Temboro ini berdiri telah berdiri sebuah masjid yang diberi nama dengan masjid Al Fatah, Pada tanggal 1 mei 1939. Selain itu juga ada langgar yang telah di bentuk pada tahun 1930.

Kemudian KH. Shidiq Membongkar rumahnaya untuk di jadikan sebagai tempat pesantren, pada saat itu lah mulai terbentuklah pondok pesantren yang terdiri dari 12 lokal yang telah di tempati oleh 50 orang santri. Sampai saat ini pesantren ini terus berkembang.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Al Khairat Malang

Pada tahun 1963 Pesantren Al Khairat ini didirikan oleh KH. Syuhud Zayyadi. Di dalam pondok pesantren ini terdapat jenjang pendidikannya juga mulai dari pendidikan TK sampai SMA ada di Pesantren Al Khairat ini. Pesantren Al Khairat ini terletak di desa Karangsuko Kabupaten Malang. Desa Karangsuko ini berada di antara desa Gondanglegi dan juga desa Kepanjen.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren An Nuqayah Guluk-guluk Sumenep

Berkembangnya Pesantren An Nuqayah Guluk-guluk Sumenep ini merupakan salah satu dari adanya Lubangsa yang sampai saat ini telah berada di sebelas daerah. Dari dahulu sampai saat ini Pesantren An Nuqayah Guluk-guluk Sumenep ini telah di pimpin oleh Kiai Syarqawi.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren As Salafi Al Fitrah Surabaya

Pada tahun 1985 pondok pesantren As Salafi Al Fitrah ini berdiri. Awal mula dari berdirinya Pondok pesantren As Salafi Al Fitrah ini adalah dari di bongkarnya rumah Hadhratusy Syaikh KH. achmad Asrori Al Ishaqy RA.

Dan juga mushola yang kemudian di jadikan sebagai pesantren yang sampai saat ini berkembang sangat pesat. Kemudian baru setelah tahun 1990 ada beberapa santri yang datang untuk menambah ilmu yang dimilikinya tersebut, semakin lama pesantren ini semakin berkembang hingga akhirnya
pada tahun 1994 mengatur pendidikan dan pondok pesantren dengan kalsikal.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Bata – Bata Pemekasan

Pesantren Bata – Bata Pemekasan ini berdiri pada tahun 1943M atau 1363 H. Didirikan oleh RKH. Abd Majid yang merupakan putra dari RKH. Abd Hamid bin RKH Itsbat. Hampir 14 tahun RKH. Abd Majid ini memimpin pesantren ini hingga akhirnya berkembang sangat pesat.

Di pondok Pesantren Bata – Bata Pemekasan ini terdapat sekitar 700 santri dengan menggunakan sistem belajar adalah sorongan setiap kali waktu belajar tiba.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Darul ulum Jombang

Didalam pondok pesantren Pesantren Darul ulum ini telah memiliki beberapa kriteria dan tujuan masuk pesantren. Kriteria dasar ini dapat di jadikan sebagai salah satu pedoman untuk menggapai ilmu dengan benar.

Di pondok Pesantren Darul ulum ini terdapat jenjang pendidikan mulai dari TK sampai juga SMA. Didalam pondok ini juga di ajarkan sebuah keterampilan untuk mengasah skill atau kemampuan yang dimiliki oleh para santri.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Modern Gontor Ponorogo

Pesantren Modern Gontor Ponorogo ini adalah salah satu pondok modern yang telah terkenal di Indonesia. Cabang dari pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo ini juga sudah sangat banyak. Pesantren Modern Gontor Ponorogo ini berdiri pada tahun 1928.

Yang telah didirikan oleh tiga saudara yang juga berjasa untuk pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo ini. Tiga bersaudara itu adalah KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Zarkasy.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Ilmu Al-quran Malang

Pesantren Ilmu Al-quran ini terdapat di Singosari kabupaten Malang. Pesantren Ilmu Al- quran didirikan pada tanggal 1 mei 1978 oleh KHM. Basori Alwi Murtadlo. KHM. Basori Alwi Murtadlo ini adalah seorang yang telah mendirikan Jam’iyatul Qurro’ wal Huffadz yang telah berkembang sampai saat ini dan telah menciptakan banyak sekali para ahli alqur’an.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Langitan Tuban

Pesantren Langitan Tuban adalah pondok tertua yang ada di Indonesia. Pondok Pesantren Langitan Tuban ini berdiri sejak tahun 1852, yang berada di daerah Tuban Jawa Timur. Luas dari pondok Pesantren Langitan Tuban ini adalah sekitar 7 meter.

Sampai saat ini Pesantren Langitan Tuban semakin berkemabang dan terkenal di Indonesia. Pesantren Langitan Tuban pernah di pimpin oleh Kyai Abdullah Faqih yaitu ulama kharismatik bahkan banyak dari pejabat – pejabat tinggi yang ada di daerah tersebut segan dengan kiyai tersebut.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Lirboyo Kediri

Pondok Pesantren Lirboyo kediri merupakan salah satu pondok yang paling terkenal di daerah kediri. Pesantren Lirboyo kediri ini berdiri sejak tahun 1910 dan berada di Kecamatan Mojoroto, kota Kediri, Jawa Timur.

Nama pondok pesantren tersebut di ambil dari nama desa itu sendiri yaitu desa Lirboyo maka dari itu pondok pesantren ini di beri nama dengan Pesantren Lirboyo. Pendiri dari Pesantren Lirboyo kediri ini adalah Kyai Sholeh dan setelah itu baru di lanjutkan oleh KH. Abdul Karim yang berasal dari magelang, Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Memba’us Shalihin Suci Gersik

Awalnya Pesantren Memba’us Shalihin Suci Gersik ini adalah berupa surau yang sangat kecil yang hanya digunkan untuk tempat mengaji alqur’an dan juga belajar kitab- kitab saja. Kemudian Surau kecil tersebut dikembangkan menjadi sebuah pesantren oleh Al Mukarrom KH. Abdullah Faqih Suci yang berkembang sampai saat ini. Pesantren Memba’us Shalihin Suci Gersik ini didirikan sekitar tahun 1969.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Nurul Jadid Probolinggo

Pendiri dari pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo adalah KH. Zaini Mun’im. Beliau datang ke daerah Karanganyyar untuk menyiarkan islam. baru kemudian beliau berfikir untuk membangun sebuah pondok pesantre. Pada saat itu baru ada sekitar 30 santri yang menetap di pondok tersebut. Hingga sampai akhirnya berkembang sangat pesat sampai saat ini.

Pondok Pesantren Terbaik Yang Ada Di Pulau Jawa Adalah Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo adalah pondok pesantren yang didirikan oleh Kyai Syamsul Arifin pada tahun 1908. Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo ini adalah salah satu pondok yang paling besar yang ada di Pulau Jawa.

Demikianlah daftar nama-nama Pondok Pesantren di Pulau Jawa. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan informasi tentang tempat-tempat rekomendasi dalam memberikan pengajaran Agama Islam secara mendalam. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "25+ Pondok Pesantren di Jawa [Terbaik & Terlengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel