Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Papua Barat

Pesantren di Papua Barat

Sama seperti masyarakat di Papua, wilayah Papua Barat juga memiliki masyarakat yang mayoritas beragama kristen. Presentasi penduduk yang menganut agama islam sekitar 36 persen. Jumlah ini tentu terus dikembangkan oleh lembaga islam wilayah tersebut, salah satunya dnegan mendirikan pondok-pondok pesantren sebagai tempat untuk mengajarkan dan menyebarluaskan agama islam.

Oleh karena itulah, berikut ini akan dibahas tentang nama daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Papua Barat. 

Pondok Pesantren di Papua Barat

Wilayah yang dulunya bernama Irian Jaya Barat ini merupakan pemekaran dari wilayah Papua. Kekayaan alamnya yang indah menjadi salah satu daya tarik bagi Papua Barat. Keanekaragaman suku dan budaya yang masih terjaga juga menjadikan wilayah ini banyak dikagumi dan menjadi tujuan wisata alam maupun wisata kebudayaan. 

Kebudayaan yang ada di Papua Barat tentu sudah ada sejak beribu-ribu tahun lalu. Begitupun dengan sistem kepercayaan. Apabila sebagaian besar Provinsi di Indonesia memiliki penduduk yang mayoritasnya beragama islam, disini justru tidak. Agama islam menjadi agama mayoritas kedua setelah kristen. 

Hal tersebut tentu tidak menghambat para ulama dan pemuka agama di wilayah ini untuk tetap mengajarakan dan menyebarluaskan pendidikan agama islam kepada masyarakat. Didirikannya ponodk-pondok pesantren menjadi salah satu bukti keseriusan berbagai pihak dalam mengembangkan pendidikan berbasis agama islam di wilayah ini. 

Simak artikel berikut ini hingga akhir untuk mengetahui informasi terkait pondok-pondok pesantren yang ada di Papua Barat. 

Daftar Pondok Pesantren di Papua Barat

Daftar pondok pesnatren yang ada di Papua Barat antara lain: 

1. Pondok Pesantren Hidayatullah Fakfak

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso Distrik Pariwari, kampung Sekru, Kec. Fakfak, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Tidak hanya di Fakfak, pesantren Hidayatullah juga mendirikan banyak cabang di seluruh Kabupaten/kota di Papua Barat. 

Kabupaten Fakfak sendiri mnyelenggarakan jenjang pendidikan formal jenjang MTs yang dikhususkan untuk para santri puteri. Visi misi yang dijunjung adalah menjadikan santri Unggulan, Qurani, Tahfidzul Quran, smart, serta berkarakter. 

2. Pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyah 

Pesantren ini berlokasi di Jl. Soekarno Hatta Rt 01 Rw 02, kelurahan Makbusun, kec. Mayamuk, Sorong, papua Barat. Pesantren ini merupakan salah stau pondok pesantren di sorong yang masih menggunakan sistem tradisional sorongan dan wetonan. 

Pendidikan utama yang diajarkan berupa pembelajaran kitab kuning, amalan, doa, dan dzikir. Pendidikan formal yang disediakan berupa MI dan MTs serta pendidikan luar sekolah berupa madrsah Diniyah. Seacar umum, pembelejaran yang diajarakan terdiri dari Nahwu, Shorof, Fiqih, tauhid, dan akhlak. 

Para santri dituntut untuk mampu menguasai kitab tertentu. Metode pembelajaran kitab kuningpun dilakuakn secara beragam, salah satunya adalah menyimak dna tanya jawab. 

3. Pondok pesantren Nurul Yaqin 

Masih dari wilayah Sorong, berikutnya adalah pondok pesantren Nurul Yaqien yang beralamat di kelurahan Klain, Kecamatan Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Beridir sejak tahun 1994, pesantren ini menerapkan konsep pembelajarn nodern dengan memadukan pendidikan agama dan pendidikan fromal. 

Program pendidikan formal yang di selenggarakan berupa Madrasah Diniyah, SMP islam terpadu, dan Madrasah Aliyah. Selain sistem pendidikan formal, pesantren ini juga memiliki lembaga sosial berupa panti asuhan. Selain itu pesantren ini juga mengembangkan koperasi pondok pesantren, LM3 Peternakan, dan Pertaniann serta Perikanan. 

Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggrakan untuk para santri berupa Qira’atul Qur’an, Drumb Band, Bela Diri, serta Pramuka. 

4. Pondok Pesantren Roudhatul Khuffadz

Pesantren ini berlokasi berloaksi di Jl. Wortel Lorong Kakatua, kelurahan Malawele, Distrik Aimas, Kab. Sorong, Papua Barat. Pesantren yang berdiri sejak tahun 2006 ini memilili 3 jenjang pendidikan formal yaitu RA, MI, dan MTs, serta 3 program pendidikan nonformal yaitu Hafalan Al Quran, Kajian Kitab Kuning, dan Madin raoudlotul khuffadz. 

Pesantren di Sorong ini dibuka untuk santri putra dan santri putri dengan fasilitas penunjang seperti ruang pengajian, kopeasi, kebun hijau, lapangan olahraga, dan lainnya. Selain fasilitas pendidikan, para santri juga difasilitasi berbagai kebutuhan yang digunakan untuk mengembangkan sikap kewirausahaanyaitu pertanian, peternakan, perikanan, dan perkebunan. 

5. Pondok Pesantren Emeyodere

Pesantren ini berlokasi di Jl. Basuki Rahmat, Distrik Klasambi, Kec. Sorong Timur, Kab. Sorong, Papua Barat. Penerapan kurikulum di pesantren ini mengacu pada pengajaran kitab klasik atau kitab kuning. Berdasarkan sistem kurikulum yang diterapkan, pembelajaran yang diajarkan berupa Nahwu, sharaf, ushul fiqih, hadist, tafsir, tauhid, tasawuf, bahasa arab. 

Sama seperti pesantren tradisional pada umumnya, penggunaan sistem sorongan dan weton masih berlaku di pesantren ini. Berbeda dengan sistem pesantren yang tetap mempertahankan pendidikan secara tradisional, sekolah formla yang diselenggarakan sudah menggunakan kurikulum dari dinas pendidikan berupa K13. 

6. Pondok Pesantren Cahaya Islam Papua

Pesantren ini berlokasi di Jl. Frans Kaisiepo, Kelurahan Malaingkedi, Kec. Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat.pesantren ini terbilang baru karena baru didirikan pada tahun 2016. Sampai saat ini, pendidikan yang sudah dselenggarakan di pesantren ini adalah SMP dan jenjang SMA. 

Program pendidikan memadukan antara pendidikan nasional, pendidikan diniyah, serta hafalan Al Quran. Salah satu yang menarik di pesantren ini adalah adanya pelatihan panah bagi para santri. Terdapat pula ekstrakurikuler beladiri. Para santri di sini memiliki antusisa yang tinggi untuk belajar dan berlatih. 

7. Pondok Pesantren Al Ghuroba

Pondok pesantren yang menerapkan sistem pembelajaran modern ini berlokasi di Kelurahan Klasuluk, Kec. Mariat, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Tahun pembelajraan 2021/2022 jumah santri disini sudah mencapai 300 santri. 

Banyaknya jumlah santri tentu karena kualitas pendidikan yang diselenggarakan sudah bagus. Dalam prakteknya, pembelajaran dilakukan dengan 3 metode kurikulum yaitu kurikulum KMI Gontor, kurikulum dinas pendidikan, serta kurikulum tahfidz Quran. Pengelolaan pendidikan juga dilandaskan pada prinsip berdiri diatas dan untuk semua golongan. 

8. Pondok Pesantren Nurul Jannah 

Pesanten ini belokasi di Jl. Kebun Cengkeh, Manokwari, Papua Barat. Pesantren ini merupakan pesantren modern pertama yang menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum Gontor dan kurikulum pendidikan agama. 

Berbagai prestasi banyak diraih oleh para santri di pondok pesantren ini, salah satunya dari cabang bela diri yang berhasil memperoleh juara 2 dan 3 dalam perlombaan bintang pelajar Kab. Manokwari pada awal tahun 2022. Prestasi dari cabang lain juga banyak diraih seperti futsal dan panahan. 

Banyak pula program-program unggulan yang diselenggarakan seperti penggunaan dua bahasa yaitu Arab dan Ingris sebagai bahasa pengantar sehari-hari. Program-program unggulan seperti ini tentu akan menambah wawaan para santri. 

9. Pondok Pesantren Hidayatullah Kaimana

Beberapa cabang pondok Hidayatullah memang banyak terdapat di Provinsi Papua Barat, salah satunya Ponpes Hidayatullah yang berlokasi di Jl. Utarum Kampung Coa Distrik Kaimana, Kab. Kaimana, Papua Barat. Yayasan pondok pesantren Hidayatullah ini berintegrasi dengan MI dan SMP Luqman Al Hakim Kaimana sehingga lebih dikenal dengan Pondok Pesantren Luqman Al Hakim Hidayatullah Kaimana.

Program unggulan di pesantren ini berupa program Tahfidz 2-5 juz dengan biaya infaq 100 ribu per bulan. Berbagai prestasipun banyak diraih para santri di pondok pesantren ini, salah satunya adalah juara 1 dan 3 hifzhil Quran dari beberapa kategori. 

10. Pondok Pesantren Darul Atsar 

Pesantren ini berlokasi di JL. Anni Weho Distrik Matalamagi, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Barat. Perlu diketahui bahwa pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok ahlussunnah wal Jama’ah yang dalam praktiknya menggunakan manhaj salaf. 

Para santri dibimbing oleh para ulama khibar dan asatidzah yang kokoh manhaj dan pemahamannya di atas al Haq. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik dan nilai tambah tersendiri dari pondok pesantren ini. 

11. Pondok Pesantren Minhajut Tholibin

Pesantren ini berlokasi di Malawele, Aimas, Klasuur, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Barat. Lokasi pesantren ini cukup strategis yaitu berada di dekat pantai bagian barat pulau papua yang ramai dikunjungi para wisatawan. Hal tersebut menjadi salah satu keuntungan, karena dikenal loleh masyarakat luas. 

Selain lokasinya yang strategis, pesantren ini juga memiliki satu keunggulan lain yaitu adanay program magang ke Jepang. Selain mengenal lebih dalam tentang ilmu agama di  Jepang, tujuan utama program ini adalah ikut membantu program dakwah bil hal di Jepang. 

Program ini banyak diminati para santri. Selain bisa mengenal peradaban dan sejarah islam di sana, para santri juga bisa mencontoh sikap disipin dan sikap toleransi yang tinggi di Jepang. 

12. Pondok Pesantren Al Hikmah Annahdliyah

Pesantren yang dipimpin oleh KH Ahmad Misri ini berlokasi di Desa Warmon, Kecamatan Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Pesantren ini menggunakan metode Pendidikan Diniyah Formal. Sebagai informasi, metode pendidikan diniyah formal merupakan pendidikan pesantren yang berbasis pada kitab kuning. 

Berbagai kegiatan rutin selalu dilaksanakan di pesantren ini. Salah satunya adalah kegiatan rutn ngaji dan pembacaan sholawat al barjanji setiap malam minggu. Meskipun jumlah santri tidak banyak, namun kehadiran pesantren ini sangat membantu masyarakat sekitar untuk memperdalam ilmu agama islam. 

13. Pondok Pesantren Hidayatullah Manokwari

Satu lagi pondok pesantren Hidayatullah di Provinsi Papua Barat yang akan kita bahas. Pesantren Hidayatullah satu ini berlokasi di Jalan Trikora Arfai, Anday, Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Bangunan di pesantren ini didominasi warna hijau dengan kolam ikan besar di wilayah pondok yang membuat suuasana semakin asri. 

Pendidikan formal berupa madrasah yang disediakan pesantren ini tidak hanya diperuntukan bagi para santri tetapi juga bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, pesantren ini juga kerap kali membuka pengajian yang diperuntukan bagi masyarakat sekitar. Keberadaan pesantren di tengah-tengn pemukiman ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

14. Pondok Pesantren Darussalam Aimasi

Pesantren ini berlokasi di Jalan Gunung Semeru, Kampung Aimasi, Kec. Prafi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Program yang disedikan berupa program pendidikan yaitu Madrasah Diniyah, TPQ, Majelis Ta’lim, Majelis Khotmil Quran, serta majelis sholawat. 

Selain itu, program sosial juga ikut dikembangkan di pesantren ini. Salah satunya adalah pendirian panti asuhan. Untuk program pendidikan formal, pesantren ini mengutamakan pendidikan akidah dan akhlak serta pendidikan Al Quran. Terdapat pula program pengembangan bahasa asing dan komputer. 

15. Pondok Pesantren Darul Abror

Pesantren ini berlokasi di Desa Majener, Distrik Salawati, Kab. Sorong, Papua Barat. Pesantren ini mengginakan sistem pengajaran khas salafiyyah. Sistem pendidikan yang disediakan terbilang cukup bagus, pesantren ini juga kerap kali menjadi sentra kegiatan mahasiswa seperti program KKN oleh kampus sekitar. 

Pembelajaran kitab kuning masih menjadi pembelajaran utama di pesantren ini. Karena lokasinya yang dekat dengan pantai di sebelah barat Papua, pesantren ini juga mengajarkan pola kewirausahaan alam bidang maritim dan perikanan.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di Provinsi Papua Barat. Semoga saja bisa memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Papua Barat"