Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Pesantren Terbaik di Kota Sorong, Prov. Papua Barat

Pesantren di Kota Sorong

Siapa yang tidak kenal dengan kota Sorong? Kota terbesar yang ada di Papua Barat ini merupakan kota yang memiliki letak strategis. Hal ini karena kota Sorong merupakan pintu masuk dan keluarnya dari provinsi Papua Barat.

Selain itu di kota ini juga memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah. Sehingga bidang perekonomiannya dibantu dari berbagai sektor seperti pada sektor industri, perdagangan, jasa dan lain sebagainya. 

Pondok Pesantren di Sorong

Kota Sorong juga termasuk kota yang selalu memperhatikan tingkat pendidikan bagi setiap masyarakatnya. Sehingga dengan semaksimal mungkin di kota ini selalu berusaha meningkatkan kualitas pendidikan termasuk pada pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren.

Ponpes di kota Sorong sudah mampu membimbing ratusan santri yang nantinya diharapkan dapat memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat luas dengan bekal ilmu agama dan akhlak yang karimah.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Sorong

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren yang ada di Sorong adalah;

1. Darul Istiqamah

Pondok Pesantren Darul Istiqamah beralamat di Jl. Klamono. Km. 29. Banyaknya santri yang menimba ilmu agama di pondok pesantren Darul Istiqamah yaitu ada sebanyak 105 orang yang terbagi atas 50 santri laki-laki dan 55 santri perempuan. Sedangkan tokoh yang mendirikan ponpes ini bernama Drs. H. Alwi Rahim. 

2. Ponpes Hidayatullah

Pondok Pesantren Ponpes Hidayatullah berdiri pada tahun 1991. Pondok Pesantren Ponpes Hidayatullah beralamat di Jln. Supriadi Sp Iii Kelurahan Makbusun Kecamatan Mayamuk. Tokoh yang berhasil mempelopori berdirinya pondok pesantren Hidayatullah yaitu Abdul Majid Aziz.

Sedangkan jumlah santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes ini ada sekitar 105 orang yang terdiri dari 50 santri laki-laki dan 55 santri perempuan.

3. Minhajuth Tholibin 

Pondok Pesantren Minhajuth Tholibin berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Minhajuth Tholibin beralamat di Jl.Wortel Rt 04 Rw 10 Aimas Malawele 98457.

Selain itu, ponpes yang satu ini termasuk pondok pesantren yang berada di sekitar kecamatan Aimas dan sudah mempunyai 174 santri yang terdiri dari 95 santri laki-laki dan 79 santri perempuan. Sedangkan tokoh yang berhasil mendirikan pesantren Minhajuth Tholibin bernama Achmad Sutedjo. 

4. Roudlotul Khuffadz

Pondok Pesantren Roudlotul Khuffadz berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Roudlotul Khuffadz beralamat di Jl. Wortel Lorong Kakatua.

5. Salafiyah Darul Abror

Pondok Pesantren Salafiyah Darul Abror didirikan sejak 9 tahun yang lalu atau lebih tepatnya yaitu pada tahun 2012. Alamat Pondok Pesantren Salafiyah Darul Abror ini berada di Jl. Imam Bonjol Rt. 01 Rw. 02 Majener.

6. Nurul Yaqin Sorong

Pondok Pesantren Nurul Yaqin Sorong berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Nurul Yaqin Sorong beralamat di Jl. Katapop Raya Km. 33. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini ada sekitar 90 orang yang terdiri dari 47 santri laki-laki dan 43 santri perempuan. 

7. Salafiyah Syafi`iyah

Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah berdiri pada tahun 2008. Pondok Pesantren Salafiyah Syafi`iyah beralamat di Jl.IR salim mas'oed RT 003/ RW 002, Kel . Makbusung, Kec. Mayamuk, Kab.Sorong, Prov. Papua Barat.

Nah, demikianlah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayak Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Semoga saja bisa berguna untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

1 komentar untuk "7+ Pesantren Terbaik di Kota Sorong, Prov. Papua Barat"

Nasar-azis 13 Januari 2024 pukul 06.03 Hapus Komentar
Kami memerlukan alamat lengkap dan masing2 no WA nya untuk kirim sumbangan mushaf quran wakaf ...