40+ Sekolah Pesantren di Indonesia [Terbesar & Terbaik] Lengkap

Zaman yang telah modern ini memang banyak sekali pondok pesantren yang mudah kita temui di Indonesia. Pondok pesantren dijadikan sarana pembelajaran yang telah memadukan antara pembelajaran umum dan juga pembelajaran Agama Islam.

Pondok Pesantrean Modern


Maka dari itu kebanyakan orang yang telah lulus dari pondok pesantren tersebut akan memiliki sifat yang baik, berahlaq yang baik, dan juga akan memiliki sifat yang mandiri dan bertanggung jawab atas kewajiban kepada Tuhan YME.

Sekolah Pondok Pesantrean di Indonesia


Adapaun 10 Sekolah pesantren terbesar yang ada di Indonesia, antara lain adalah sebagai berikut;

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pondok Pesantren Al Mukmin (Sukoharjo, Jawa Tengah)

Pondok Pesantren Al Mukmin adalah salah satu pondok pesantren yang terletak di Desa Cemani, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Pondok Pesantren Al Mukmin ini didirikan oleh enam serangkai yang bernama adalah Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Rosywadi, Abdullah Baradja, Abdullah Qohar H Daeng Matase, dan Hasan Basri.

Yang telah didirikan pada tahun 1974. Pondok Pesantren Al Mukmin ini juga memiliki siaran radio yang di gunakan untuk berdakwah yang terletak di Ngruki, Solo, di Selatan Terminal Tipes, Surakarta.

Pondok Pesantren Al Mukmin ini selain mempeljari tentang ilmu agama juga mempelajari tentang pendidikan formal, seperti jenjang pendidikan SMP, SMA, SD, sampai perguruan tinggi ada di pondok pesantren ini.

Maka dari itu tidak heran jika Pondok Pesantren Al Mukmin adalah salah satu pondok yang paling memiliki perkembangan yang sangat pesat.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Al Ihya Ulumuddin (Cilacap, Jawa Tengah)

Pesantren Al Ihya Ulumuddin adalah salah satu pondok pesantren yang telah didirikan oleh KH Badawi Hanafi, yang telah didirikan pada tanggal 24 November 1925. Pesantren Al Ihya Ulumuddin juga setiap tahun merayakan miladnya tersebut. Pesantren Al Ihya Ulumuddin ini juga terletak di Desa Kesugihan, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap jawa tengah.

Pesantren Al Ihya Ulumuddin ini sering disebut juga dengan pondok pesantren kesugihan. Dahulunya Pesantren Al Ihya Ulumuddin inidipinpin oleh KH Badawi Hanafi namun sekarang telah dipindah alihkan kepada putranya yaitu KH Chasbulloh Badawi dan KH. Ahmad Mustholih. Santri Pesantren Al Ihya Ulumuddin ini ada yang berasal dari berbagai daerah, sehingga pondok pesantren ini memang cukup terkenal di Indonesia.

Jenjang pendidikan formal di Pesantren Al Ihya Ulumuddin ini juga ada. Sehingga selain memperoleh pendidikan agama islam juga akan memperoleh pendidikan formal yang lainnya.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Daar El-Qolam (Tangerang Banten)

Pesantren Daar El-Qolam adalah pondok pesantren yang terletak di Desa Gintung, Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tanggerang Banten. Pesantren Daar El-Qolam ini didirrikan pada tanggal 20 Januari 1968 yang didirkan oleh H Qasad Mansyur dan juga KH Drs Ahmad Rifai Arief. Kemudian pada saat yang mendirikan pondok pesantren tersebut meninggal dunia yaitu KH Drs Ahmad Rifai Arief pada tanggal 15 Juni 1997.

Maka Pesantren Daar El- Qolam ini berpindah alih dipimpin oleh KH Adrian Mafatihullah Karim, Hj Enah Huwaenah Dan juga KHDrs Ahmad Syahiduddin. Pesantren Daar El-Qolam adalah salah satu pondok yang paling populer di Indonesia santri yang ada di Pondok ini juga berasal dari berbagai daerah.

Pesantren Daar El-Qolam ini adalah salah satu pondok yang memiliki pendidikan formal di dalamnya sehingga santri akan memperoleh pendidikan agama dan juga pendidikan formal.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren La Tansa (Lebak Banten)

Pesantren La Tansa adalah salah satu pesantren yang merupakan bagian dari pesantren El- Qolam yang pada saat itu dipimpin oleh KH Drs Ahmad Rifai Arief. Pesantren La Tansa ini didirkan pada tanggal 9 Januari 1991 yang digunakan untuk mengembangkan daya tampung yang ada di pondok pesantren El – Qolam Tersebut. Pesantren La Tansa adalah pondok pesantren modern yang mnyediakan pendidikan formal.

Namun Setelah KH Drs Ahmad Rifai Arief meninggal yaitu pendiri dari Pesantren La Tansa pimpnannya berpindah alih menjadi KH. Sholeh Sag MM dan KH Adrian Mafatihullah Karim, MM. Pesantren La Tansa adalah salah satu pondok yang terletak di Parakansantri, Cipanas, Lebak, Banten.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Al Anwar (Rembang, Jawa Tengah)

Pesantren Al Anwar adalah pondok pesantren yang awalanya dirintis oleh KH. Ahmad Syuaib dan Zubair Dahlan dan mulai didirikan pada tahun 1967. Tujuan dari dibangunnya Pesantren Al Anwar ini adalah untuk melanjutkan kegiatan pengajian. namun seiring berkembangnya zaman pondok pesantren ini semakin berkembang dan santri pun semakin banyak hingga akhirnya terdapat pendidikan umum di Pesantren Al Anwar ini.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Tebuireng (Jombang Jawa Timur)

Pesantren Tebuireng adalah pondok pesantren terbesar yang ada di Jombang Jawa Timur. Pesantren Tebuireng ini sudah berdiri sejak tahun 1899, yang telah didirikan oleh ulama yang kharismatik yaitu KH. Hasyim Asyari yang merupak pendiri dari NU.

Pesantren Tebuireng ini juga terdapat pendidikan umum selain ilmu syariat dan pendidikan agam yang lainnya.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Lirboyo (Kediri, Jawa Timur)

Pesantren Lirboyo adalah pondok pesantren yang berasal dari Desa Banjarmelati, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Pesantren Lirboyo adalah salah satu pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1910. Pesantren Lirboyo ini adalah pondok yang berkembang menjadi pusat studi islam hingga puluhan tahun sampai masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Pesantren Lirboyo ini adalah pondok pesantren yang telah berhasil memadukan antara tradisi dan juga modern sampai menghasilkan santri lulusan yang sahleh dalam bidang agama, budaya, dan juga sosial kemasyarakatan.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Langitan (Tuban, Jawa Timur) Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Langitan. Pesantren Langitan adalah pondok pesantren yang berda di Tuban, Jawa Timur.

Pesantren Langitan ini telah dibangun di tanah seluas hampir tujuh hektar yang dibangun di dusun Mandungan, Widang, Tuban, Jawa Timur. Pesantren Langitan ini sudah ada sejak tahun 1852 sejak Indonesia masih di jajah oleh belanda. Pada awalnya Pesantren Langitan ini hanyalah sebuah surau kecil yang di gunakan untuk mengajarkan agama islam kepada keluarga dan juga tetangga.

Namun seiring berkembangnya zaman dan dukungan dari masyarakat sekitar Pesantren Langitan ini dibangun dan menjadi luas sampai saat ini. Pesantren Langitan ini juga menyediakan pendidikan formal untuk santrinya. Ekstarkulikuler yang ada di Pesantren Langitan ini juga cukup bervariasi sehingga memudahkan santri mengembangkan skill yang dimilikinya tersebut.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Sidogiri (Pasuruan Jawa Timur)

Pesantren Sidogiri didirkan oleh seorag ulama yang memiliki kharismatik yang sangat bagus sehingga sangat di segani oleh banyak orang, ia adalah Sayyid Sulaiman yang berasal dari Cirebon. Pesantren Sidogiri ini terletak di Pasuruan Jawa Timur.

Pondok pesantren ini mulai dibangun pada tahun 1745. Pesantren Sidogiri adalah salah satu pondok pesantren tertua yang ada di Jawa Timur ini namun eksistensi yang dimiliki oleh Pesantren Sidogiri masih tetap berkembang sampai saat ini.

Hal ini telah terbukti dari santri yang semakin tahun semakin bertamabah banyak dan bangunan yang semakin megah dan indah. Pesantren Sidogiri masih menggunakan sisitem pembelajaran salafiah murni namun juga ada pendidikan formal untuk santri.

Sekolah Pesantren Terbesar di Indonesia adalah Pesantren Modern Gontor (Ponorogo, Jawa Timur)

Pesantren Modern Gontor yang ada Ponorogo, Jawa Timur adalah salah satu pondok pesantren yang sudah memiliki cabang di berbagai daerah. Pesantren Modern Gontor adalah pondok pesantren yang didirikan oleh tiga orang bersaudara yang sering disebut juga dengan Trimurti.

Tiga bersaudara ini adalah putra dari KH. Santoso Anom Basari yang masing–masingnya bernama KH Ahmad Sahal, Kh Zainudin Fananie, dan KH Imam Imam Zarkasy. Pesantren Modern Gontor ini didirikan pada tanggal 10 April 1926.

Pesantren Modern Gontor ini juga merupakan pesantren pelopor pondok pesantren yang ada saat ini. Pesantren Modern Gontor ini juga memiliki ciri khas yaitu selalu memiliki sifat disiplin yang tinggi, dan penerapan bahasa arab dan inggris dalam kehidupan sehari–hari.

Demikianlah tulisan mengenai daftar nama Sekolah Pondok Pesantren di Indonesia. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan dan referensi kepada segenap pembaca sekalian, khususnya yang sedang mencari nama pesantren yang ada sekolah formalnya. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "40+ Sekolah Pesantren di Indonesia [Terbesar & Terbaik] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel