10+ Novel Karya Santri Pesantren Yang Paling Populer

Novel adalah sebuah karangan prosa yang mengandung cerita dalam kehidupan sehari-hari seseorang dengan orang yang berada di sekelilingnya tersebut dengan memperlihatkan watak dan sifat setiap pelaku. Seseorang yang menulis novel disebut juga dengan Novelis. Maka dari itu seseorang yang suka bercerita dan berkarya dengan mengarang bebas biasanya akan cenderung lebih memilih untuk membuat Novel.

Novel Karya Santri


Apalagi seorang santri biasanya akan lebih memiliki waktu dan banyak inspirasi dalam pembuatan Novel. Berikut ini adalah Novel karya santri yang paling populer di Indonesia adalah sebagai berikut:

Judul 3 Doa 3 Cinta

Novel dengan Judul 3 Doa 3 Cinta pernah di jadikan sebuah film pada tahun 2008. yang telah di perankan oleh Nicholas Saputra dengan Dian Sastrowardoyo. Film ini adalah film yang telah di garap oleh Nurman Hakim yang menceritakan tentang huda yang baru lulus dari pondok pesantren yang ada di Jawa Tengah.

Kemudian Huda ini mencari ibunya Di Jakarta, Pada saat Huda mencari ibunya ini ia di pertumakan dengan seorang gadis penyayi dangdut yaitu Dona. Kemudian karena sering bertemu maka timbulah rasa suka dianatara mereka.

Karena novel ini sangat bagus maka novel ini populer pada masanya dan sampai pernah mendapatkan nominasi novel terbaik pada tahun 2008. Selain itu Novel ini juga semakin menjadi populer karena banyak yang memproduksi dan beredar di mana saja.

Judul Perempuan Berkalung Sorban

Novel dengan Judul Perempuan Berkalung Sorban ini juga sudah di filmkan menjadi sebuah Sorban ini bercerita tentang perjalanan hidup anisa yang memiliki karakter cerdas, berani dan film religi yang sangat populer dan juga laris di kunjungi oleh masyarakat di biokop-bioskop pada masanya.

Novel dengan Judul Perempuan Berkalung juga memiliki pendirian yang sangat kuat. Anisa adalah seorang gadis yang hidup di pesantren. Krena kehidupannya yang sangat konservatif maka buku-buku yang dibuatnya ini di anggap telah menyimpang.

Novel dengan Judul Perempuan Berkalung Sorban juga menceritakan bahwa seorang perempuan harus tunduk terhadap laki-laki, seorang perempuan juga tidak perlu belajar terlalu jauh karen hal ini lah yang akan menimbulkan fitnah.

Novel dengan Judul Perempuan Berkalung Sorban di angkat dari sebuah Novel karangan Abidah El Khalieqy yang selalu berusaha memotret tradisi Konservatif yang selalu di lakukan untuk seorang perempuan.

Judul Negeri 5 Menara

Novel dengan Judul Negeri 5 Menara adalah salah satu novel yang berhasil di rilis pada tanggal 1 Maret 2012. Pada saat itu novel ini cukup populer dengan tema pesantren yang di ajukannya tersebut. Hal ini di karenakan karena novel ini adalah nover karya Ahmad Fuadi.

Novel dengan Judul Negeri 5 Menara berceritakan tentang aktifitas yang di lakukan ole seorang santri pondok pesantren Modern Drussalam Gontor. Pondok pesantren ini adalah salah satu pesantren dengan peraturan yang sangat ketat.

Ada 5 Sahabat yang memiliki mimpi masing-masing. Semangat yang di dukung di pondok pesantren modern Gontor ini membuat 5 sahabat ini menjadi lebih termotivasi untul meraih mimpinya tersebut.

Judul Kalam-Kalam Langit

Novel dengan Judul Kalam – Kalam Langit yang dibuat oleh seorang santri saat tinggal di pondok pesantren kini telah di jadikan sebuah film, yang diperankan oleh Dimas Seto dan Elyzia Mulachela dan Ibnu Jamil yang di setting di daerah Lombok. Novel dengan Judul Kalam-Kalam Langit ini berceritakan tentang Ja’far yang memiliki suara yang sangat bagus dan memiliki mimpi ingin menjadi juara MTQ.

Namun sejak kecil ayah Ja’far sangat menentang ikut MTQ Karena ayah Ja’afar mengangagap bahwa hal itu termasuk kedalam memperjual belikan kalam kalam illahi hanya karena ingin memdapatkan popularitas dan hadiah semata.

Sampai akhirnya Ja’far hidup didalam lingkungan pesantren dengan berbagai karakter dan tetap dan tetap memperjuangkan mimpinya tersebut sejak kecil itu dan sekaligus memperjuangkan cintanya.

Judul Pesantren Impian

Novel dengan Judul Pesantren Impian adalah salah satu novel yang kemudian di buat menjadi sebuah film yang sangat populer. Novel dengan Judul Pesantren Impian ini menceritakan tentang 10 orang dengan latar belakang berbeda yang telah diundang untuk tinggal di sebuah pondok pesantren.

10 orang ini memiliki cerita masing- masing, mulai dari yang terlibat kasus narkoba, skandal pelacuran, hamil di luar nikah, sampai dengan polisi yang sedang mencari tersangka pembunuhan.

Judul Cahaya Cinta Pesantren

Novel dengan Judul Cahaya Cinta Pesantren ini kemudian di jadikan sebuah film dan mulai rilis pada tahun 2016. Novel dengan Judul Cahaya Cinta Pesantren sangat populer pada tahun itu. Novel dengan Judul Cahaya Cinta Pesantren ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari seorang anak nelayan yang berada di danau Toba yang diberi nama dengan Shila.

Shila ini adalah seorang gadis kecil yang bersekoalh di sekolahan swasta dan mondok di sebuah pondok pesantren yang dekat dekat rumahnya karena shila tidak lulus di sekoalah yang dia impikan selama ini.

Novel dengan Judul Cahaya Cinta Pesantren ini menceritakan tentang kekeluargaan, persahabatan, pendidikan , dan juga cinta yang dimiliki oleh seorang anak muda yang masih mengalami puber. Film ini di perankan oleh artis-artis ternama dan masih muda seperti Yuki Kato, Febby Blink, Febby Palwinta, Silvia Blink, Rizky Febian, Elma Theana, Tabah Penemuan, Zee Zee Shahab, Fachri Muhammad Dan Juga Wirda Mansur.

Judul Bintang-Tere Liye

Novel dengan Judul Bintang-Tere Liye adalah sebuah novel dengan genre fantasi yang mampu mebius pembaca. Tere Liye adalah seorang pengarang novel yang terkenal mampu meluluhkan para penikmat novel. Novel bintang ini adalah seri dari novel dengan judul Bumi, bulan dan juga matahari.

Novel ini bercerita tentang tiga orang sahabat yang bernama raib, seli dan ali yang sedang melakukan petualangan fantasi yang menurut mereka itu sangat mengasyikan. Kutipan dari novel tersebut adalah sebagai berikut:

Tapi itulah masalah besar klan ini. semua orang memutuskan untuk tidak perduli, mengurus masalah masing – masing dan berharap hidup bahagia. semua orang membiarkan kejahatan merajalela membiarkan sekolmpok orang mengenakan topeng seolah baik, pahlwan, padahal sangat buru

Judul Origin, Dan Brown

Novel dengan Judul Origin ini rilis pada tahun 2017. Novel ini menceritakan tentang Edmond Kirsch, yaitu seorang miliuer dan futuris yang telah mengungkapkan sebuah terobosan tentang eksistensi manusia. seperti yang dilakukan dengan novel terdahulunya, yaitu Longdon Masih mengikuti jejak-jenajk tersembunyi dalam karya seni modern dan beragam simbol misterius yang harus mulai terpecahkannya.

Judul Bidadari Bermata Bening

Habiburahman El- Shirazy ini membuat karya dengan mengusung sebuah novel islami yang menceritakan tentang dua insan yang saling memendam cinta namun memiliki konflik yang yang rumit. Kutipan novel tersebut adalah sebagai berikut:

Benamkan dulu keplamu dilautan, jika engkau menunggu dengan sabat niscaya engkau akan mendapatkan mutiaramu

Judul Rentang Kisah

Gita Savitri Devi adalah seorang yang terkenal dengan sebuah vlog yang dibuatnya di Youtube. Namun pada akhirnya Gita Savitri Devi ini meluncurkan sebuah buku perdananya pada tahun 2017 dengan judul Rentang Kisah.

Buku ini menceritakan tentang kehidupan seorang Gita Savitri Devi yang harus hidup dengan mandiri saat kuliah di Jerman. Bukan hanya itu saja buku ini juga menceritakan tentang kisah insfiratis yang dimiliki oleh Gita Savitri Devi.

Nah, itulah tadi pembahasan secara lengkapnya mengenai novel-novel karya santri Pesantren yang paling populer. Semoga tulisan ini memberikan wawasan serta pengetahuan kepada segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Belum ada Komentar untuk "10+ Novel Karya Santri Pesantren Yang Paling Populer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel