7+ Daftar Pondok Pesantren di Kota Jayapura

Santri PonPes Payage, Jayapura// Foto: Ahmad Ansyori
Jayapura merupakan salah satu wilayah perkotaan yang ada di Provinsi Papua. Daerah ini sejatinya memiliki banyak sekalia tempat-tempat yang bisa dijadikan landasan dasar dalam memberikan bimbingan Islam secara menyeluruh untuk anak, sudara, tetantangga, atau bahkan anda sendiri, yaitu Pondok Pesantren. Ponpes menjadi pilihan bagi banyak kalangan khususnya umat Islam yang akan mendalami ilmu agama, oleh karena itulah pada tulisan ini memberikan ulasan tentang daftar pondok pesantren yang ada di Kota Jayapura.

Pesantren di Jayapura


Alamat pondok pesantren yang ada di Jayapura ini hampir ditemukan dalam berbagai Kecamatan, Kelurahan, atau Kampung. Misalnya saja berada di Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Muara Tami, atau di Kecamatan Heram. Berikut adalah list lengkapnya.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Jayapura


Setidaknya perlu diketahui dalam tulisan ini menjelaskan secara menyeluruh terkait dengan lokasi, tahun pendirian, dan juga jumlah santrinya pada saat ini. Sedangkan untuk biaya barangkali ada yang memang gratis atau tergolong murah adapula yang tergolong memiliki biaya yang cukup mahal lantaran kwalitas yang diberikan sebanding dengan dana yang dikeluarkan, antara lain;

Pondok Pesantren Al Hidayah

Pondok Pesantren Al Hidayah berlokasi di Jalan Baru Tembus Melati Nomor 41, tepatnya berada di Kecamatan Abepura, Kota Jayapura, Propinsi Papua. Jumlah santi yang ada di pesantren ini setidaknya ada 682 dengan pembagian santri pria berjumlah 336 orang dan untuk santri perempuan ada sekitar 346 orang. Oleh karena itulah nama pesantren ini kerapkali sangat terkenal di wilayah Jayapura, khususnya Pulau Papua.

Pondok Pesantren Ddi Ad

Selanjutnya dalam tabel nama Ponpes yang ada di Papua ialah Pondok Pesantren Ddi Ad yang lokasinya berada di Jalan Beringin, Kecamatan Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Propinsi Papua. Untuk total yang menajdi santri di Pesantren ini setidaknya ada 275 dengan rincian untuk julah santri pria berjumlah 167 orangm, sedangkan jumlah santri perempuan totalnya ada sekitar 108.

Pondok Pesantren Hidayatullah

Pondok Pesantren yang berada di Kota Jayapura selanjutnya bernama Hidayatullah yang lokasinya terletak di Jl. Hanurata Holtekamp, Kecamatan Muara Tami. Untuk total dalam informasi terkini jumlah santri yang tingal di pesantren ini ada sekitar 84 dengan pembagian untuk santri pria/laki-laki ada sekitar 62 orang sedangkan untuk santri perempuan berjumlah 22 orang.

Pondok Pesantren Darul Ma`arif Numbay

Selanjutnya untuk daftar nama Pondok Pesantren yang ada di Kota Jayapura ini ialah Ponpes Darul Ma`arif Numbay yang lokasi dalam alamatnya sendiri berada di Jalan Baru Kali Acay Tembus Pasar Youtefa Kotaraja, Kecamatan Abepura. Untuk jumlah santrinya yang mikim disini menurut data yang tersedia sekitar 668 dengan pembagian santri pria jumlahnya ada 345 orang dan untuk santri perempuan berjumlah 323 orang.

Pondok Pesantren Al-Muttaqin

Daftar pesantren di Jayapura selanjutnya ialah Pondok Pesantren Al-Muttaqin yang lokasinya berada di Jalan Merah Putih Buper Waena, Kecamatan Heram. Ponpes ini memiliki jumlah santri 167 dengan pembagian untuk 79 orang adalah santri pria sedangkan santri perempuan berjumlah 88 orang.

Pondok Pesantren Yaa Bunayya

Daftar nama pesantren selanjutnya yang ada di Kota Jayapura ialah Pondok Pesantren Yaa Bunayya yang lokasi alamanya berada di Jl.Yoka Pantai, Kecamatan Heram dengan jumlah santri yang dimiliki adalah 72, dengan santri putra ada 57 orang dan santri putrinya ada 15 orang.

Ponpes Al Payage Jayapura

Daftar untuk pondok pesantren yang ada di Kota Jayapura selanjutnya ialah pondok pesantren Payage yang lokasinya berada di Angkasapura, Kecamatan Jayapura Utara. Untuk fasilitas yang diberikan dalam tinggal di Ponpes ini bebas biaya sekolah dari tingkat pendidikan SD, SMP sampai dengan Kuliah guna mendorong kemajuan pendidikan yang ada di Provinsi Papua.

Sedangkan pendidikan informal atau kajian yang dilakukan di Pesantren ini antara lain adalah Madrasah Diniyah dan Tahfidz dan Tahzin Alqur'an.

Secara umum untuk syarat masuk atau tinggal di Pesantren tentusaja memiliki kebijakan berbeda-beda, akan tetapi di syaratkan untuk membawa alamat yang jelas serta diatarkan langsung orangtua/walinya guna mendapatkan keberkahan ilmu yang akan diberikan seorang guru/ust ketika nanti mulai belajar agama Islam secara mendalam.

Nah, itulah tadi informasi yang bisa kami berikan kepada segenap pembaca terkait dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Semoga bisa membantu, oh iya jika ada informasi tambahan silahkan bisa isi di kolom komentar. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "7+ Daftar Pondok Pesantren di Kota Jayapura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel