6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Tulang Bawang

Kabupaten Tulang Bawang adalah wilayah di provinsi Lampung yang beribukota Menggala. Jarak dari Bandar Lampung, cukup jauh yaitu sekitar 120 KM. Sekalipun begitu, wilayah daratannya terluas di Lampung dan sebagian dibangun ponpes. Lembaga belajar ini termaktub di dalam daftar nama pondok pesantren di Provinsi Lampung, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Tulang Bawang.

Pesantren di Tulang Bawang


Ponpes di Kabupaten Tulang Bawang disediakan untuk anak-anak Lampung yang ingin menuntut ilmu. Sehingga dari sana, akan muncul santri-santriwati yang mumpuni dalam bidang ilmu keagamaan. Selain itu, pendidikan umum yang diberikan, untuk mencetak anak Lampung yang mandiri dan cekatan.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Tulang Bawang


Pondok pesantren yang berdiri di Kabupaten Tulang Bawang ada yang salaf, juga ada yang modern. Sehingga, pendidikan yang diampu, tidak hanya ilmu agama, melainkan juga ilmu umum.
Fasilitas yang disediakan lengkap.

Seperti perpustakaan, lapangan olahraga, dan laboratorium komputer. Maka dari itu, mondok di sini, kemampuan santri akan lebih berbobot. Berikut nama pondok dengan fasilitas tersebut:

Ponpes Nurul Ikhlas Tulang Bawang

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tulang Bawang yang pertama adalah Ponpes Nurul Ikhlas. Ini merupakan pesantren Nahdlatul Ulama yang siap membimbing kaum nahdiyin di Lampung agar lebih mengenal agama yang lurus.

Pondok ini, mengajarkan pendidikan bakat dan seni. Maka dari itu, di sela-sela pembelajaran, masih ada santri yang membaca kasidah, menabuh hadrah dan masih banyak yang lainnya. Pihak pondok pun kadang mengikutsertakan santri berbakat pada even-even tertentu.

Pondok Nurul Ikhlas dibangun dengan kokoh di Sumber Makmur, Banjar Margo, Kabupaten Tulangbawang, Lampung.

Pesantren Darurrohman

Pesantren Darurrohman adalah solusi pendidikan Islam di Kabupaten Tulang Bawang Lampung. Karena tidak dimungkiri, sekolah formal negeri maupun swasta lebih mendominasi di kabupaten ini.
Karena itu, kurikulum yang diusung sangat ideal.

Terutama untuk menciptakan calon ulama handal yang bisa menyeimbangkan status masyarakat kebanyakan di Kabupaten Tulang Bawang.

Pondok pesantren ini berdiri megah di Jl. Raya Mulya kencana Tiyuh Mulya Kencana Tulang Bawang.

Ponpes Miftahul Huda Tulang Bawang

Ponpes Miftahul Huda Tulang Bawang adalah pondok pesantren populer di Kabupaten Tulang Bawang. Ini disebabkan oleh jumlah santrinya yang cukup banyak. Bahkan ada yang dari luar kabupaten.

Program yang disediakan pondok salaf ini juga banyak. Di antaranya tahfidz, kajian kitab kuning, ulumul Quran, Kajian Hadist dan masih banyak yang lainnya. Maka dari itu, jika ingin memperdalam ilmu agama di sini tempatnya.

Pondok pesantren Miftahul Huda beralamat di Jalan Dwi Warga Tunggal Jaya, Banjar Agung, Kabupaten Tulangbawang, Lampung.

Ponpes Mathla’ul Ulum

Pondok pesantren Mathla’ul Ulum merupakan pondok salaf. Bahkan bangunannya pun didesain secara tradisional. Ini yang membuat belajar di pondok lebih tenang dan nyaman.

Sistem belajar yang disediakan tidak mukim. Santri dan santriwati tidak wajib asrama, tetapi harus hadir ketika ada pembelajaran. Maka dari itu, sistem semacam ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, untuk memasukkan putra-putrinya ke pondok.

Pondok ini bisa diakses di alamat Jalan Pemuda, Belakang Pasar Mulyo Asri RT 07 RW 02, Mulya Asri, Tulang Bawang, Lampung

Ponpes Hidayatus Salafiyyah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tulang Bawang selanjutnya adalah Ponpes Hidayatus Salafiyyah. Sebuah pondok islam yang berafiliasi ke organisasi terbesar Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama.

Visi pondok adalah mencetak kaum nahdiyin Tulang Bawang yang berakhlakul karimah, taat hukum serta mandiri. Maka dari itu, diharapkan dari pondok ini akan lahir insan kader penerus NU yang militan.

Ponpes dibangun di satu lokasi yang beralamat di Murni Jaya, Tumi Jajar, Kab. Tulang Bawang, Lampung

Ponpes Darussalamah

Pondok pesantren Darussalamah merupakan tempat menggembleng calon ulama terbaik di Kabupaten Tulang Bawang. Diharapkan dari sana akan lahir pendakwah islam yang militan serta berakhlak mulia. Maka dari itu, materi keagamaan yang dicanangkan detail dan diampu ustadz berkualitas.

Pondok ini cukup populer dan dibangun di tengah ruang publik. Maka dari itu, banyak sekali santri yang masuk. Tidak hanya dari Lampung tetapi juga ada yang dari luar provinsi.

Pondok ini berada di jalan Kahuripan Jaya, Kec. Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung 34682

Saat ini, jika ingin belajar Islam di Kabupaten Tulang Bawang tidak lagi sulit. Karena ponpesnya banyak. Di antaranya sudah dijelaskan dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tulang Bawang di atas. Semoga bermanfaat, Trimakasih.

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Tulang Bawang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel