7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Barat yang Terkenal


Kabupaten yang dibentuk secara resmi pada tahun 1991 ini adalah satu dari 15 kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Sama seperti sebagian besar daerah di Indonesia, Kab. Lampung Barat juga merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak pondok pesantren.

Apa saja daftar pondok pesantren di kabupaten ini? Yuk simak informasi daftar nama pondok pesantren di Lampung Barat selengkapnya berikut ini.

Pesantren di Lampung Barat


Pengetahuan umum memang sangat penting, namun pengetahuan agama jauh lebih penting sehingga tidak ada salahnya jika menyeimbangkan antara keduanya.

Pesantren di Kabupaten Lampung Barat ada banyak sekali dari pesantren salaf, tahfidz, modern, dan lainnya. Sebagian dari pesantren-pesantren ini tidak hanya menyediakan asrama yang memiliki agenda pembelajaran agama rutin melainkan juga menyediakan sekolah umum.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Barat


Untuk lebih lanjut, ini dia daftar pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lampung Barat, yaitu:

Pondok Pasentren Ruodlotus Sholihin

Pondok pasantren yang diasuh oleh KH Moch Thoha ini terletak di Kecamatan Air Hitam, Gn. Terang, Kab. Lampung Barat, Lampung. Pondok Pasentren Ruodlotus Sholihin adalah salah satu pondok pesantren yang besar dan terkenal di Kabupaten Lampung Barat.

Bahkan, Bupati Lampung Barat pernah datang ke ponpes ini untuk menghadiri houl akbar yang diadakan di Pondok Pasentren Ruodlotus Sholihin.

Pondok Pesantren Miftahul Huda 407

Pondok pesantren berikutnya yang berada di Kabupaten Lampung Barat adalah Pondok Pesantren Miftahul Huda 407. Pondok pesantren yang menggunakan sistem pendidikan berbasis salafi atau mengkaji kitab-kitab klasik ini memiliki beberapa sistem atau tingkatan.

Setiap santriwan dan santriwati yang mengalami kemajuan akan naik ke tingkat atau kelas selanjutnya.

Pondok Pesantren Miftahul Huda 407 memiliki 3 program penting, yaitu menghasilkan generasi Ulam'ul Amilin, Imamal Muttaqin, dan generasi Muttaqin. Pondok pesantren ini terletak di Way Petay, Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat.

Pondok Pesantren Al- Ittihad

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lampung Barat yang ketiga adalah Pondok Pesantren Al- Ittihad. Pondok pesantren ini diasuh oleh KH. M. Harun Arroshid. Pondok Pesantren Al- Ittihad terletak di Tanjung Raya, Way Tenong, Kab. Lampung Barat. Pendiri dari pondok pesantren Al Ittihat adalah K. Markuat, Hi.

Pondok Pesantren Darut Tholibin

Salah satu pondok pesantren di Kabupaten Lampung Barat selanjutnya adalah Pondok Pesantren Darut Tholibin. Ponpes salafiyah ini terletak di Karya Maju Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Prov. Lampung.

Pondok pesantren Darut Tholibin pada hari santri lalu dijadikan sebagai pusat kegiatan hari santri yang dihadiri oleh semua elemen masyarakat di Kab. Lambar.

Selain santri, para birokrat Lampung Barat, kalangan media massa, dan beberapa tokoh masyarakat juga hadir turut memeriahkan hari santri yang diadakan di ponpes ini.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum

Ponpes selanjutnya adalah Miftahul Ulum yang terletak di Suka Karya, Way Tenong, Sukaraja, Kabupaten Lampung Barat. Pondok pesantren ini memiliki banyak sekali santriwan dan santriwati yang berasal dari berbagai penjuru daerah. Pendiri serta pengasuh dari ponpes Miftahul Ulum adalah Kyai Ali Mukhson.

Pondok Pesantren Nurul Iman

Pondok pesantren berikutnya adalah Pondok Pesantren Nurul Iman yang berada di Giham Sukamaju, Sekincau, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat.

Pondok pesantren salaf ini memiliki banyak sekali santriwan dan santriwati yang berasal dari berbagai daerah. Pengasuh dari adalah Pondok Pesantren Nurul Iman K. Mahmudi. Tidak jauh dari pesantren ini juga ada MTs Nurul Iman dan MA Nurul Iman Sekincau.

Pondok Pesantren Al Furqon

Berikutnya, ada Pondok Pesantren Al Furqon yang diasuh oleh Ust. Bunyamin Syah, S.Pd.I. Ponpes ini berada di Gang Pesantren Pekon Puralaksana, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat. Pondok Pesantren Al Furqon memiliki ratusan santri putra dan santri putri yang ingin mendalami ilmu agama.

Untuk yang ingin putra atau putrinya belajar ilmu agama lebih intens, sejumlah daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lampung Barat semoga bisa jadi alternatif terbaik bagi pembaca yang ingin memberikan pondasi pendidikan Agama Islam. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Barat yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel