Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Pesantren Terbaik di Kabupaten Pesisir Barat

 

Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Pesisir Barat

Provinsi Lampung terdiri dari beberapa Kabupaten yang salah satunya yaitu Kabupaten Pesisir Barat. Pada kabupaten ini diketahui bahwa sektor objek pariwisata merupakan bidang yang paling baik untuk mendukung perekonomian daerah tersebut. 

Hal ini dikarenakan setiap tahunnya ada ratusan turis yang mendatangi kabupaten Pesisir Barat untuk berlibur menikmati keindahan pantai di daerah tersebut. Sehingga objek pariwisata menjadi salah satu potensi yang hingga saat ini terus dikembangkan di kabupaten Pesisir Barat. 

Pesantren di Kabupaten Pesisir Barat

Kabupaten Pesisir Barat diketahui juga memiliki 11 kecamatan. Beberapa kecamatan tersebut yaitu seperti kecamatan pesisir selatan, kecamatan krui selatan, kecamatan pesisir utara, dan lain-lain.

Beberapa kecamatan tersebut terdapat bangunan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan islam yang membantu mencetak generasi Islam dengan penanaman moral dan akhlak baik untuk membangun bangsa yang semakin maju dan berkualitas. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Pesisir Barat

Daftar nama pondok pesantren di Lampung, khususnya Kabupaten Pesisir Barat yaitu diuraikan sebagai berikut ini;

1. Darus Sholihin

Pondok Pesantren Darus Sholihin beralamat di Jalan Karya Bakti Pekon Marang. Jumlah santri di ponpes Darus Sholihin yaitu ada 85 santri dengan 7 ustadz pembimbing. 

2. Barokatul Qodiri

Pondok Pesantren Barokatul Qodiri berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Barokatul Qodiri beralamat di Desa padang rindu kecamatan pesisir utara kabupaten pesisir barat. Pesantren diketahui sudah mempunyai jumlah santri sebanyak 59 orang dan 6 ustadz yang mengajar. 

3. Al Irsyad

Pondok Pesantren Al Irsyad berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Al Irsyad beralamat di Jalan Lintas Barat. Jumlah santri yang belajar di ponpes Al Irsyad yaitu ada sekitar 68 santri dengan 7 tenaga pendidik.

4. Miftachunnajaah

Pondok pesantren Miftachunnajaah lokasinya berada di Pekon Marang, kecamatan pesisir selatan kabupaten pesisir barat Marang Pesisir Selatan. Diketahui bahwa pondok pesantren Miftachunnajaah sudah memiliki santri sebanyak 64 santri dan 6 guru yang mengajar.  

5. Nidaul Islam

Pondok Pesantren Nidaul Islam beralamat di Pekon Way Nukak Karya Penggawa. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Nidaul Islam yaitu ada 104 santri dengan 8 orang ustadz yang mengajar. 

6. Al-Falah Krui

Pondok Pesantren Al-Falah Krui didirikan pada tanggal 09 Juli 1997 dan beralamat di desa rawas. Santri di ponpes Al Fala Krui jumlahnya yaitu ada 55 santri dan 9 ustadz pembimbing. Selain itu visi dari pondok pesantren ini yaitu mandiri dan maju untuk mencapai prestasi dalam pembangunan menuju ridho Allah.

Jenis pendidikan di pesantren Al Falah Krui ini ada dua macam yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formalnya meliputi madrasah tsanawiyah, madrasah aliyah, dan sekolah menengah dan kejuruan.

Sedangkan pada pendidikan non formalnya antara lain ialah madrasah diniyah, tahfidzul quran, dan kepesantrenan.

Beberapa fasiltas yang mendukung pelaksanaan kegiatan di pesantren ini yaitu ada masjid, asrama santri, dapur, gedung sekolah, kantor, asrama pengasuh, lapangan, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, koperasi santri, kamarmandi/wc, klinik kesehatan, dan lain-lain. 

7. Miftahurrohmah

Pondok pesantren Miftahurrohmah beralamat di Jl. Raden Anom No. 01 Pekon Seray seray Pesisir Tengah. Pesantren ini diketahui sudah mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 61 orang dan 8 guru yang mendidik. 

8. Nur Islami Al- Mujaddid

Pondok Pesantren Nur Islami Al- Mujaddid berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Nur Islami Al- Mujaddid beralamat di Jl. Lintas Barat, desa sukamaju kecamatan ngaras kabupaten pesisir barat. Jumlah santri di pesantren ini yaitu ada 136 santri dan 9 ustadz yang membimbing.

 Nah, demikinalah saja informasi yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Posting Komentar untuk "8 Pesantren Terbaik di Kabupaten Pesisir Barat"